CARA MENULIS DESKRIPSI PEKERJAAN YANG BAIK DAN INKLUSIF

Setiap kata yang digunakan untuk menulis deskripsi pekerjaan adalah penting, terutama ketika menulis tentang kualifikasi frasa tim perekrutan dapat secara langsung memengaruhi kandidat yang melamar untuk setiap posisi. Mempekerjakan manajer mungkin secara tidak sengaja memasukkan bahasa yang bias terhadap jenis kelamin, ras, atau tingkat pekerja tertentu, dapat mempersulit untuk menarik talenta terbaik dari kelompok orang tersebut dan dapat memperpanjang proses rekrutmen.

Organisasi yang menciptakan deskripsi pekerjaan yang lebih inklusif dapat menghilangkan hambatan pekerjaan bagi pelamar kerja dari berbagai latar belakang. Dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan audiens yang lebih besar, tim perekrutan dapat menghadirkan perspektif baru dan pengalaman unik yang dapat membantu mendukung tujuan pertumbuhan bisnis.

Salah satu cara efektif untuk mempromosikan upaya rekrutmen yang beragam adalah bermitra dengan agen kepegawaian yang berpengalaman dalam mengidentifikasi bias deskripsi pekerjaan dan memperluas jangkauan kandidat ke kumpulan bakat khusus. Agensi dapat memberikan panduan strategis tentang cara menghilangkan persyaratan pekerjaan eksklusif dan memperkuat inklusivitas kandidat. Jika perusahaan Anda mencari bantuan atau ingin memperkuat saluran bakat Anda untuk menjangkau lebih banyak kandidat dengan perspektif unik, Anda bisa menghubungi kami dari tim GroEdu.

Meskipun organisasi mungkin tidak berniat untuk melakukannya, biasanya ada beberapa bentuk bias yang tidak disadari dalam posting pekerjaan yang mencegah satu jenis kelamin di atas yang lain atau kandidat dari latar belakang budaya tertentu untuk melamar. Untuk mengatasi hal ini, tim perekrutan harus:

1. Gunakan Bahasa yang Netral Gender

Bias gender dalam deskripsi pekerjaan melibatkan tanpa sadar termasuk bahasa yang mengasumsikan pelamar adalah laki-laki atau perempuan. Kandidat mungkin secara tidak sadar mengenali perbedaan pilihan kata yang halus ini dan cenderung tidak mengisi aplikasi.

2. Pangkas Kualifikasi Pekerjaan untuk Menghapus Pengalaman Opsional

Hambatan utama lainnya untuk memperluas inklusivitas gender dengan posting pekerjaan adalah kualifikasi yang dirasakan sendiri bagi perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Penelitian menunjukkan bahwa wanita cenderung hanya melamar pekerjaan ketika mereka memenuhi 100% dari persyaratan pekerjaan, dibandingkan dengan 60% untuk pria.

Untuk mengatasi hal ini, manajer perekrutan harus menahan diri untuk tidak memasukkan kualifikasi yang tidak penting dalam deskripsi pekerjaan. Sebaliknya, mereka harus menyatakan pengalaman dan keterampilan yang diperlukan, dan kemudian menentukan prasyarat apa yang menguntungkan untuk dimiliki, tetapi tidak esensial.

3. Hindari Jargon Perusahaan

Saat berbicara dengan para profesional dalam industri yang sama, biasanya menggunakan akronim dan singkatan untuk merujuk pada proses, platform, dan item terkait pekerjaan lainnya. Untuk kandidat tingkat pemula dan mereka yang baru di lapangan, istilah jargon dapat menjadi penghalang yang signifikan jika mereka tidak terbiasa dan merasa mereka mungkin di bawah kualifikasi karena kesenjangan pengetahuan ini. Pastikan untuk mengeja akronim apa pun dan ganti bahasa korporat dengan bahasa yang lebih umum untuk menghindari membingungkan dan mengecualikan profesional yang baru mengenal industri ini.

4. Hapus Bahasa Diskriminatif

Mempekerjakan tim yang ingin menulis deskripsi pekerjaan yang lebih inklusif harus memperhatikan bagaimana bahasa tersebut disampaikan kepada anggota kelompok etnis yang berbeda. Mirip dengan bias gender, bias ras atau budaya yang mendasari dapat menyebabkan kandidat merasa tidak diinginkan.

Saat membuat posting pekerjaan baru, ingatlah strategi berikut untuk menghilangkan bahasa diskriminatif:

  • Hindari mengatakan pelamar harus penutur asli bahasa Inggris—sebagai gantinya, tentukan bahwa kandidat harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat.
  • Jangan batasi persyaratan akademik hanya untuk gelar dari sekolah terakreditasi tinggi.

Mencari bantuan dalam menulis deskripsi pekerjaan yang selaras dengan tujuan rekrutmen keragaman Anda? GroEdu Consultant siap membantu Anda. Kami bekerja sebagai mitra konsultatif untuk perusahaan—meninjau metrik kandidat dan menganalisis bias yang tidak disadari untuk mengidentifikasi di mana praktik perekrutan dapat disesuaikan untuk mempromosikan inklusivitas. Hubungi tim kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s