BAGAIMANA CARA MEMBUAT STRATEGI PENETRASI PASAR

Jika Anda ingin memulai atau mengembangkan bisnis Anda, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang cara masuk dan tumbuh dalam pasar pilihan Anda. Ini mengharuskan Anda untuk mengambil apa yang telah Anda pelajari selama analisis pasar Anda untuk mengembangkan strategi penetrasi pasar untuk bisnis Anda. Jadi, apa sebenarnya strategi penetrasi pasar itu dan bagaimana cara mengembangkannya?

DEFINISI PENETRASI PASAR
Penetrasi pasar adalah jumlah di mana bisnis Anda mampu menjual produk atau layanan kepada pelanggan dibandingkan dengan perkiraan total pasar yang tersedia. Ini adalah pengukuran yang dapat membantu Anda menentukan pasar tersedia yang dapat diservis, yang merupakan bagian yang Anda perkirakan dapat diperoleh. Selain itu, ini dapat berfungsi sebagai dasar mengembangkan strategi untuk meningkatkan pasar yang dapat diperoleh layanan Anda, atau subkumpulan pelanggan yang dapat Anda peroleh secara realistis.
Strategi penetrasi pasar adalah strategi pasar produk di mana organisasi berusaha untuk mendapatkan dominasi yang lebih besar di pasar yang sudah memiliki penawaran. Bagian dari strategi ini sering berfokus pada menangkap bagian yang lebih besar dari pasar yang ada melalui proses yang dikenal sebagai pengembangan pasar.
Pengembangan pasar melibatkan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti yang ingin Anda ambil untuk memperluas pasar yang dapat Anda capai. Namun, alih-alih bekerja dengan pelanggan di pasar Anda saat ini, Anda malah fokus untuk mendapatkan bagian pasar yang kurang terlayani, tidak membeli, atau baru.
Saat ini, pengembangan pasar tidak selalu memungkinkan, artinya Anda harus tetap fokus mengembangkan bisnis dengan memperoleh pelanggan yang sudah dilayani di pasar tertentu.
Biasanya, pengembangan dan diversifikasi produk adalah pilihan yang lebih mahal dan berisiko, sedangkan pengembangan pasar dan penetrasi pasar dianggap sebagai strategi risiko yang lebih ringan. Kemungkinan besar, Anda akan memanfaatkan berbagai strategi pertumbuhan dalam strategi penetrasi pasar Anda yang lebih luas. Namun, jalur yang Anda ambil sekali lagi bergantung pada penetrasi pasar Anda saat ini, posisi pesaing, serta ekspektasi pasar.
Untuk memastikan Anda siap mengevaluasi dan menjalankan strategi yang berbeda, mulailah dengan Analisis Pasar dan mengetahui tingkat penetrasi Anda. Kemudian mulailah menjelajahi berbagai strategi penetrasi pasar yang tersedia untuk Anda.

CONTOH STRATEGI PENETRASI PASAR
Saat Anda melakukan analisis pasar dan mulai memetakan langkah-langkah spesifik, berikut adalah beberapa contoh strategi penetrasi pasar yang dapat Anda coba terapkan.

Penyesuaian harga
Jika Anda kesulitan untuk memindahkan produk atau layanan, mungkin bijaksana untuk menurunkan atau menaikkan harga Anda. Ini dapat membedakan bisnis Anda dari pesaing dengan menampilkan diri Anda sebagai alternatif berbiaya rendah atau opsi premium. Anda juga dapat menjelajahi untuk memperluas pilihan harga, menciptakan tingkat yang berbeda untuk kebutuhan pelanggan tertentu yang mengunci fitur unik atau dukungan di balik tingkatan yang lebih tinggi.
Ingatlah bahwa setiap penyesuaian harga mungkin juga memerlukan tingkat pengembangan produk tertentu, terutama jika Anda mengejar rute premium.

Luncurkan produk atau layanan baru
Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan produk atau layanan baru, pastikan Anda membutuhkannya. Perlakukan peluncuran baru ini seperti Anda memulai kembali bisnis Anda. Wawancara pelanggan, melakukan riset pasar, perkirakan penjualan dan pengeluaran, dan pastikan bahwa produk baru layak untuk bisnis Anda.
Seperti yang dikatakan sebelumnya, ini mungkin berasal dari strategi penyesuaian harga Anda. Jika produk atau layanan ini serupa dengan penawaran Anda saat ini, pastikan Anda memisahkannya dengan harga dan pesan. Jika ini adalah produk gratis, coba temukan cara untuk melakukan lintas promosi, dan tingkatkan nilai umur pelanggan saat ini.

Sesuaikan produk Anda saat ini
Pilihan lainnya adalah dengan mengubah atau memperbarui produk atau layanan Anda saat ini. Mulailah dengan mendefinisikan secara spesifik ceruk dalam pasar sasaran Anda untuk membantu menentukan perubahan apa yang diperlukan. Ini bisa berupa fitur baru, komponen yang lebih murah, atau varian unik, antara lain.
Kuncinya di sini adalah fokus pada peningkatan skala ekonomi dengan memanfaatkan komponen inti dari sesuatu yang sudah Anda jual.

Bermitra dengan atau mengakuisisi bisnis lain
Terkadang pasar terlalu kompetitif untuk membuat daya tarik nyata. Mungkin satu bisnis begitu besar dan mapan, sehingga pesaing kecil atau yang baru muncul tidak dapat memperkuat pijakan mereka karena sumber daya saat ini dan kumpulan pelanggan yang lebih kecil yang tersedia bagi mereka. Dalam kasus ini, mungkin bijaksana untuk bermitra atau mengakuisisi pesaing untuk menyatukan basis pelanggan dan sumber daya Anda.
Ini juga merupakan strategi yang efektif saat memasuki pasar baru. Alih-alih bekerja dari bawah ke atas, merek Anda akan segera dikaitkan dengan bisnis yang sudah mapan.

Sesuaikan kampanye pemasaran Anda
Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak perlu melakukan perubahan drastis pada strategi Anda. Sebaliknya, Anda selalu dapat fokus untuk mengoptimalkan pengeluaran pemasaran Anda saat ini. Ini mungkin sesederhana menyesuaikan pesan Anda dalam iklan atau menawarkan insentif yang berbeda. Atau sesuatu yang besar seperti meluncurkan kembali kampanye pemasaran atau membuat program loyalitas.
Bagaimanapun, ini mengharuskan Anda untuk melihat lebih dekat tentang audiens target Anda dan bagaimana pesaing Anda memposisikan diri mereka sendiri. Apakah ada masalah yang tidak ditangani oleh siapa pun? Apakah salinan dan citra Anda tidak mempresentasikan misi atau proposisi nilai Anda secara efektif? Atau mungkin Anda tidak menghabiskan cukup uang untuk saluran pemasaran yang tepat.
Bagaimanapun, lihat laba atas investasi Anda saat ini untuk aktivitas pemasaran dan identifikasi area mana pun yang memerlukan pengoptimalan. Dari sana, mulailah menguji dan tata letak strategi yang berbeda, kemungkinan di sekitar beberapa penyesuaian harga atau fitur yang sudah kita bahas. Terus perhatikan kinerja dari waktu ke waktu dan bersiaplah untuk melakukan penyesuaian bertahap jika ada yang tidak berfungsi.
Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas dan membutuhkan pembimbingan dalam meningkatkan pemasaran produk, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s