MENINGKATKAN LAYANAN PELANGGAN DENGAN MEMANFAATKAN WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEMS

Meskipun ini mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran, Warehouse Management Systems (WMS) memainkan peran penting dalam hal layanan pelanggan. Memiliki pengalaman pelanggan yang hebat itu penting, dan itu salah satu hal yang dapat membantu membedakan perusahaan Anda dari semua pesaing Anda. Ketika Anda mengoptimalkan gudang Anda, ini dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan, dan itu menjadi lebih mudah bagi Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Bagaimana caranya? Dalam artikel ini akan kami tunjukkan pada Anda.

  1. Barang yang Tepat dalam Persediaan
    Saat Anda melacak inventaris Anda, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang inventaris Anda. Anda akan tahu barang mana yang dijual dan barang mana yang hanya ada di rak. Menjadi lebih mudah bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki banyak barang yang tepat dan Anda menyingkirkan barang yang tidak laku. Pelanggan akan senang bahwa Anda memiliki apa yang mereka butuhkan tersedia.
    Anda akan menemukan bahwa ini juga dapat membantu Anda jika Anda memiliki barang musiman. Anda dapat mengontrol inventaris yang Anda miliki untuk waktu yang berbeda dalam setahun. Ketika pelanggan menginginkan barang musiman, mereka akan segera beralih ke pesaing Anda jika Anda tidak memiliki apa yang mereka butuhkan.
    Sejalan dengan itu, Anda tidak perlu khawatir tentang pelanggan Anda yang memesan barang yang tidak Anda miliki. Opsi WMS terbaik saat ini dapat memastikan bahwa stok diperbarui secara waktu nyata, sehingga Anda akan selalu tahu apa yang tersedia. Pelanggan Anda tidak akan mencoba memesan barang yang tidak ada di rak gudang Anda dan siap dikirim.
    Beberapa hal yang membuat frustrasi pelanggan adalah memuat gerobak virtual mereka, membeli barang, dan kemudian diberi tahu bahwa itu dipesan kembali dan mereka harus menunggu berminggu-minggu atau lebih lama untuk mendapatkannya. WMS yang baik akan membantu memastikan bahwa hal ini tidak terjadi, sehingga pelanggan Anda tidak perlu menghadapi rasa frustrasi ini, dan Anda tidak perlu berurusan dengan peningkatan panggilan layanan pelanggan.
  2. Pemenuhan Order Lebih Cepat
    Sistem manajemen gudang juga memudahkan Anda dalam menata ruang gudang dan mengetahui persis di mana semua barang berada. Meskipun ini mungkin tidak tampak penting bagi pelanggan pada awalnya, pikirkan tentang kecepatan pemenuhan pesanan. Ketika karyawan Anda tahu persis ke mana mereka harus pergi untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan, itu berarti pesanan dapat dikemas dan siap dikirim dalam waktu yang jauh lebih singkat.
    Siapa pun yang pernah berurusan dengan gudang yang tidak teratur dan tidak rapi tahu bahwa tanpa organisasi, seringkali sulit untuk menemukan barang. Mungkin perlu waktu berjam-jam atau lebih lama untuk mencoba menemukan produk yang muncul di inventaris.
  3. Akurasi
    Tentu saja, pelanggan tidak hanya ingin produk mereka tiba dengan cepat; mereka juga ingin memastikan bahwa mereka memiliki produk yang tepat. Ketika pelanggan menerima jumlah barang yang salah atau barang yang salah, mereka tidak akan senang. Mereka akan kehilangan kepercayaan pada perusahaan Anda, dan ini dapat mengirim mereka ke pesaing Anda.
    Sistem manajemen gudang membantu memastikan akurasi yang lebih baik dalam hal pengambilan dan pengepakan barang. Penggunaan pemindai kode batang dan alat serupa membantu karyawan untuk memastikan mereka memilih barang yang tepat dari rak. Semua ini terkait dengan manfaat memiliki ruang yang terorganisir dengan semua produk yang tepat tersedia.
  4. Sistem Pengembalian yang Lebih Baik
    Terkadang, pelanggan perlu mengembalikan barang yang mereka beli dari Anda. Mereka mungkin tidak sengaja memesan barang yang salah. Mungkin barang yang salah dikirim kepada mereka. Meskipun WMS yang hebat dapat membantu mengurangi masalah ini, kesalahan manusia masih dapat terjadi. Dalam kasus ini, pelanggan sering kali menginginkan barang yang benar dikirimkan kepada mereka, atau mereka menginginkan pengembalian.
    WMS yang berkualitas dapat memeriksa untuk melihat apakah produk yang dibutuhkan tersedia dan dapat membuat pemrosesan pengembalian lebih mudah bagi karyawan dan pelanggan Anda.

Anda harus memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa yang dapat dilakukan WMS yang baik untuk layanan pelanggan Anda pada saat ini. Jika Anda tidak memiliki sistem manajemen gudang, atau jika milik Anda mengecewakan Anda, inilah saatnya menemukan sistem yang bekerja dengan baik untuk kebutuhan Anda. Luangkan waktu untuk menjelajahi fitur dan opsi yang Anda perlukan dan temukan sistem manajemen gudang yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Ini akan membuat perbedaan yang lebih besar dalam layanan pelanggan Anda daripada yang Anda bayangkan.
Jika Anda siap untuk mempelajari lebih lanjut tentang penerapan sistem manajemen gudang, hubungi kami di email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s