CARA MENGATASI TINGKAT STRESS PADA KARYAWAN ANDA

@groedu_consultant

Ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi dalam menjalankan kantor yang efisien. Alat dan teknologi yang tepat, pelatihan yang memadai, dinamika tim yang tepat, dll. Mungkin tidak ada yang lebih penting daripada memiliki karyawan yang bahagia dan berfungsi penuh. Ketika seorang karyawan tidak merasa 100%, baik fisik, mental, atau emosional, mereka cenderung kurang produktif dan kreatif. Tingkat stres karyawan Anda memiliki hubungan langsung dengan bisnis Anda, karyawan lain, dan pelanggan. Mari pelajari lebih lanjut tentang mengelola tingkat stres karyawan.

Baca juga artikel : kiat kesehatan mental yang tepat untuk karyawan anda selama masa krisis

Mengelola Tingkat Stres Karyawan

Dalam sebuah artikel baru-baru ini dari The American Institute of Stress, menyebutkan bahwa penyebab utama stres adalah beban kerja seorang karyawan dengan porsentase 46%, bermasalah dengan orang lain sebesar 28%, diikuti oleh pekerjaan dan kehidupan pribadi serta keamanan kerja sebesar 6%. Ingatlah bahwa stres yang berlebihan dapat mengganggu produktivitas dan kinerja karyawan Anda dan juga dapat memengaruhi kesehatan fisik dan emosional mereka. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi hubungan di antara rekan kerja dan juga kehidupan rumah tangga. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengusaha untuk mengambil langkah-langkah demi melindungi tingkat stres karyawan mereka. Jika Anda seorang manajer, penyelia, atau seseorang yang memiliki posisi berwenang, penting untuk menyadari cara Anda memengaruhi tingkat stres orang lain. Jika Anda memproyeksikan sikap tenang dan fokus, karyawan cenderung mengikutinya. Di sisi lain, jika Anda memancarkan banyak energi gugup, statis lain dari artikel tadi menyatakan bahwa 80% pekerja merasa stres pada pekerjaan dan hampir setengahnya mengatakan mereka membutuhkan bantuan dalam mempelajari cara mengelola stres. Seorang manajer yang baik perlu menyadari situasi stres yang terjadi di kantor. Mereka perlu memimpin dalam menemukan cara untuk membantu anggota tim mereka mengatasi masalah stres yang akan selalu hadir dalam situasi kerja apa pun.

Penyebab Utama Stres Karyawan

Karyawan dapat mengalami stres dari berbagai penyebab yang berbeda. Salah satu yang paling umum, ditemukan di hampir setiap industri dan bentuk pekerjaan, berurusan dengan harapan yang tidak realistis dari supervisor. Jika kepemimpinan mengharapkan terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan, atau mengharapkan jam tambahan untuk dikerjakan secara teratur, hal-hal seperti itu dapat secara signifikan menambah tingkat stres karyawan secara keseluruhan.

Faktor stres umum lainnya bagi karyawan adalah perubahan dalam pekerjaan atau jalur karier mereka. Beberapa dekade yang lalu, orang pada umumnya dapat menemukan posisi entry level yang menyediakan jalan yang mudah dan jelas untuk mobilitas ke atas. Saat ini, banyak pekerjaan yang tidak menawarkan jenjang karir yang jelas atau terang-terangan tidak menawarkan kesempatan untuk maju. Hal ini menyebabkan sebagian besar tenaga kerja berakhir di beberapa perusahaan dan/atau industri yang berbeda sepanjang karir seumur hidup mereka.

Bentuk stres utama lainnya, tetapi sering diabaikan, di tempat kerja adalah harapan untuk selalu berada pada kinerja puncak 100%. Sebagai manusia, kita memiliki hari libur, atau hari-hari di mana kita merasa tidak produktif dan fokus seperti biasanya. Seringkali tidak ada alasan untuk ini, selain kita adalah manusia. Tetapi sifat dari banyak tempat kerja membuat kami merasa bahwa kami tidak diizinkan untuk memiliki hari libur ini. Seorang supervisor yang baik akan menyadari bahwa hal-hal seperti itu terjadi dan tidak menghukum seorang karyawan untuk satu atau dua hari kehilangan produktivitas kecil.

Bagaimana Manajer Dapat Membantu Karyawan Mengelola Stres

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai manajer adalah tetap berhubungan dengan karyawan Anda. Kenali kepribadian mereka dan cari tanda-tanda ketika tingkat stres mereka mungkin meningkat. Bicaralah dengan mereka secara terbuka dan jujur dan tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat kehidupan kerja mereka lebih mudah. Jika karyawan Anda merasa mereka dapat terbuka dengan Anda, maka diskusi ini dapat mengarah pada peningkatan kebahagiaan dan efektivitas tenaga kerja Anda secara keseluruhan.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat. Dan jika Anda sebagai manajer atau pimpinan bisnis, dan merasa perlu untuk lebih meningkatkan skill Anda atau karyawan Anda, kami siap membantu Anda dengan program favorit kami yaitu manajerial skill dan supervisory skill. Jika berminat, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s