MEMBUAT KEPUTUSAN BISNIS YANG LAMBAT DAN TIDAK TERGESA-GESA AKAN MEMUNCULKAN STRATEGI BISNIS YANG LEBIH BAIK

Kali ini konsultan bisnis akan menulis artikel mengenai keputusan bisnis. Ada keputusan bisnis yang dilakukan tergesa-gesa tapi tidak didukung data, ada juga keputusan bisnis yang cepat tapi dilandasi oleh data dari Sistem informasi manajemen yang digunakan oleh perusahaan. Namun perlukah kita memutuskan begitu lambat apabila sudah ada system informasi manajemen yang sudah digunakan? Dibawah ini konsultan manajemen mencoba mengulasnya membuat kebputusan yang tergesa-gesa atau yang lambat yang mempengarui strategi bisnis perusahaan ke depan.
Seorang pebisnis yang lebih handal dan professional adalah mereka yang dapat dengan cepat untuk memahami bisnisnya beserta dengan lingkungan sekitar bisnisnya, sehingga bisnis tersebut akan mampu untuk bertahan dan berkembang dalam jangka waktu yang lebih panjang. Dan hal-hal seperti ini hanya akan dapat dicapai jika mereka mengelola berbagai aktivitas dari manajemen bisnisnya dengan lebih tepat, seperti pengelolaan keuangan, pemasaran, operasional, proses bisnis serta berbagai macam jenis sumber daya manusianya.

Karena begitu pentingnya proses pengelolaan dari sebuah manajemen bisnis ini, maka para pebisnis juga harus mampu dalam membuat keputusan yang lebih tepat agar mampu untuk memberikan value yang tidak hanya sekedar bermanfaat bagi bisnisnya saja, namun juga bagi para konsumennya. Keputusan tersebut harus dapat diambil setelah mempertimbangkan berbagai macam pilihan yang sudah ada. Harus disadari juga bahwa keputusan yang lebih logis akan semakin mendorong bisnisnya untuk menjadi semakin lebih efektif dan efisien.

Karena itulah unsur ketelitian dan kehati-hatian merupakan salah satu hal yang harus bisa ditempuh bagi seorang pebisnis sebelum akan menentukan atau mengambil keputusan dari strategi bisnis yang nantinya akan diterapkan. Beberapa langkah-langkah yang mungkin masih dapat dilakukan oleh seorang pebisnis sebelum akan mengambil keputusan yang lebih tepat adalah sebagai berikut:

1. Keputusan yang nantinya akan diambil hendaknya juga harus didukung dengan adanya beberapa fakta-fakta yang lebih valid, jelas, lebih lengkap, dan cukup reliable. Jumlah dan kualitas dari data-data yang sudah tersedia tersebut akan sangat berpengaruh besar terhadap pembuatan keputusan yang lebih tepat. Data-data tersebut juga harus lebih jelas sumbernya datang dari mana, dan data-data tersebut masih dapat didapatkan melalui berbagai proses dan salah satunya adalah dari hasil proses wawancara, survei, atau berupa observasi secara langsung. Atau system informasi manajemen yang digunakan.

2. Keputusan yang nantinya akan diambil harus terlebih dahulu melalui berbagai proses identifikasi permasalahan. Karena itu pebisnis juga harus mampu dalam mengidentifikasikan berbagai permasalahan dengan lebih cermat dan tepat. Kemudian dalam mencari alternatif sebagai solusinya, yaitu dengan menganalisis alternatif solusi terbaiknya, memutuskan, mengaplikasikan pilihan, serta untuk melakukan proses evaluasi terhadap penerapan dari keputusan tersebut.

3. Tujuan utama dari keputusan yang akan diambil juga harus lebih mengacu kepada visi dan misi dari bisnis yang akan mampu untuk memberikan kontribusi yang lebih untuk meningkatkan profit. Karena itulah, maka keputusan juga harus memiliki tujuan yang lebih tepat dan juga sudah serba terukur dengan baik.

4. Keputusan yang nantinya akan diambil juga harus dapat mendukung dari tingkat keberlangsungan sebuah bisnis, sehingga bisnis akan dapat terus berkembang pesat.

5. Keputusan yang nantinya akan dibuat sebaiknya juga tidak boleh terlalu melibatkan emosi, karena sebuah keputusan bisnis juga harus lebih memperhatikan outputnya daripada inputnya. Membuat keputusan dalam kondisi marah, emosi atau merasa sedih yang justru akan sangat berdampak kepada pengambilan keputusan yang jauh lebih buruk.

Karena itulah mau tidak mau, atau suka tidak suka, seorang pengusaha akan semakin lebih dituntut untuk memiliki sikap yang lebih waspada dan tingkat kehati-hatian yang lebih tinggi dalam hal membuat keputusan bagi bisnisnya. Mengambil keputusan, terlebih lagi dengan yang sudah menyangkut masa depan dari sebuah bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah.

Untuk menentukan keputusan yang lebih tepat memang dibutuhkan adanya berbagai macam pertimbangan dan tahapan yang juga tetap membutuhkan adanya waktu serta tingkat kehati-hatian yang lebih tinggi. Keputusan yang nantinya akan diambil juga harus didasarkan kepada data-data yang lebih valid yang cukup. Data bisa diambil dari system informasi manajemen. Saat ini banyak software terkait system informasi manajemen, seperti software accounting, software manufacturing atau software distribusi. Dari software akan muncul laporan keuangan, laporan hasil produksi maupun hasil penjualan terkait distribusi barang.

Hindari membuat keputusan bisnis secara tergesa-gesa atau hanya sekedar berdasarkan perasaan saja. Karena keputusan bisnis yang akan diambil nantinya juga akan sangat menentukan kemana arah dari sebuah bisnis yang sedang berjalan untuk saat ini dan dimasa yang akan datang. Nah, itulah sedikit penjelasan tentang membuat sebuah keputusan bisnis yang lebih lambat dan tidak terlalu tergesa-gesa dalam memutuskannya akan menjadikan strategi bisnis Anda semakin lebih baik. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan pembimbingan agar perusahaan bisa mendapatkan data valid dari system informasi bisnis, seperti software accounting yang melaporkan posisi keuangan perusahaan, dan system manajemen perusahaan yang dirapikan mulai dari struktur organisasi, job description, SOP, flow chart SOP, KPI perusahaan dan training-training terkait materi diatas, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s