MENGENAL MANAJEMEN USAHA DAN FUNGSI UTAMA DARI MANAJEMEN USAHA

Manajemen adalah berupa sebuah proses dalam rangka untuk mencapai tujuan suatu organisasi dengan cara bekerjasama bersama orang-orang dan sumber daya yang dimikiki oleh organisasi.
Istilah Manajemen sekarang lebih cenderung kepada istilah bisnis dan dunia karyawan, karenanya seringkali orang-orang menyebutnya sebagai manajemen usaha, meskipun sebenarnya istilah manajemen sendiri memang lebih besifat umum dan seringkali digunakan untuk berbagai macam tujuan.

Manajemen merupakan ilmu serta seni dalam menjalankan segala aktvitas dari suatu organisasi. Aktivitas tersebut biasanya adalah berupa pengorganisasian yang meliputi perencanaan, penyusunan, pengupayaan, dan pengawasan dengan mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki oleh organisasi agar tujuan bisa segera terealisasi.

Fungsi Utama Manajemen Usaha

Fungsi-fungsi utama dari pelaksanaan manajemen usaha terdiri dari:

1. Planning (Fungsi Perencaanaan).

Planning adalah bagaimana cara perusahaan dalam menetapkann tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi dan bagaimana cara dalam mencapai tujuan tersebut.

2. Organizing (Fungsi Pengorganisasian).

Organizing (fungsi pengorganisasian) adalah berupa pengaturan sumber daya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar dapat menjalankan rencana-rencana yang sudah diputuskan sebelumnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan tersebut.

3. Direction (Pengarahan).

Directing atau fungsi pengarahan adalah segala upaya yang dilakukan untuk dapat menciptakan susana kerja yang dinamis, sehat agar kinerja perusahaan dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Controlling (Pengendalian).

Fungsi pengendalian adalah segala upaya yang dilakukan untuk menilai suatu kinerja yang berpedoman kepada standar yang sebelumnya telah dibuat, juga untuk melakukan perbaikan-perbaikan jika memang dibutuhkan.

Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal, maka para manajer harus mampu menguasai seluruh fungsi dari ke empat fungsi manajemen tersebut. Pengelolaan sebelum menjalankan suatu usaha sangatlah penting karena dalam sebuah usaha membutuhkan adanya benteng atau pondasi sebagai dasar utama untuk mencapai tujuan.

Pondasi utama dalam menjalankan usaha bisa juga dilakukan dengan adanya perencanaan yang benar-benar matang terlebih dahulu untuk kedepannya seperti apa dan bagaimana untuk melanjutkan usaha tersebut. Sesuatu apapun apabila memang memiliki perencanaan yang terbaik dan sangat matang akan mendapatkan hasil yang benar-benar optimal, begitu pula dalam melakukan usaha seharusnya memiliki kematangan yang baik. Setelah perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan maka manajemen usaha sudah dapat berjalan dengan efektif dan efisien secara berkesinambungan.

Nah, itulah penjelasan tentang manajemen usaha dan beberapa fungsi utama dalam hal menjalankan manajemen usaha. Semoga artikel di atas dapat memberikan wawasan baru bagi pembaca, apabila membutuhkan informasi terkait artikel atau membutuhkan bimbingan dalam set up manajemen perusahaan, pembuatan SOP, desain system manajemen menggunakan teknologi informasi, silahkan hubungi groedu@gmail.com, atau kontak ke 081-8521172 atau 081-252982900. Kami siap

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s