MENGAPA HRD DIBUTUHKAN DI PERUSAHAAN?

Groedu Inspirasi Bisnis – You tube

Masih ada banyak perusahaan yang sudah waktunya menggunakan HRD tetapi di sana tidak dilakukan, oleh sebab itu kinerja karyawan tidak terpantau dengan baik dan organisasi dalam kondisi kacau.

Kali ini Groedu International Consultant di Surabaya, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Malang, Denpasar dan Banjarmasin akan memaparkan dalam artikel ini betapa pentingnya HRD dalam perusahaan. Silahkan simak.

HRD bergerak dalam menemgbangkan sumber daya manusia disebuah organisasi atau perusahaan. HRD adalah salah satu bagian perusahaan yang paling penting dan paling bekerja erat dengan bagian perusahaan lainya seperti produksi, pemasaran, finansial, dan lain-lain

Mengapa HRD Dibutuhkan?

HRD memainkan peran penting dalam mengembangkan budaya kerja yang sehat di perusahaan. Mengapa dibutuhkannya HRD juga karena beberapa hal berikut.

  • HRD dapat memperbaiki kinerja sumber daya manusia, dan juga membantu membuat lingkungan kerja yang nyaman dan sesuai
  • Dengan bantuan HRD, perusahaan dapat membuat cara efektif untuk memunculkan kemampuan kreatif karyawan mereka
  • HRD dapat mengontrol perkembangan dari karyawan perusahaan yang dimana nantinya mereka dapat memberitahu karyawan tentang kelemahan dan keunggulan mereka

Baca juga artikel : cara HRD mampu membangun organisasi yang sukses masa depan

Apa Kegunaan dari HRD?

HRD dalam perusahaan memiliki banyak pekerjaan, antara lain adalah masalah rekrutmen dan manajemen kinerja. Berikut beberapa fungsi utama dari departemen HRD.

Perencanaan Human Resource

HRD menangani orang seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dan berapa banyaknya. Hal ini dapat membantu dalam perencanaan perekrutan, pembelajaran, dan proses pengembangan.

Pelatihan Karyawan

Salah satu fungsi paling krusial sebuah HRD adalah menyediakan pelatihan untuk karyawan baru maupun karyawan lama tentang perkembangan yang baru. Pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan baru untuk mereka

Lingkaran Kualitas

Tujuan utama dari lingkaran kualitas adalah untuk mengetahui masalah yang sedang terjadi di ruang kerja saat itu dan mencoba mencari solusinya. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan problem-solving para karyawan.

Perencanaan Karir

HRD sangat berperan penting dalam hal ini. Karena tidak hanya seorang karyawan ingin mengembangkan karir yang lebih bagus, perusahaan juga menginginkan karyawan mereka berkarir sesuai apa yang perusahaan inginkan pada saat itu atau dimasa yang akan datang.

Baca juga artikel : 3 masalah utama departemen HR di 2022

Keuntungan Memiliki HRD

HRD memegang peran penting yang mempengaruhi produktifitas tinggi dan hubungan baik antara perusahaan dan karyawannya. Di sisi yang sama, HRD juga memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah berikut.

  1. HRD membuat ruang kerja lebih kompeten sebagaimana dapat membantu mengembangkan skill baru dan secara teratur memperbarui kinerja karyawan dengan teknologi paling baru. Mereka juga menumbuhkan sebuah perilaku yang positif dan profesional kepada karyawan.
  2. HRD membawa sistem penilaian kerja, yang dimana membuat karyawan lebih berkomitmen dalam bidang yang mereka kerjakan. Tiap orang mendapatkan tinjauan kinerja mereka berdasarkan dari hasil yang mereka kerjakan.
  3. Sebagai nilai tambahan, HRD dapat membuat suasana yang penuh kepercayaan dan saling menghormati antar karyawan.
  4. Jika ada konflik didalam ruang kerja, manajer sumber daya manusia dapat menjadi pihak tengah dan mengakhiri konflik jika itu adalah konflik internal perusahaan.

Info lanjutan silahkan klik di SINI : info lanjutan

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi bapak dan ibu pembaca, apabila di perusahaan bapak dan ibu membutuhkan dibentuknya departement HRD, pembuatan SOP dan rekrutment HRD, silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s