TOOLS PENDUKUNG YANG BERPENGARUH BESAR TERHADAP PROSES AUTOPILOT DAN MENGOTOMATISASI SEBAGIAN BESAR AKTIVITAS PROSES BISNIS

Secara garis besar untuk proses bisnis, pengusaha lebih menginginkan adanya proses pengotomatisasi dan autopilot dari sebagaian besar dari proses bisnisnya yang tentu saja akan memberikan banyak sekali keuntungan dan semakin mempercepat upaya proses pengembangan perusahaan. Dengan cara memanfaatkan proses bisnis yang sudah serba ter autopilot (otomatisasi), maka setiap pekerjaan yang pada mulanya adalah lebih bersifat manual akan akan menjadi lebih cepat selesai dengan efektif dan efisien.

Tools-Tools yang Berpengaruh Besar Dalam Upaya untuk Meng Otomatisasi Proses Bisnis

Agar dapat melakukan proses bisnis dengan serba ter autopilot (otomatis), maka tentunya dibutuhkan adanya sebuah tools penunjang utama dari berbagai kegiatan proses bisnis tersebut agar bisa menjadi serba terotomatisasi. Lalu tools-tools seperti apa saja yang sangat dibutuhkan agar mampu menjadikan hampir dari seluruh proses bisnis Anda bisa serba otomatis?

Berikut ini adalah beberapa tools-tools pendukung utama dalam kegiatan meng autopilot atau mengotomatisasikan sebagian besar dari berbagai kegiatan proses bisnis yang selama ini telah Anda jalankan.

1. Accounting Tools.

Anda pastinya sudah sangat paham bahwa segala pekerjaan dari seorang akuntan begitu melelahkan. Apabila Anda memiliki karyawan accounting yang bertugas untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti ini tentunya tidak masalah, karena mereka memang sudah memiliki basic dasar dan juga sudah sangat ahli dalam bidangnya.

Namun akan menjadi lain ceritanya apabila perusahaan Anda hanyalah berupa perusahaan kecil yang masih belum mampu untuk melakukan perekrtuan seorang tenaga ahli seperti seorang akuntan, maka pastinya Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti ini sendirian.

Karena itulah, maka dengan cara menggunakan accounting tools pastinya akan sangat membantu Anda untuk menyelesaikan berbagai permasalahan seperti ini dalam waktu yang lebih singkat, untuk saat ini sudah terdapat beberapa jenis software akuntansi yang bisa Anda manfaatkan , beberapa diantaranya sudah menggunakan teknologi terbaru yang berbasis cloud computing (berbasis server internet) yang memiliki tampilan lebih user friendly, sehingga akan menjadikan Anda semakin lebih mudah untuk penggunaanya. Selain itu juga dari sisi pencatatan keuangan pada perusahaan Anda juga akan semakin lebih efisien dan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan metode pencatatan secara manual.

Anda hanya cukup dengan memasukan data-data yang dibutuhkan dan semua permasalahannya akan segera terselesaikan hanya dalam hitungan menit. Mulai dari system manajemen pelanggan sampai dengan proses invoicing, semuanya akan semakin lebih cepat terselesaikan.

2. Tools Warehousing.

Analisis data serta pelaporan setiap bulannya akan semakin lebih mudah apabila Anda memanfaatkan tools warehousing. Karena biasanya sistem seperti ini sudah mulai mengkombinasikan dari beberapa metode, sistem manipulasi data, sistem manajemen penggunaan serta berbagai teknologi terbaru lainnya yang berfungsi untuk mengetahui tentang bagaimana kondisi dan perkembangan warehouse dari sebuah perusahaan.

Intinya adalah, tools ini akan sangat membantu Anda dalam menganalisis tentang bagaimana perkembangan dari warehouse perusahaan. Karena hal itu akan menjadikan Anda semakin lebih paham tentang strategi perusahaan apa yang cocok untuk di terapkan pada manajemen warehouse Anda.

3. Tools Customer Relationship Management (CRM).

Customer Relationship Management (CRM) merupakan software yang berfungsi untuk mengatur daftar kontak secara lebih cerdas. Tools CRM seperti ini bukan hanya sekedar untuk mencatat segala informasi tentang kontak dari para pelanggan saja, namun ini juga akan sangat membantu Anda dalam hal pencatatan yang lebih mendetail tentang hubungan serta setiap transaksi yang akan Anda lakukan dengan para pelanggan Anda, baik itu melalui email maupun telepon.

Informasi data pelanggan tersebut merupakan sebuah ladang kesempatan bagi perusahaan Anda untuk mengidentifikasikan berbagai prospek-prospek penjualan, membantu pelanggan dalam mengenal produk Anda, tracking invoice bahkan bisa untuk melakukan penargetan terhadap segmentasi pasar.

Dengan cara penggunaan CRM, maka tentunya akan sangat membantu usaha Anda untuk peningkatan produktivitas, kepuasan pelanggan bahkan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

4. Tools HR Applicant Tracking System (HR ATS).

Dengan adanya Applicant Tracking System (sistem tracking pelamar) tentunya akan sangat membantu divisi HR dalam mencari para calon-calon tenaga kerja yang mendekati, bahkan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tools seperti ini berfungsi untuk mencatat tentang siapa saja yang pernah melamar pada perusahaan Anda, sekaligus siapa saja yang saat ini sudah resmi di terima untuk bekerja pada perusahaan Anda.

Semua data pendukung yang Anda butuhkan dalam penilaian kualitas dari si pelamar tersebut juga akan tercatat dengan baik apabila perusahaan menggunakan tools ini, sehingga proses bisnis Anda juga tetap akan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Dalam tools ini biasanya terdapat adanya kategori-kategori filtering yang bisa Anda gunakan untuk memilih para calon kandidat pelamar yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga proses pemilihan calon karyawan akan dapat berjalan dengan lebih cepat dan efisien.

5. HR Management Tools.

Lain halnya dengan HR Applicant Tracking System. Pada saat awal mula Anda menjalankan bisnis, biasanya Anda akan selalu mengecek satu per satu kehadiran dari para karyawan dengan cara berkeliling kantor. Namun pada kenyataannya proses tersebut tentunya akan sangat menyita banyak sekali waktu apabila karyawan sudah semakin banyak yang telah Anda rekrut. Terlebih lagi dalam hal melakukan pencatatan data karyawan atau untuk melacak performa di setiap bulannya.

Namun semua itu akan terasa menjadi jauh lebih mudah apabila Anda telah menggunakan HR Management Tools. Karena dengan adanya tools seperti ini, maka akan sangat membantu Anda agar bisa mengetahui setiap detail dari data karyawan hanya dengan beberapa step saja dari manapun dan kapanpun Anda berada.

6. Social Media Monitoring Tools.

Tak bisa disangkal lagi bahwa keberadaan sosial media seringkali digunakan sebagai alat untuk meningkatkan brand agar bisa menjadi lebih di kenal oleh masyarakat. Namun, mungkin saja Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengawasi sosial media Anda dalam melakukan branding.

Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang hal itu, karena Anda masih dapat memanfaatkan tools social media monitoring untuk semakin mempermudah pekerjaan Anda dalam hal social media. Karena dengan adanya tools ini, maka akan sangat membatu Anda dalam memonitor berbagai aktivitas media sosial, selain itu juga bisa untuk meningkatkan jumlah follower Anda, perkembangan engagement, sampai dengan konten apa saja yang lebih efektif untuk sosial media Anda tentunya juga akan tetap terukur dengan lebih baik apabila Anda menggunakan tools ini dan tentunya untuk proses bisnis Anda akan bisa berjalan dengan lebih cepat dan sudah serba terotomatisasi (ter autopilot).

Nah, sekarang Anda sudah paham bukan tentang tools-tools pendukung apa saja yang berpengaruh besar terhadap proses autopilot dan mengotomatisasi aktivitas dari proses bisnis milik Anda. Apabila pembaca membutuhkan bimbingan dalam mengaautopilotkan perusahaan atau bisnis anda, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s