BANTUAN DAN SARAN YANG TEPAT DATANG DARI SEKITAR KITA

Perkembangan di dunia usaha yang patut dicermati oleh para mitra bisnis adalah tantangan globalisasi, teknologi informasi, dan peraturan pemerintah yang berkaitan dengan iklim usaha. Seperti yang kita ketahui, persaingan pemasaran produk serta layanan di pasar Indonesia, terbukti sudah disusupi berbagai produk dan jasa dari luar negeri, khususnya pada era MEA yang tengah berlangsung saat ini. Oleh sebab itu para mitra bisnis dituntut untuk meningkatkan kompetensi perusahaannya sehingga bisnisnya tidak tenggelam dengan kehadiran perusahaan asing yang membawa teknologi lebih modern, kualitas produk dan jasa lebih baik, dengan strategi harga yang kompetitif.

Adanya perkembangan teknologi informasi yang semakin memudahkan semua orang untuk mengakses informasi mengenai produk dan layanan yang dibutuhkan, diharapkan bagi para mitra bisnis juga memperhatikan pengelolaan manajemen data dan informasi mengenai perusahaannya, sehingga perusahaan memiliki tingkat awareness yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan sejenis. Sedangkan dengan adanya peraturan pemerintah, hendaknya para mitra bisnis sudah siap untuk mengakomodir kegiatan operasional perusahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti peraturan perpajakan dan sebagainya.

Menghadapi perkembangan dunia usaha seperti di atas, para mitra bisnis sebaiknya mempersiapkannya dengan baik, menyediakan waktu beberapa saat untuk refleksi dan menganalisa: sudah sejauh mana kondisi internal dan eksternal perusahaan pada saat ini, dan merencanakan target yang ingin dicapai di tahun depan. Kemudian akan lebih baik bila mitra bisnis menentukan fokus dan komitmennya untuk memulai di aspek mana peningkatan kondisi perusahaannya, baik internal ataupun eksternal.

Mulailah mengubah mind set yang berbunyi “asal perusahaan untung cukup”, tanpa memahami pola keluar masuknya uang perusahaan, tetapi menjadi mengetahui detail uang keluar masuk melalui pencatatan keuangan yang terotomatisasi dengan menggunakan software, seperti software akunting, software payroll, software manufacturing, software berkaitan dengan inventory, dan sebagainya. Mitra bisnis sebaiknya juga menyiapkan sistem manajemen perusahaan dengan kegiatan operasional yang lebih teratur dan tertata rapi sebagai persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi internasional (seperti ISO misalnya), yang tentu saja pengakuan ini berguna dalam menghadapi persaingan yang kompetitif. Selain itu mitra bisnis juga dapat meningkatkan kemampuan SDM perusahaan melalui training, atau pendampingan yang berisikan motivasi dan peningkatan pengetahuan dan keahlian. Melalui skill dan pengetahuan yang cukup diharapkan SDM dapat menunjang percepatan dan pertumbuhan yang ingin dicapai perusahaan di tahun depan.

Menetapkan target dalam setiap perencanaan yang dibuat adalah hal utama, serta memotivasi SDM terus menerus agar kinerja organisasi semakin meningkat, serta ukur kinerja mereka dengan parameter yang tepat. Apabila nantinya target tersebut dapat tercapai di tahun depan, bersiaplah para mitra bisnis menggantikan pola kepemimpinan perusahaan dengan pola kepemimpinan manajemen autopilot, di sini sangat dibutuhkan manajemen representatif yang dapat mengendalikan perusahaan dengan baik dan mitra bisnis dapat mengalihkan fokus pada bisnis atau kegiatan lain yang lebih bermakna untuk kesejahteraan orang banyak. Sebaliknya bila belum mencapai target yang direncanakan, sebaiknya mitra bisnis tidak perlu panik, tetapi menganalisa kembali, berbagai faktor penyebab kegagalan serta dengan cepat memperbaikinya. Apabila harapan tersebut belum memberikan solusi terbaik, bersyukur dan berbuat bijaklah kita karena bantuan dan saran yang tepat tentunya bisa datang dari sekitar kita. Akhir kata, kami Manajemen Groedu International Consultant mengucapkan:  “Selamat Tahun Baru 2016!
Semoga tahun 2016 merupakan tahun kesuksesan kita bersama!”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s