MENGGALI PELUANG TERSEMBUNYI PADA SAAT KRISIS EKONOMI

Pada saat kondisi krisis ekonomi saat ini adalah saatnya yang tepat untuk menganalisa kondisi perusahaan dan mengidentifikasi kekuatan dan peluang “tersembunyi” di perusahaan. Apa saja yang merupakan peluang tersebunyi tersebut?

Coba kita tengok dengan tenaga penjualan kita, apakah hari ini kita hanya mengandalkan sales force saja atau kini anda sedang merintis penjualan secara on line? Penjualan secara on line yang selama ini tidak pernah kita sentuh mulai dilirik dikembangkan. Itulah saat yang tepat, ketika penjualan menurun mencoba membetuk tim penjualan on line diperusahaan, sehingga metode penjualan yang dilakukan perusahaan bisa dengan cara off line dan on line.

Kedua coba kita lihat sekali lagi mesin-mesin kita yang ada di perusahaan yang dapat diberdayakan lagi dan dikelola ulang agar dapat dimanfaatkan oleh pihak lain dengan cara sewa, mengambil pekerjaannya sebagai sub kontraktornya. Tidak pernah terpikir hal ini sebelumnya ketika kondisi perusahaan sangat full dengan pekerjaan.

Ketiga cek sekali lagi efektifitas manajemen perusahaan secara keseluruhan, kalau sebelumnya karena saking sibuknya sehingga tidak sempat untuk meninjau ulang proses bisnis di perusahaan yang kurang efektif. Pada saat inilah saatnya yang tepat untuk melakukan berbagai perbaikan-perbaikan dalam menajemen sehingga ketika perekonomian sudah mulai cukup baik, perusahaan sudah siap menangkap lagi peluang-peluang pekerjaan yang baru.

Tinjau ulang produk & jasa yang telah tertunda sekian lama untuk tidak dipasarkan, sehingga produk dan jasa dapat direkayasa ulang agar produk dan jasa siap untuk diluncurkan ketika perekonomian mulai membaik.

Cek kembali berbagai sumber daya yang ada di perusahaan agar bisa dikembangkan lebih lanjut, dan posisikan sumber daya yang tepat agar kinerjanya maksimal. Khususnya karyawan-karyawan yang bertanlenta. Sumber daya-sumberdaya lainnya yang dapat diberdayakan : termasuk barang-barang yang nampak tidak bernilai untuk ditinjau ulang.

Terakhir tinjau keuangan yang dimiliki perusahaan, dengan meninjau alternatif investasi, pengembangan asset, pembelian perusahaan lain yang dijual atau peluang-peluang bisnis lainnya  dan sangat prospek dimasa mendatang untuk diakuisisi.

Semoga artikel ini menginsipirasi bapak/ibu dalam menghadapi tahun krisis ini. Salam : Frans M. Royan, SE,MM

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s