ALASAN PENTING UNTUK MEMPERHATIKAN STOK PENGAMAN

Stok pengaman adalah kuantitas ekstra dan tambahan dari suatu produk yang disimpan di gudang untuk mencegah situasi kehabisan stok. Ini berfungsi sebagai asuransi terhadap fluktuasi permintaan, lanskap ritel yang terus berubah, dan variabel lain yang memengaruhi produk mana yang harus disimpan dan berapa banyak dari masing-masing harus ada di rak dan di gudang untuk memaksimalkan efisiensi dan mengurangi biaya.

Selain itu, ini juga akan membantu mencegah hilangnya pendapatan serta pelanggan, yang, dalam situasi seperti itu, mendapatkan barang mereka dari tempat lain dan seringkali tidak pernah kembali ke bisnis. Faktanya, kehabisan stok juga mengurangi efisiensi rantai pasokan secara keseluruhan.

Misalnya, sebuah produsen sepeda tampil di majalah sepeda populer dan mengalami peningkatan penjualan yang tajam. Saat pabrikan memenuhi pesanan, inventaris habis lebih cepat daripada waktu tunggu rata-rata, meningkatkan risiko kehabisan stok. Tanpa Stok pengaman, perusahaan ini tidak akan dapat memenuhi pesanan setelah persediaan biasa habis, yang menyebabkan hilangnya penjualan.

Baca juga : kapan baiknya untuk meng-upgrade warehouse management systems anda?

Mengapa Bisnis Membutuhkan Stok Pengaman?

Stok pengaman menyediakan bantalan yang diandalkan manajemen inventaris agar efektif. Faktanya, secara akurat melacak tingkat stok saat ini sambil mempertimbangkan kondisi pasar saat ini dan masa depan dan kemudian memperhitungkan waktu tunggu pasokan hanyalah titik awal untuk memastikan pengendalian inventaris yang efektif.

Untuk memiliki strategi manajemen inventaris yang menguntungkan dan produktif dalam segala situasi, Anda perlu mengoordinasikan stok siklus dan stok pengaman. Ini akan memastikan bahwa tingkat persediaan tetap sejalan dengan permintaan dan penawaran. Ini akan membuat manajemen inventaris Anda lebih mudah dan konsisten.

Meskipun ada beberapa alasan bisnis harus memiliki stok pengaman, semoga alasan yang saya papaerkan dalam artikel ini bisa bermafaat untuk Anda.

1. Ketidakpastian Permintaan

Salah satu alasan utama untuk menjaga Stok pengaman adalah fluktuasi permintaan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan lonjakan permintaan. Ini adalah:

  • Dampak musiman
  • Pergeseran mendadak dalam persona pembeli dan tren pelanggan
  • Keberangkatan pesaing
  • Pembelian panik, dan seterusnya.

Dengan persediaan pengaman, perusahaan Anda akan mendapatkan ruang bernapas yang cukup untuk mengisi kembali persediaan sekaligus memenuhi permintaan yang meningkat ini. Ini akan membantu Anda dalam meningkatkan rasio pendapatan operasional Anda terhadap biaya operasional sekaligus menjaga kepuasan pelanggan Anda.

Baca juga : inilah bagaimana warehouse management membantu pengiriman cepat anda

2. Menghindari Kehabisan Stok

Salah satu manfaat lain menggunakan stok pengaman adalah membantu perusahaan Anda mengurangi risiko kehabisan produk tertentu dan mencegah operasi terhenti saat bisnis mencari, membeli, dan mengirimkan inventaris ini.

Mempertimbangkan bahwa proses ini dapat memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu, Stok pengaman adalah jembatan yang sangat berharga yang akan membuat bisnis Anda tetap berjalan sambil menyelesaikan kehabisan stok. Ini akan membantu Anda memeriksa pengeluaran bisnis sekaligus meningkatkan arus kas.

3. Meminimalkan Efek Gangguan Pasokan

Bisnis Anda rentan terhadap gangguan tak terduga di sisi pemasok seperti:

  • Kekurangan bahan baku
  • Langkah-langkah legislatif atau politik
  • Masalah produksi
  • Penutupan operasional, dan seterusnya.

Ini pada akhirnya akan berdampak besar pada tingkat inventaris Anda. Faktanya, gangguan ini akan berdampak luas pada rantai pasokan Anda yang lain, termasuk:

  • Menunda penyelesaian komponen produk lainnya
  • Menyebabkan gangguan ritel
  • Menggelincirkan jadwal pengiriman pelanggan

Dengan persediaan pengaman, Anda akan dapat mengurangi dampak gangguan pemasok dan ketidakpastian waktu tunggu. Selain itu, ini juga akan membantu menjaga rantai pasokan tetap berjalan hingga gangguan berlalu atau perusahaan telah menemukan pemasok baru.

4. Kurangi Jam Administrasi dan Staf

Meskipun persediaan pengaman akan memastikan bahwa setiap langkah rantai pasokan Anda berjalan dengan lancar, hal itu juga akan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk urusan dokumen, komunikasi, dan tugas gudang. Dengan persediaan pengaman, manajer rantai pasokan Anda tidak perlu sering-sering mencari dan memesan kembali persediaan tambahan.

Ini juga akan menyelamatkan mereka dari semua email, panggilan, permintaan terburu-buru, dan pemrosesan faktur yang menyertainya. Demikian pula, staf gudang Anda tidak akan tiba-tiba berurusan dengan truk bongkar muat dan rak penyetokan ulang sementara aktivitas gudang sehari-hari mereka terpengaruh.

5. Mengkompensasi Ketidakakuratan Prakiraan

Stok pengaman akan membantu Anda mempertahankan inventaris yang memadai, yang akan memastikan konsistensi, dan memungkinkan Anda mengembangkan prakiraan yang lebih akurat di seluruh organisasi. Meskipun prakiraan permintaan biasanya dapat diandalkan, perubahan mendadak dapat menyebabkannya menjadi tidak akurat.

Dalam kasus tersebut, efek gangguan stok bertambah dalam perkiraan lain, seperti penjadwalan rantai pasokan. Ketika gangguan stok seperti itu menyebabkan hilangnya pendapatan atau pelanggan sebagai penjualan, masalah ini menjadi sangat meresahkan.

Faktanya, dalam situasi ini, bahkan ramalan keuangan Anda menjadi tidak valid, dan laporan keuangan serta KPI keuangan Anda terpengaruh secara negatif.

Info lanjutan silahkan klik di SINI : info lanjutan

6. Pencegahan Terhadap Fluktuasi Harga

Fluktuasi pasar yang tidak terduga dapat menyebabkan harga pokok barang Anda meningkat secara tiba-tiba. Hal ini dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Kelangkaan bahan baku yang tiba-tiba
  • Kenaikan harga bahan baku
  • Permintaan tak terduga melonjak di pasar
  • Kompetitor baru
  • Peraturan dan kebijakan baru pemerintah, dan alasan lain semacam itu.

Memiliki stok pengaman yang cukup selama waktu dan situasi yang tidak terduga ini akan membantu Anda menghindari biaya membeli saham dengan harga lebih tinggi tanpa mengorbankan penjualan. Ini akan membantu memaksimalkan rasio laba bersih Anda.

Penutup

Stok pengaman membantu menghilangkan kerumitan teruntuk kehabisan stok. Jika Anda memiliki persediaan pengaman yang cukup, Anda tidak perlu bergantung pada pemasok untuk mengirimkan dengan cepat atau menolak pelanggan karena tingkat persediaan yang menipis. Stok pengaman melindungi Anda sampai kumpulan stok pesanan Anda berikutnya tiba. Semoga bermanfaat.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi bapak/ibu pembaca, apabila membutuhkan informasi ini lebih lanjut dan membutuhkan pendampingan terkait software yang terkait stok dan perbaikan sistem manajemen, silahkan hubungi kami di SINI.

Training dan Konsultasi bisa klik di FORM DAFTAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s