5 UNSUR PENTING DALAM KESUKSESAN STRATEGI OPERASI

Strategi operasi adalah prinsip panduan yang digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan melaksanakan operasi perusahaan. Bisnis menggunakan strategi operasi untuk mengidentifikasi dan menerapkan proses hemat biaya untuk menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan. Strategi operasi mendukung strategi bisnis perusahaan secara keseluruhan untuk memaksimalkan keuntungan.

Baca juga : Training pembuatan SOP perusahaan

5 Unsur penting dalam kesuksesan Strategi Operasi

Ada beberapa elemen kunci yang masuk ke dalam strategi operasi perusahaan.

  1. Sistem produksi: Sistem produksi organisasi menentukan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang tentang bagaimana sumber daya diubah menjadi produk dan layanan yang dapat dipasarkan. Sistem produksi yang komprehensif mencakup alur kerja yang jelas, tolok ukur kontrol kualitas, dan strategi manajemen rantai pasokan.
  2. Fasilitas: Kemampuan operasional suatu perusahaan dipengaruhi oleh ukuran dan jumlah fasilitas produksi. Agar berfungsi dengan baik, fasilitas khusus memerlukan tujuan produksi yang dapat dicapai, prosedur keselamatan yang jelas, dan sistem manajemen inventaris.
  3. Produk atau layanan: Salah satu elemen terpenting dari setiap strategi operasi adalah manajemen kualitas produk atau layanan. Bisnis menganalisis siklus hidup produk dan layanan mereka untuk memprediksi tren pasar, menyesuaikan produk atau layanan mereka, dan mengalokasikan sumber daya untuk pengembangan layanan baru dan pengembangan produk.
  4. Teknologi: Strategi operasi semakin bergantung pada perkembangan teknologi baru seperti pembelajaran mesin, otomatisasi lini produksi, metrik waktu nyata, dan alat peramalan pasar.
  5. Sumber daya: Strategi keseluruhan yang komprehensif untuk operasi memperhitungkan total sumber daya operasi yang tersedia untuk organisasi, termasuk sumber daya lokasi, mekanik, dan manusia.

5 Jenis Strategi Operasi

Bisnis menggunakan berbagai jenis strategi operasi berdasarkan kebutuhan pasar spesifik mereka.

Baca juga : cara mencapai efisiensi operasional gudang dengan teknologi mobile

  1. Strategi kompetensi inti: Strategi operasi kompetensi inti berkisar pada kekuatan utama model bisnis perusahaan. Dengan mengidentifikasi proses bisnis inti terbaik dalam suatu organisasi, strategi operasi kompetensi inti berfokus pada peningkatan kekuatan yang ada untuk memaksimalkan profitabilitas.
  2. Strategi perusahaan: Jenis strategi operasi ini mengikuti pernyataan misi perusahaan dan menyesuaikan diri dengan strategi perusahaan yang lebih besar. Bisnis yang menggunakan jenis strategi operasi ini mengembangkan inisiatif produksi, indikator kinerja utama (KPI), dan proses pengambilan keputusan berdasarkan rencana strategis keseluruhan yang ditentukan oleh pimpinan perusahaan dan pemangku kepentingan.
  3. Strategi kompetitif: Perusahaan yang menggunakan jenis strategi ini mengembangkan proses operasi mereka untuk membedakan produk atau layanan mereka dari pesaing. Dengan mengidentifikasi prioritas kompetitif dalam ekonomi tertentu, bisnis dapat mengubah strategi operasi mereka untuk bergerak menuju keunggulan kompetitif, apakah itu produk berkualitas lebih tinggi atau waktu produksi yang lebih cepat.
  4. Strategi produk atau layanan: Jenis strategi operasi ini berkisar pada kontrol kualitas produk atau layanan yang ada serta pengembangan produk dan layanan baru. Bisnis yang menggunakan model ini seringkali menentukan strategi operasi mereka berdasarkan penelitian dan ide dari manajer produk.
  5. Strategi yang digerakkan oleh pelanggan: Organisasi yang menggunakan strategi berbasis pelanggan membuat keputusan operasi berdasarkan pengalaman pelanggan. Jenis strategi operasi ini selaras dengan strategi penjualan dan pemasaran untuk mengelola dan memenuhi harapan pelanggan.

Info lanjutan silahkan klik di SINI : info lanjutan

Penutup

Strategi operasi yang kuat dapat membantu bisnis Anda beroperasi dengan sukses. Ini menjelaskan siapa, apa, kapan, dan bagaimana operasi bisnis sehari-hari, menyatukan kolega Anda dan membantu Anda mengelola sumber daya secara efektif. Dengan mendukung tujuan perusahaan Anda secara keseluruhan dan membuat Anda tetap fokus pada tujuan SMART dan target yang realistis, strategi operasi yang dipikirkan dengan matang akan mempermudah pengenalan produk dan layanan baru serta menanggapi permintaan pasar.

Semoga artikel  di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan membutuhkan pendampingan, silahka hubungi kami di SINI.

INFO PELATIHAN  TERKAIT :

Sales supervisory Skill

Membangun Tim penjualan yang handal

Training dan Konsultasi bisa klik di FORM DAFTAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s