3 TIPS UNTUK MENGEMBANGKAN GAYA KEPEMIMPINAN

Groedu inspirasi bisnis – you tube

Mengembangkan gaya kepemimpinan pribadi tidak perlu menunggu sampai Anda masuk menjadi eksekutif perusahaan. Di mana pun Anda berada dalam karier, Anda dapat menumbuhkan gaya kepemimpinan pribadi milik Anda. Proses menemukan gaya akan terlihat berbeda untuk setiap orang, tetapi berikut adalah beberapa langkah penting yang dapat Anda ambil untuk memastikan Anda mengembangkan pendekatan yang sesuai dengan gaya Anda.

1. Jangan Meniru

Sebelum Anda pindah ke posisi manajemen pertama Anda, Anda mungkin memiliki asumsi tentang seperti apa penampilan, suara, dan tindakan seorang pemimpin. Tidak semua pemimpin hebat memiliki gaya Steve Jobs atau Sheryl Sandberg. Faktanya, tidak ada dua metode kepemimpinan yang sama.

Baca juga artikel : manfaat leadership dalam bisnis

Tugas sebagai pemimpin membutuhkan kualitas yang berbeda tergantung pada konteks dan situasinya. Saat Anda menyadari bahwa Anda mulai meniru gaya idola Anda, buang pola dasar itu jauh-jauh dari diri Anda. Pekerjaan mengembangkan gaya Anda sendiri tidak dimulai dari luar diri, tetapi dimulai dari dalam diri.

2. Ketahui Kekuatan (dan Kelemahan) Anda

Pikirkan tentang kualitas yang datang secara alami kepada Anda. Kemudian tanyakan pada diri Anda: Di mana Anda berjuang? Mungkin Anda adalah pembelajar yang cepat dan hebat dalam menyelesaikan sesuatu, tetapi terkadang mengorbankan kualitas demi kuantitas. Atau, Anda bisa percaya diri dengan pekerjaan yang Anda buat sendiri, tetapi ketika Anda masuk ke ruang konferensi, Anda kesulitan untuk berbicara tentang kontribusi Anda.

Kebiasaan yang Anda buat sebagai kontributor individu mungkin menjadi bawaan Anda saat pertama kali melangkah ke posisi kepemimpinan. Tetapi menjadi manajer yang hebat berarti bekerja pada diri Anda sendiri sehingga Anda dapat mendukung dan mengembangkan orang lain, dan itu membutuhkan jenis pekerjaan yang berbeda. Jujur dengan diri sendiri dan kualitas Anda adalah langkah penting.

3. Berani

Kesadaran diri adalah pekerjaan seorang pemimpin yang percaya diri, dan kepercayaan diri adalah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap gaya kepemimpinan.

Dalam buku The Confidence Code, penulis Katty Kay dan Claire Shipman menjelaskan pentingnya kepemimpinan yang otentik.

“Keyakinan bukan tentang berpura-pura, atau melakukan suatu tindakan; itu muncul dari pencapaian dan pekerjaan yang tulus,” tulis Kay dan Shipman.

Nasihat ini berlaku untuk siapa saja yang ingin mengembangkan gaya kepemimpinan pribadi mereka. Berhenti berpura-pura dan ambil tindakan.

Kay dan Shipman merekomendasikan untuk mengambil keberanian selangkah demi selangkah—melakukan hal kecil yang berani sampai yang berikutnya lebih mudah. Akhirnya, mereka menyarankan, kepercayaan diri akan mengalir. Pada saat-saat berani itu, kekuatan Anda akan bersinar, dan kelemahan Anda akan berkembang, dan Anda akan menemukan kualitas yang menjadikan Anda seorang pemimpin lebih nyata daripada yang Anda pikirkan.

Baca juga artikel : cara menumbuhkan sifat leadership

SAATNYA MENGEMBANGKAN GAYA KEPEMIMPINAN ANDA

Mengembangkan merek pribadi Anda sebagai seorang pemimpin akan menjadi perjalanan yang Anda ikuti sepanjang karir Anda. Ketahuilah bahwa melangkah ke peran manajemen tidak berarti kehilangan keaslian Anda, tetapi itu bisa berarti jenis pekerjaan lain yang diperlukan. Dengan meluangkan waktu untuk refleksi diri, memahami pengaruh bias, dan mencari peluang untuk menunjukkan keberanian Anda, Anda dapat mengembangkan gaya kepemimpinan yang Anda miliki.

Informasi lebih lengkap : klik di SINI

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut, atau membutuhkan pendampingan dalam penyusunan Tim penjualan, pelatihan sales supervisory, pelatihan leadership dan managerial skill, serta strategi penjualan Omni channel, silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s