CARA MENUMBUHKAN SIFAT LEADERSHIP

Sikap kepemimpinan adalah salah satu hal yang harus di kuasai. Sebab, pada dasarnya jiwa kepemimpinan atau jiwa leadership tidak bisa dimiliki secara singkat atau instan, butuh proses yang cukup panjang untuk mendapatkannya. Jiwa kepemimpinan bisa dibentuk mulai sejak dini ketika masih anak-anak atau sejak menjadi siswa. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut sangat mudah untuk membentuk karakter anak serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Berikut beberapa cara untuk menumbuhkan sifat leadership.

Baca juga artikel : leadership dalam perusahaan konvensional ke manajemen modern

1. Terbiasakan untuk disiplin

Seorang pemimpin yang baik tentu saja membutuhkan kedisiplinan. Dengan menjadi terbiasa disiplin maka Anda akan menginspirasi yang lain. Ingat bahwa orang akan menilai kapasitas Anda untuk memimpin dari tingkat kedisiplinan yang Anda perlihatkan di tempat kerja.

2. Temukan passion Anda

Agar bisa menjadi seorang pemimpin, maka Anda harus memiliki passion yang kuat terhadap apa yang Anda lakukan. Anda harus tahu betul seseorang benar-benar memiliki passion atau tidak. Itu satu hal yang tak bisa dipalsukan oleh siapapun.

3. Berani mengakui kegagalan dan terus melanjutkan hidup

Mungkin tidak Anda sadari, tetapi para pemimpin paling berkuasa dan menginspirasi pun pernah melakukan kesalahan. Hanya saja, para pemimpin yang terbaik ini menyadari kesalahan mereka, mengakui kesalahan tersebut secara terbuka dan mengambil langkah untuk mengkoreksi berbagai kesalahan tersebut dan terus move on. So, terbuka lah soal kegagalan Anda pada diri Anda sendiri dan tim Anda.

4. Belajar dan meningkatkan kualitas diri

Sifat yang paling penting adalah seorang pemimpin tak pernah berhenti meningkatkan kualitas mereka dengan cara apapun. Orang yang menilai dirinya sebagai seorang pakar memiliki banyak peluang untuk belajar. Jangan pernah berhenti belajar. Teruslah bangkit dan terus belajar!

5. Jadilah pendengar yang cerdas

Menjadi seorang pemimpin tidak berarti Anda harus selalu menjadi sorotan. Sifat penting dari seorang pemimpin yang baik adalah seseorang yang mendengarkan saran, ide, dan umpan balik dari orang lain, dan mengembangkannya. Pendengar yang baik tahu bahwa komunikasi bukan hanya tentang kata-kata, tetapi juga menangkap isyarat non-verbal, seperti kontak mata dan bahasa tubuh.

Baca juga artikel : materi-materi leadership utama dalam pembentukan calon pemimpin perusahaan

Akhir Kata

Keterampilan kepemimpinan yang baik sangat penting untuk memajukan karir Anda, tetapi seperti yang Anda lihat, kepemimpinan lebih dari sekadar bertanggung jawab. Seperti yang dikatakan oleh negarawan Amerika John Quincy Adams, “Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak dan menjadi lebih, Anda adalah seorang pemimpin.”

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai training terkait topik leadership seperti : supervisory managemen dan managerial skill, silahkan hubungi kami di SINI. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s