5 CARA INTERNET OF THINGS AKAN MENGUBAH KINERJA BISNIS ANDA

Groedu Inspirasi bisnis – Youtube

Pada tingkat yang paling dasar, IoT adalah perangkat yang terhubung ke internet yang berkomunikasi satu sama lain, mempengaruhi kehidupan kita di dalam dan di luar rumah.

IoT akan mengubah cara kita bekerja dengan menghemat waktu dan sumber daya serta membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan inovasi.

Internet of Things adalah jaringan objek fisik yang disematkan dengan sensor dan teknologi lain yang memungkinkan mereka terhubung satu sama lain dan bertukar data. Perangkat ini termasuk benda-benda rumah tangga sehari-hari serta alat-alat canggih yang digunakan dalam industri teknologi.

Baca artikel : Algoritma Reels Instagram Tahun 2022

Selama dekade terakhir, dan terutama dalam beberapa tahun terakhir, IoT telah menjadi salah satu alat paling penting dari teknologi modern. Perangkat yang terhubung dengan cara analitis berbiaya rendah memberi kami teknologi yang lebih mudah diakses dan lebih banyak data untuk mengembangkan ruang teknologi dan kantor pintar daripada yang pernah kami bayangkan sebelumnya. IoT memungkinkan komunikasi tanpa batas antara orang, proses, dan benda.

Ketika teknologi IoT semakin tertanam dalam kehidupan kerja kita dan tumbuh lebih canggih, tempat kerja harus menyesuaikan. Berikut adalah beberapa cara IoT akan memengaruhi cara kita bekerja.

1. IoT akan menghasilkan lebih banyak data.

Internet of Things akan menjadi mesin data. Ini berarti perusahaan harus memikirkan kembali bagaimana mereka mengumpulkan dan menganalisis informasi. Pembuat keputusan harus belajar dan beradaptasi dengan bentuk baru kecerdasan data, dan jumlah serta jenis informasi yang dihasilkan IoT akan menciptakan peran baru dan diperluas untuk analis data, ahli strategi, dan profesional layanan pelanggan.

2. IoT akan mempermudah pelacakan lokasi.

Salah satu cara signifikan IoT akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi adalah dengan membuat pelacakan lokasi dan layanan berbasis lokasi mulus dan mudah. Seperti yang saat ini dilakukan di rumah sakit, peralatan dan perangkat yang terhubung ke internet semuanya akan ditandai secara geografis, menghemat waktu pekerja untuk melacak barang-barang dan menghemat uang dengan mengurangi tingkat kerugian.

3. IoT akan mendorong manufaktur yang lebih murah dan lebih ramah lingkungan.

Berkat IoT, interkonektivitas perangkat akan memfasilitasi adopsi teknologi “jaringan pintar”, menggunakan meter, sensor, dan alat digital lainnya untuk mengontrol aliran energi sambil mengintegrasikan sumber daya alternatif, seperti matahari dan angin.

Internet of Things akan secara drastis menurunkan biaya dalam bisnis manufaktur dengan mengurangi pemborosan, konsumsi bahan bakar, dan membuang aset yang tidak layak secara ekonomi. IoT juga dapat meningkatkan efisiensi produksi dan transmisi energi dan selanjutnya dapat mengurangi emisi dengan memfasilitasi peralihan ke energi terbarukan.

4. IoT akan memungkinkan manajemen perangkat seluler jarak jauh sepenuhnya.

Departemen TI mungkin memiliki akses jarak jauh ke komputer dan perangkat seluler, tetapi IoT juga akan memungkinkan kendali jarak jauh dari perangkat lain yang terhubung ke internet.

Baca juga artikel : media internet sebagai alat utama dalam berpromosi secara online (traffic generation)

Segera teknologi manajemen perangkat seluler akan diperluas ke manajemen jarak jauh perangkat IoT, memperkenalkan perubahan untuk departemen TI dan karyawan yang terhubung dengan IoT.

5. IoT akan membantu Anda menghemat waktu dan memaksimalkan hari Anda.

Selain mengendalikan perangkat IoT lainnya, ponsel cerdas Anda juga akan menjadi seperti remote control untuk hidup Anda, kata Brendan Richardson, salah satu pendiri dan mantan CEO Everactive (sebelumnya PsiKick), sebuah startup yang mengembangkan sensor nirkabel IoT.

Salah satu aspek IoT yang paling nyaman adalah Anda memiliki perangkat yang “mengenal” Anda dan memungkinkan Anda masuk dan keluar dari tempat dan melakukan transaksi lebih cepat menggunakan perangkat seluler.

“iPhone atau Android akan semakin berinteraksi dengan berbagai macam sensor yang tidak pernah Anda lihat dan tidak Anda miliki, tetapi yang memberikan informasi berharga kepada ponsel cerdas Anda dan bertindak atas nama Anda melalui sebuah aplikasi,” kata Richardson.

Dengan sensor ini, bahkan mendapatkan kopi pagi Anda tidak perlu berarti menunggu dalam antrean. Misalnya, sensor nirkabel dapat mendeteksi saat Anda masuk ke Starbucks dan memberi tahu barista tentang kemungkinan pesanan Anda berdasarkan riwayat pesanan Anda. Anda kemudian dapat mengonfirmasi atau memilih pesanan lain, lalu membayarnya menggunakan telepon Anda, kata Richardson.

IoT dan Peluang Karir

Setiap kali ada revolusi teknologi, pekerjaan lama diganti dengan pekerjaan baru yang membutuhkan keterampilan baru. Manfaat memperoleh keterampilan yang terkait dengan IoT tidak terbatas. Semakin banyak Anda tahu tentang teknologi dan mampu bekerja di dalamnya, semakin siap Anda untuk meraih peluang karir IoT yang menguntungkan.

Informasi lebih lengkap : klik di SINI

Organisasi di setiap sektor mencari untuk mengisi posisi yang membutuhkan keterampilan IoT, terutama di bidang manufaktur dan keamanan siber. Jutaan pekerjaan akan dibutuhkan untuk memberikan aplikasi dan layanan bisnis ke IoT. Ratusan ribu di antaranya adalah level pemula. Singkatnya, ini adalah peluang besar untuk semua tingkat keterampilan dan keahlian.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk pembaca, apabila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s