CARA MENINGKATKAN SKILL KEPEMIMPINAN UNTUK INDUSTRI RITEL

Kepemimpinan yang efektif tidak hanya punya visi yang menginspirasi seluruh anggota tim, tetapi juga mampu mewujudkan visi itu menjadi kenyataan. Karena itulah seorang pemimpin membutuhkan bekal leadership skill untuk menerjemahkan visi, menyelesaikan strategi, mendorong setiap anggota tim bersama sama melangkah maju sebagai sebuah kelompok bisnis untuk mencapai visi organisasi.
Leadership skill adalah salah satu hal krusial dalam mengelola sebuah organisasi bisnis, karena berhubungan dengan kemampuan memengaruhi dan memotivasi setiap anggota tim untuk berkontribusi. Keterampilan ini merupakan bagian dari soft skill, yaitu kemampuan yang tidak ada hubungannya dengan hal teknis yang tidak dipelajari secara akademis, tetapi didapat dari pengalaman dan kebiasaan individual seorang manager.

Baca juga artikel : perhatikan ini untuk tingkatkan pengunjung ritel anda

Selain itu, action plan berikut ini juga dapat membantu anda untuk meningkatkan leadership skill milik anda:

Mulailah dengan membuat tujuan
Ketahui tentang apa saja yang perlu dikerjakan dan dituju oleh seorang pemimpin. Kemudian, cari tahu skill atau kompetensi apa saja yang harus dikuasai untuk mencapai sebuah tujuan. Berpikir tentang tujuan tidak hanya menciptakan semangat untuk terus maju, tetapi juga membantu Anda untuk tetap fokus. Sehingga, Anda akan mencari cara-cara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan lebih cepat.

Jujur terhadap kesenjangan
Jujurlah kepada orang-orang tentang ketidak setaraan antara di mana mereka berada saat ini dan di mana mereka ingin berada. Kemudian, bantu mereka untuk mengembangkan rencana agar sampai ke tujuan yang mereka inginkan dan memberikan umpan balik yang mendukung di sepanjang perjalanan.
Seorang pemimpin menceritajadian yang sedang terjadi tanpa berbohong, dan mendorong karyawan agar punya motivasi untuk tumbuh bersama mencapai tujuan mereka dan tujuan organisasi, bukan sekadar berjuang untuk melakukan target sehari-hari.

Kembangkan kesempatan belajar real-time
Beri orang-orang kesempatan belajar dari pengalaman yang terjadi di dunia nyata. Untuk tumbuh, mereka membutuhkan pembelajaran hidup yang sangat panjang. Anda bukan sekadar mengatur, tetapi lebih penting lagi mendidik dan menginspirasi karyawan. Membuat mereka berkembang, naik level, dan terus belajar tentang hal baru merupakan sebuah cara yang efektif untuk melahirkan pemimpin-pemimpin baru.

Sediakan umpan balik dan dukungan berkelanjutan
Umpan balik kelompok kecil cukup efektif dan konstruktif. Seorang pemimpin yang efektif akan terbuka terhadap kemungkinan-kemungkinan baru, sehingga tak ragu mendengarkan masukan dari anggota tim.
Sebuah tim merupakan gabungan dari orang-orang yang punya spesialisasi dan keahlian yang berbeda beda setiap individu. Terkadang, apa yang mereka berikan sebagai umpan balik bisa menjadi penyelesaian masalah yang kreatif.

Pastikan untuk merayakan keberhasilan
Akui dan berikan hadiah dan pujian dan juga selamat untuk menunjukkan bahwa Anda dan perusahaan menghargai setiap orang beserta hasil positif yang mereka lakukan. Apresiasi terkesanformal dan juga sederhana, tetapi cara itu bisa menjadi bahan bakar untuk memotivasi tim agar terusberkembang bersama, bahkan lebih cepat dan meroket tinggi.

Baca juga artikel : 8 keterampilan yang dibutuhkan tim penjualan ritel

Jangan mudah merasa puas
Mulailah kembali siklusnya dengan tujuan dan target yang baru untuk memulai pertumbuhan dan perkembangan. Membuat sasaran baru yang lebih besar atau lebih tinggi adalah cara untuk menantang diri sendiri dan tim agar tidak berhenti bertumbuh, terus berkembang, dan terus tumbuh. Tanpa tujuan, sebuah organisasi tidak akan ke mana-mana.
Seorang pemimpin secara individu mungkin dapat secara efektif memecahkan masalah teknis yang sederhana. Tetapi, masalah saat ini cukup kompleks sehingga membutuhkan kerja sama individu dan kelompok beragam yang memiliki pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang unik dan spesial.

Jadi, pemimpin tidak bisa berdiri sendiri untuk melangkah maju, melainkan kombinasi karyawan dan leadership yang mendorong perubahan efektif. Karena itu, sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memastikan dirinya melatih dan merekrut karyawan terbaik di setiap posisi agar mempercepat pencapaian tujuan. Jadi itulah cara mengembangkan skill manajemen untuk bisnis retail yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

Apabila membutuhkan bantuan untuk mendirikan supermarket, minimarket atau toko modern lainnya, silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s