MENGAPA KERENDAHAN HATI PENTING BAGI PARA MANAJER?

Pemimpin yang paling efektif adalah mereka yang memiliki sikap rendah hati dan tidak sombong kepada para karyawan dengan setiap pencapaian dan prestasi yang mereka dapatkan dari pengalaman milik mereka. Kepemimpinan yang nyata adalah para pemimpin yang mengakui bahwa mereka para pemimpin melayani orang-orang yang mereka pimpin. Berikut ini 5 alasan penting mengapa sikap rendah hati sangat diperlukan oleh para pemimpin.

Baca juga artikel : fungsi penting dan wewenang serta tugas-tugas utama dari seorang manajer pabrik (factory manager)

  1. Menumbuhkan Lingkungan Belajar dan Perbaikan Terus Menerus
    Salah satu peranan penting dari setiap pemimpin adalah kemauan untuk memberikan pelajaran mengenai pekerjaan kepada para karyawan dan membantu mereka mendapatkan keterampilan baru agar lebih cepat mengerti pekerjaan dan lebih mudah mengerjakan pekerjaan yang mereka akan lakukan. Cara seperti ini akan mengarah pada hasil yang lebih baik dan kepuasan karyawan yang juga lebih baik. Karyawan yang merasa puas akan tetap berada di dalam perusahaan dan Anda juga tidak perlu merekrut lebih banyak karyawan baru.
  2. Karyawan Lebih Mudah Mengikuti Pemimpin yang Rendah Hati
    Pemimpin yang arogan dan kurang ajar kemungkinan tinggi mempunyai hubungan yang kurang baik dengan para karyawannya. Padahal manajer terbaik adalah mereka yang memiliki pengetahuan yang tinggi mengenai kebutuhan pelanggan dan karyawan. Sikap rendah hati yang dimiliki oleh seorang pemimpin akan membuat pemimpin lebih disukai oleh para karyawan dan lebih cepat menyatu dengan tim karyawan dan menjadi sosok yang sangat disukai oleh banyak pihak perusahaan.
  3. Pemimpin yang Rendah Hati akan Lebih Transparan
    Transparansi dalam bisnis adalah salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk melibatkan karyawan Anda. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ada hubungan yang menarik antara tingkat kebahagiaan karyawan dengan tingkat transparansi perusahaan yang mereka tempati.
    Transparansi dapat dijelaskan sebagai keinginan seorang pemimpin untuk berbagi kebaikan bersama dan juga keburukan yang terjadi pada dirinya. Jujur dan mengakui apa saja yang terjadi di dalam perusahaan dan membagikannya kepada karyawan mau itu kejadian yang baik atau kejadian yang buruk yang menimpa pemimpin tersebut.
  4. Mereka Lebih Memberdayakan Orang Lain
    Salah satu contoh kepemimpinan yang hebat adalah kemampuan Anda untuk memberdayakan dan juga merekrut orang lain untuk bekerja sama dengan dirinya. Dengan sikap rendah hati yang Anda miliki anda akan jauh lebih mudah untuk memberdayakan orang lain di dalam perusahaan. Penelitian juga menemukan bahwa sikap rendah hati dari seorang pemimpin berhubungan positif dengan pemberdayaan karyawan di lingkungan kerja.
  5. Karyawan Menyukai Pemimpin yang Rendah Hati
    karyawan jauh lebih menyukai pemimpin yang rendah hati daripada pemimpin yang sombong. Hal ini memungkinkan karyawan untuk bisa belajar dari seorang pemimpin yang baik dan akhirnya menginspirasi karyawan untuk menjadi pemimpin yang sama baiknya dengan dirinya serta akan lebih banyak pemimpin baik yang akan mucul.
    Kepemimpinan adalah kombinasi antara bakat dan kemauan untuk memperbaiki diriuntuk bisa memimpin orang banyak dengan lebih baik. Tidak ada orang yang bisa memimpin orang lain dengan sempurna dan tidak terjadi masalah sama sekali, tetapi Anda bisa mengusahakan agar menjadi seorang pemimpin yang terbaik bagi perusahaan dan organisasi.

Baca juga artike : perlukah manajer mengukur employee stisfaction

Akhir Kata
Dengan kerendahan hati dan kesabaran, seorang pemimpin akan diikuti oleh banyak karyawan yang loyal. Tentu saja pada akhirnya ini akan meningkatkan retensi karyawan. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat. Apabila membutuhkan pelatihan terkait leadership, managerial skill, Supervisory management dan training penjualan silahkan kontak kami di SINI. Atau informasi untuk referensi Pelatihan dalam bentuk Video Class Training, silahkan klik di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s