3 BENCHMARKING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA RANTAI PASOKAN

Jika Anda belum pernah melakukan latihan benchmarking (pembandingan) sebelumnya, baca terus. Anda akan belajar bagaimana Anda dapat secara signifikan meningkatkan kinerja rantai pasokan Anda dan dalam prosesnya mengidentifikasi berbagai peluang penghematan biaya Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya apa manfaat benchmarking. Ini persis sama dalam bisnis. Jika, misalnya, Anda khawatir tentang tingkat pengambilan di gudang Anda, atau biaya transportasi Anda, atau keakuratan inventaris Anda, benchmarking dapat membantu Anda karena dapat menunjukkan dengan tepat di mana kinerja Anda dibandingkan dengan orang lain di industri Anda. Jika Anda belum pernah mencoba melakukan benchmarking, ada tiga cara untuk melakukannya.

  1. Tolok Ukur Informal
    Latihan ini akan melibatkan Anda mengukur fungsi atau aspek tertentu dari bisnis Anda dan membandingkannya dengan bagian lain dari bisnis Anda. Misalkan Anda memiliki gudang yang beroperasi di satu kota dan kota lain yang beroperasi di kota lain. Anda mungkin mulai mengukur metrik yang sama dan melihat mana yang berkinerja lebih baik.

Anda mungkin berbagi informasi tentang prosesnya. Jadi, jika gudang B memiliki tingkat pengambilan yang lebih baik daripada gudang A, Anda akan bertanya: ‘Apa yang Anda lakukan secara berbeda untuk mencapai hasil tersebut?’

Anda mungkin mengenal orang lain di industri yang juga mengoperasikan gudang sehingga Anda mungkin setuju untuk berbagi beberapa data dengan mereka.
Ini mungkin cara termudah untuk memulai, tetapi ada beberapa kelemahan:
• Anda hanya mengukur ukuran sampel yang sangat kecil. Jika Anda semua di kolam tidak begitu baik, bagaimana Anda tahu apa yang bagus?
• Anda harus memastikan bahwa bisnisnya serupa dan Anda mengukur berbagai hal dengan cara yang persis sama. Sangat penting dalam melakukan tolok ukur untuk memiliki cara standar dalam menerapkan metrik.

  1. Pembandingan Formal
    Ini bisa berhasil untuk bisnis yang jauh lebih besar. Mungkin Anda beroperasi di banyak negara berbeda. Anda dapat menyetujui struktur formal tentang bagaimana Anda akan mengukur kinerja. Anda dapat melakukan benchmark bulanan atau kuartalan dengan semua bagian organisasi internasional Anda. Anda dapat belajar dari satu sama lain dan berbagi praktik terbaik.
    Metode ini tidak apa-apa, tetapi Anda tidak mendapatkan akses ke kumpulan hasil yang sangat besar untuk mengukur diri Anda sendiri. Anda akan menemukan bahwa perusahaan sangat enggan memberikan data benchmarking. Anda mungkin juga beroperasi di lingkungan dengan kinerja yang cukup rendah di seluruh bisnis.
  2. Sewa Perusahaan Tolok Ukur Profesional
    Ini adalah cara terbaik untuk melakukannya, meskipun tidak banyak firma benchmarking profesional seperti yang kami miliki. Jika Anda berhasil menemukannya, Anda akan segera menyadari bahwa ada manfaat signifikan yang bisa didapat dengan membawa para profesional:

Baca juga artikel : Jawaban mengapa manajemen gudang menjadi faktor penting dalam operasional perusahaan

Metrik disatukan dengan cara yang persis sama: Saat kami melakukan latihan pembandingan untuk klien konsultasi kami, kami melalui proses pengumpulan data yang sangat kuat dan kemudian memastikan semua biaya, misalnya, berada dalam kelompok yang sama dengan orang lain dalam database.

Anda mendapatkan akses ke banyak hasil: Para profesional telah mengukur ratusan, bahkan ribuan, perusahaan. Ini memungkinkan Anda untuk mengatakan, ‘Perusahaan kami adalah ukuran ini, beroperasi dalam industri ini, ini adalah karakteristik rantai pasokan kami, siapa lagi di kumpulan hasil itu yang seperti kami? Kami ingin diukur terhadap mereka. ” Tidak ada gunanya mengukur kinerja pengecer bahan makanan, misalnya, terhadap pemasok produk industri. Mereka memiliki rantai pasokan yang berbeda. Anda perlu mengukur suka dengan suka.

Hasil yang Anda peroleh akan valid secara statistik: Ini sangat penting. Anda ingin tahu bahwa hasilnya benar. Jika perusahaan profesional mengatakan hasil Anda berada di level B padahal seharusnya di Level A, Anda tahu itu perbandingan yang valid.
Mereka juga akan mengidentifikasi level terbaik di kelasnya, level rata-rata, dan level paritas di bawah, jadi Anda akan tahu persis di mana Anda berdiri. Mereka juga akan mengukur seberapa besar keuntungan yang akan didapat jika Anda membidik tingkat yang lebih tinggi.

Jika Anda belum pernah mencoba latihan benchmarking, mengapa tidak mencobanya, setidaknya di tingkat informal? Begitu Anda mulai mengukur metrik dan membandingkan diri Anda dengan orang lain, Anda akan mendapatkan beberapa pembuka mata yang nyata tentang bagaimana Anda dapat melakukan jauh lebih baik. Jika Anda masih memiliki keraguan dan membutuhkan bantuan, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s