5 LANGKAH TERATAS UNTUK STRATEGI OMNICHANNEL YANG SUKSES

Anda akan melihat omnichannel didefinisikan dengan berbagai cara. Misalnya: “Multisaluran yang memungkinkan pelanggan Anda mengakses merek Anda dari perangkat apa pun, kapan pun.” “Kemampuan beralih antar perangkat selama transaksi berlangsung.” “Omnichannel adalah integrasi yang mulus antara online dan offline.” Ya semua ini benar.
Omnichannel adalah pendekatan pertama dan terpenting untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda, atau lebih tepatnya, pendekatan tentang bagaimana pelanggan berinteraksi dengan Anda.
Ini adalah metodologi bisnis yang digerakkan oleh teknologi, tetapi ini bukanlah teknologi itu sendiri. Anda tidak dapat “menginstal” atau “membeli” omnichannel. Ini adalah cara berpikir yang mungkin akan mengubah cara seluruh bisnis Anda beroperasi.

Omnichannel berupaya mendamaikan dua masalah yang saling bertentangan:
• Pelanggan sebenarnya suka pergi ke toko …tetapi bisa membuat frustasi jika barang yang mereka inginkan tidak tersedia atau mereka harus mengantri untuk melakukan pembayaran.
• Online menawarkan rangkaian produk yang lebih luas dan tidak mengharuskan pelanggan untuk pergi ke mana pun secara fisik …tetapi sering kali tidak bersifat pribadi dan dapat membuat frustrasi ketika mereka harus menunggu barang mereka tiba atau ketika barang tidak seperti yang mereka harapkan.

Cara terbaik, atau lebih tepatnya, satu-satunya cara untuk memikirkan omnichannel adalah dari perspektif pelanggan. Pelanggan Anda mengharapkan pengalaman yang dipersonalisasi di setiap saluran dan titik kontak. Konsumen saat ini tidak hanya menginginkan produk berkualitas, mereka menginginkannya dengan cepat dan dapat memperoleh informasi tentangnya dengan cepat. Mereka ingin membuka situs web Anda dan dapat mencari produk dengan mudah, membandingkan harga, melihat rekomendasi pribadi.
Di antara kelebihan informasi ini, konten yang dipersonalisasi berhasil menarik minat konsumen. Karenanya, personalisasi harus dimiliki untuk bisnis saat ini.
Dan di sinilah Artificial Intelligence (AI) berperan. Sebuah Perangkat lunak personalisasi eCommerce bertenaga AI yang memungkinkan Anda untuk ‘mempelajari’ apa yang diinginkan pelanggan dan memungkinkan personalisasi dalam skala besar, sehingga pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan lebih cepat, lebih puas dengan pengalaman, dan bisnis melihat rasio konversi yang lebih tinggi.
Dengan bantuan AI, Anda dapat menunjukkan kepada pelanggan Anda produk dengan karakteristik tertentu – produk yang kemungkinan besar ingin mereka beli. Pada saat yang sama, Anda menyembunyikan produk yang cenderung tidak mereka minati.

Bagaimana Anda Membuat Strategi Omnichannel yang Luar Biasa?
Mengubah strategi saluran tunggal Anda, dari hanya web atau hanya toko, menjadi pengalaman multichannel atau bahkan omnichannel membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan sumber daya. Tapi itu tidak akan sia-sia. Berikut adalah 5 langkah untuk memulai strategi saluran omnichannel yang berhasil untuk merek Anda:

  1. Kenali pelanggan Anda: Jangan berasumsi. Teliti minat, perilaku, dan kebutuhan audiens target Anda. Ajukan pertanyaan kepada mereka, undang umpan balik pelanggan dan manfaatkan media sosial dan alat mendengarkan sosial.
  2. Pilih saluran yang tepat: Cari tahu di mana pelanggan Anda dan apa yang mereka lakukan.
  3. Pilih tujuan yang jelas per saluran: Satu saluran terutama untuk interaksi, saluran lainnya untuk pembaruan berita dan sebagainya.
  4. Hubungkan semua saluran:Ini adalah bagian yang sulit dan hanya berfungsi jika Anda menjalankannya dengan sempurna (khusus omnichannel). Anda akan membutuhkan teknologi yang tepat untuk mengikuti pelanggan Anda di semua titik kontak: dari membaca ulasan di situs web Anda, melihat iklan sosial, window shopping di pasar online hingga akhirnya membeli di toko fisik Anda.
  5. Pertahankan saluran Anda: Tidak ada waktu untuk bersandar, terus menguji dan meningkatkan strategi Anda. Dokumentasikan poin kontak ini dengan baik untuk melayani pelanggan Anda dengan sebaik-baiknya. Dengan cara ini, Anda akan menciptakan pelanggan setia yang terus kembali lagi.

Mengikuti dunia perdagangan yang terus berubah tidaklah mudah. Saat ini, semakin banyak merek yang menjajaki manfaat omnichannel. Beralih dari perdagangan saluran tunggal atau multisaluran ke perdagangan omnichannel membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Tapi itu semua akan sia-sia. Ringkasan singkat tentang perbedaan antara perdagangan saluran tunggal, multichannel, dan omnichannel:
• Perdagangan saluran tunggal menjual melalui satu saluran penjualan, misalnya sebagai bisnis hanya toko atau hanya web
• Perdagangan multichannel beroperasi di banyak saluran, baik online maupun offline
• Perdagangan multisaluran menghubungkan titik-titik di antara semua saluran, menawarkan pelanggan pengalaman tanpa batas di semua platform.
Apakah bisnis Anda siap diperkenalkan ke perdagangan omnichannel? Siap atau tidak, setelah membaca postingan blog ini Anda bisa merasa percaya diri untuk menggunakan strategi omnichannel untuk bisnis Anda. Dan saat Anda mengalami kebingungan atau ingin mengetahui secara detil bagaimana seharusnya praktik terbaik dalam omnichannel, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s