3 LANGKAH TEPAT DALAM OPTIMASI DOK PEMUATAN GUDANG

Dok pemuatan gudang dapat secara signifikan memengaruhi produktivitas dan efisiensi operasi Anda. Misalnya, pembongkaran yang lambat dapat menjadi penghambat berapa banyak barang yang ditangani dalam proses selanjutnya, sementara pemuatan yang lambat dapat menyebabkan melimpahnya barang di area persiapan. Selain itu, dok pemuatan penuh dengan potensi bahaya, sehingga prosedur keselamatan yang tepat harus tersedia.
Untuk membantu Anda menghindari skenario di atas, kami mencantumkan empat praktik terbaik untuk mengoptimalkan operasi dok pemuatan Anda serta meningkatkan produktivitas dan keselamatan gudang. Tapi pertama-tama, apa itu dok pemuatan gudang?
Dermaga bongkar muat gudang adalah pintu masuk atau keluar untuk barang-barang yang sedang dimuat atau dibongkar dari truk dan van. Ini adalah salah satu area gudang yang paling penting untuk tetap efisien, karena mengelola arus masuk dan keluar barang, yang berbanding lurus dengan profitabilitas gudang.
Ketinggian dermaga pemuatan akan tergantung pada jumlah kendaraan yang paling sering ditampung per gudang, karena ketinggian truk dapat berkisar antara 30 “hingga 62”. Saat ini, tinggi dermaga yang paling umum adalah 48 “- 52”.
Truk Anda yang sering ditampung juga akan menentukan lebar dermaga pemuatan gudang Anda. Karena sebagian besar truk saat ini memiliki lebar minimal 8 ‘, dok pemuatan Anda harus dapat menampung ukuran ini. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa pintu yang lebih lebar membutuhkan lebih banyak ruang, jadi yang terbaik adalah menjaga lebar dermaga seminimal mungkin tanpa mengorbankan efisiensi. Berikut ini tip untuk mengoptimalkan operasi dok pemuatan gudang.

  1. Menerapkan Perangkat Lunak Penjadwalan Dock
    Perangkat lunak penjadwalan dok membantu meningkatkan operasi dok pemuatan Anda dengan memungkinkan operator memesan janji menggunakan sistem penjadwalan dan memungkinkan Anda mengatur operasi gudang sesuai jadwal. Selain itu, sistem ini dapat mempertimbangkan batasan pengoperasian, seperti waktu buka / tutup, komoditas yang diterima, jenis trailer yang diterima, sumber daya tenaga kerja, peralatan, dan banyak lagi.
    Memiliki pandangan jauh ke depan dalam operasi dok pemuatan harian Anda dapat memungkinkan Anda mengalokasikan jumlah jam kerja yang tepat untuk mengakomodasi kargo yang masuk atau keluar secara efisien. Ini memungkinkan Anda untuk mengabaikan atau mengurangi alokasi sumber daya manusia. Selain itu, karena biaya tenaga kerja dapat mengambil 50-70% dari anggaran gudang, merupakan bagian integral yang digunakan dengan paling efisien.
  2. Memanfaatkan Peralatan yang Tepat
    Selain memiliki jumlah sumber daya tenaga kerja yang tepat, berinvestasi pada peralatan yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan keselamatan dok pemuatan gudang. Beberapa peralatan yang kami rekomendasikan untuk digunakan adalah:
    • Pembatasan Kendaraan. Peralatan ini memiliki pelindung benturan belakang trailer untuk mengamankannya dari creep kendaraan atau keberangkatan yang tidak terjadwal. Ini mencegah forklift jatuh, yang merupakan salah satu jenis kecelakaan paling berbahaya yang terjadi di dermaga pemuatan gudang. Pembatas kendaraan lebih disukai daripada ganjalan roda karena lebih aman dan tidak ditempatkan secara manual seperti ganjal, yang rentan terhadap aplikasi yang salah dan kesalahan manusia.
    • Penyamaratakan Dok Hidraulik. Perata dermaga adalah peralatan yang digunakan untuk mengakomodasi ketinggian lantai trailer yang berbeda. Penyamaratakan dok hidraulik, khususnya, lebih disarankan karena beroperasi dengan menekan tombol dan tidak mengharuskan pekerja membungkuk dalam posisi canggung yang rentan terhadap cedera – seperti penyamaratakan mekanis.
    • Konveyor. Konveyor adalah peralatan penanganan material yang memfasilitasi pengangkutan kargo dari satu tempat ke tempat lain. Untuk operasi dok pemuatan, konveyor memudahkan pergerakan kargo dari truk ke area staging, sangat meningkatkan efisiensi dan keamanan gudang karena lebih sedikit campur tangan manusia.
  3. Ventilasi & Kipas yang Tepat
    Dok pemuatan melibatkan penggunaan mesin dan kendaraan yang menghasilkan asap berbahaya bagi pekerja. Tanpa ventilasi yang baik, pekerja dapat menghirup bahan kimia berbahaya dan menghadapi potensi risiko kesehatan, yang dapat merugikan perusahaan Anda dalam jumlah besar.
    Selain asap, operasi dermaga pemuatan gudang melibatkan bongkar muat kargo ke dan dari trailer panas. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidaknyamanan, yang dapat menurunkan produktivitas atau lebih buruk lagi, menyebabkan kecelakaan.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila membutuhkan informasi terkait artikel di atas seperti warehouse manajemen sistem dan training mengenai accurasi stok, dan training kecepatan menghitung produk di Gudang silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s