APA PERAN INVENTORY MANAGEMENT DALAM KESUKSESAN SEBUAH BISNIS RITEL?

Mengelola persediaan adalah salah satu aspek terpenting dalam dunia ritel. Otomasi yang dapat meringankan sektor ritel, baik online maupun offline. Di samping otomatisasi, beberapa teknik berikut ini dapat membantu Anda sebagai pelaku bisnis ritel untuk mengelola persediaan Anda dengan lebih baik.

Perhitungan dan Pelacakan Akurat
Perhitungan yang tidak akurat menyebabkan cara yang salah dalam mengelola persediaan. Saat membuat proyeksi, jangan hanya mempertimbangkan seberapa banyak Anda dapat memasukkan fasilitas. Pertimbangkan berapa banyak Anda telah menjual di bulan sebelumnya. Jika Anda telah menjual 50 barang dagangan (memberi atau menerima beberapa) setiap bulan selama beberapa bulan terakhir, proyeksikan angka mendekati 50. Kesalahan sangat umum terjadi selama pemenuhan pesanan. Gunakan pemindai kode batang dan pertukaran data elektronik (EDI) agar tidak terjadi satu kesalahan pun. Ingat, menghabiskan terlalu banyak untuk manajemen persediaan dapat mengurangi margin keuntungan Anda jika metode penghitungan dan pelacakan Anda cacat.

Bedakan Pengelompokan Antar Item
Beberapa item laris sementara beberapa lainnya lambat bergerak. Sebagai pengecer, Anda perlu membedakannya dan menyesuaikan kembali strategi manajemen persediaan Anda. Misalnya, barang yang bergerak cepat kemungkinan besar akan kehabisan stok. Karenanya, pengadaan dan ketersediaannya menjadi prioritas utama. Ingatlah hal itu ketika Anda menyusun strategi alokasi ruang untuk persediaan Anda.
Barang yang bergerak lambat menempati rak untuk jangka waktu yang lama. Produk semacam itu sering menghabiskan ruang, karena itu pasokan barang yang bergerak cepat gagal memenuhi permintaan. Bisnis besar menggunakan solusi perangkat lunak yang mahal yang dapat mengetahui berapa banyak kerugian yang dibuat pengecer karena produk yang bergerak lambat ini. Bisnis kecil, di sisi lain, harus menginstruksikan pemasok untuk mengirimkan barang yang baru diproduksi.

Tetapkan Prioritas Anda
Tidak semua item sama pentingnya. Beberapa item lebih penting daripada item lainnya – termasuk yang terlaris dan pilihan teratas musiman yang akan datang. Sebagai aturan praktis, 80% permintaan konsumen dihasilkan oleh 20% dari semua item. Tinjau terus-menerus posisi persediaan barang-barang tersebut karena ini adalah prioritas Anda.
Para ahli percaya, di antara 80% item persediaan lainnya, 30% merupakan 10% pilihan pelanggan. Persediaan barang-barang ini harus menjadi prioritas berikutnya bagi pengecer. Barang yang bergerak paling lambat memenuhi 10% permintaan konsumen lainnya. Oleh karena itu, item tersebut harus berada di akhir daftar periksa prioritas.
Sebagian besar pengecer menggunakan solusi otomatis yang membantu mereka dalam beberapa cara. Selain itu, otomatisasi dapat membuat penghitungan fisik persediaan menjadi sangat mudah. Pengecer pintar melakukan pelacakan manual menggunakan spreadsheet. Saya menyarankan mereka untuk menggunakan Google Spreadsheet karena ini cloud. Ada perangkat lunak seperti Sage 50, Peachtree, Quickbook, dll yang dilengkapi dengan solusi spreadsheet dan akuntansi.

Proses Order Cepat
Pemrosesan pesanan yang lambat dapat mengacaukan manajemen persediaan. Instal sistem manajemen pesanan mutakhir untuk memantau segala sesuatu yang terkait dengan pemrosesan pesanan, mulai dari penempatan pesanan hingga pengiriman barang ke alamat jalan pelanggan yang tepat. Manfaat dari pemrosesan pesanan yang cepat adalah menghilangkan kebutuhan untuk mengirim barang kembali ke gudang. Selain itu, itu membuat pengecer tetap memposting tentang status persediaan mereka saat ini. Ada metode yang telah terbukti untuk membuat pemrosesan pesanan efektif – memainkan perantara antara produsen dan konsumen.
Ini disebut pengiriman drop dan sangat populer di kalangan pelanggan. Dalam kasus pengiriman drop, toko ritel membeli produk dari pihak ketiga dan mengirimkannya ke konsumen. Untuk perusahaan e-niaga dan gerai ritel kecil, kehabisan persediaan atau opsi penyimpanan, pengiriman drop sangat berguna. Berikut adalah sepuluh perusahaan pengiriman drop.

Bertujuan untuk Optimasi Stok
Pengoptimalan stok memastikan kontrol persediaan yang efisien. Teknik yang menjamin pengoptimalan saham meliputi:
• Audit persediaan dan anggaran
• Rasio perputaran persediaan
• Sistem persediaan otomatis
• Kebijakan stok yang diperbarui

Anggaran persediaan harus inklusif. Ini harus menutupi semua jenis biaya. Total biaya pada akhirnya harus menggabungkan biaya logistik, biaya redistribusi, operasi dan pengangkutan. Rasio perputaran persediaan agak rumit. Semakin tinggi rasionya, semakin tinggi volume penjualan. Sistem persediaan otomatis mudah dipasang karena ERP dan WMS.
Adapun kebijakan stok, pengecer harus memperbaruinya setiap tahun. Merevisi tingkat stok minimum dan maksimum dapat membantu mereka memenuhi permintaan konsumen yang terus berubah. Penataan ulang dan tingkat stok pengaman juga perlu direvisi setiap tahun.

Fitur Perangkat Lunak yang Tepat
Ratusan perangkat lunak manajemen persediaan tersedia di luar sana. Memilih salah satu tidak mudah sama sekali. Itulah mengapa pengecer perlu membidik fitur selektif – fitur yang dapat membantu mereka mengoptimalkan stok dan mengelola persediaan mereka dengan lebih baik.
Berikut adalah fitur yang harus disertakan oleh perangkat lunak manajemen persediaan mutakhir:

• Penjualan multi-saluran: Yang ini penting. Pelanggan mengakses situs ritel online dari beberapa jenis perangkat. Perangkat lunak harus mengakomodasi mereka.
• Pengurangan aliran kertas: Yang ini juga penting. Mengurangi aliran kertas adalah preseden dalam meningkatkan produktivitas gudang.
• Konsolidasi operasi: Mengelola semuanya termasuk integrasi pengiriman, manajemen pesanan, dan pengoptimalan persediaan dari dasbor unik memberdayakan pengecer.
• Penjadwalan: Menjadwalkan tugas berulang seperti penghitungan fisik dapat berguna. Perangkat lunak tingkat lanjut hadir dengan fitur ini.
Tidak mungkin meremehkan pentingnya otomatisasi di bidang ritel. Buatlah pilihan berdasarkan informasi, pilih perangkat lunak dengan fungsi tersebut.

Di masa kini bisnis ritel dengan cepat berubah menjadi virtual dari fisik. Dengan itu, kebutuhan akan manajemen persediaan yang lebih baik akan semakin diperlukan. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal inventory management atau berbagai kebutuhan atau strategi pengembangan toko ritel modern, termasuk rak display dan rak gudang. Silahkan Anda hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900. Klik : http://klikwa.net/groedu.limardi. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s