TIPS MEMBANGUN RANTAI PASOKAN SAAT TERJADI DISRUPSI GLOBAL

Industri ini telah lama berbicara tentang bagaimana rantai pasokan terhubung dan beroperasi bersama-sama, tetapi kami melihat lebih dekat saat elemen rusak, penundaan terus berlanjut. Banyak yang menyadari bahwa mereka tidak memiliki kombinasi yang tepat antara kemampuan dan perencanaan untuk mengatasi saat-saat ketika metodologi rantai pasokan yang ramping menciptakan risiko.
Para pemimpin akan segera menyusun rencana aksi berdasarkan analisis situasi dan skenario uji skala besar terkait bencana ini dan lainnya. Melakukannya dengan benar hadir dengan elemen inti, dan sebagian besar diskusi berfokus pada diversifikasi mitra dan lokasi fisik. Melihat lebih dari itu, kami melihat beberapa elemen struktural untuk rantai pasokan yang dapat mendukung ketahanan dalam waktu dekat dan seiring pertumbuhannya.

BERINVESTASILAH DALAM KOLABORASI
COVID-19 menyoroti bahwa banyak rantai pasokan global beroperasi sebagai rangkaian rantai kecil yang terhubung di berbagai titik. Data tertutup berarti sebagian besar dapat melihat ke hulu, hanya satu atau dua tingkatan. Semua orang berharap semuanya berjalan lancar.
Ketika ekspektasi dilanggar, kami menemukan bahwa keputusan dan masalah rantai pasokan di banyak tingkatan di atas memiliki efek majemuk yang menyebabkan penundaan hilir. Karena penundaan ini memengaruhi pesanan dan permintaan, riak bergerak ke arah lain dan merugikan kembali melalui produksi dan pemasok bahan mentah. Perusahaan yang menghindari ini memiliki rantai pasokan yang telah berbagi data dan berkolaborasi dalam informasi dan peringatan untuk memahami perubahan pada titik dan momen tertentu.
Ketahanan menuntut data real-time. Merek global harus mulai berinvestasi dalam AI rantai pasokan dan pembelajaran mesin yang mencari celah dalam informasi dan pola pergeseran – dari produksi hingga belanja konsumen – untuk mengidentifikasi kemacetan serta gangguan. Menjadi mitra yang memberikan informasi dan menyoroti masalah sejak dini menjadikan Anda sekutu yang kuat dalam menanggapi kekhawatiran. Ini melindungi bisnis Anda dan mitra Anda, membuat mereka lebih cenderung mengutamakan kepentingan Anda ketika ada dorongan.
Solusi perkiraan yang mencakup model virtual dan representasi rantai pasokan Anda dapat membantu Anda memahami skenario dan menguji respons sedekat mungkin secara real-time, sehingga Anda memiliki kesempatan terbaik untuk melakukan panggilan yang tepat.

AMANKAN PERGUDANGAN SEJAK DINI
Terus terang, COVID-19 menggoyahkan pasokan dan permintaan. Kami telah melihatnya di seluruh komoditas, produk, sektor, dan lokalitas. Salah satu dampak yang lebih signifikan telah memperkuat sektor gudang karena perusahaan memperjuangkan ruang dan kemitraan, bahkan jika mereka tidak bisa serta merta memindahkan makanan mereka.
Lonjakan dalam e-commerce dan tren pra-COVID lainnya telah menempatkan pergudangan pada posisi yang lebih kuat daripada titik lainnya dalam ingatan baru-baru ini. Permintaan naik secara signifikan dibandingkan beberapa tahun terakhir, dan real estat logistik secara keseluruhan hanya berpindah tangan dengan harga yang sangat tinggi.
Kebutuhan akan inventaris darurat dan kapabilitas pemenuhan omnichannel kemungkinan besar akan menjaga gudang kapasitas crunch sebagai pokok dari ruang pergudangan sampai konstruksi terkait logistik menyusul, yang mungkin memerlukan penguatan ekonomi yang lebih luas.

MELAKUKAN OTOMASI
Kesalahan terkait data diperparah dalam rantai pasokan global. Perusahaan harus berinvestasi dalam sebanyak mungkin metode untuk menghilangkan masalah ini dan pekerjaan audit. Salah satu tempat terbaik untuk memulai adalah dengan mengotomatiskan tugas manual.
Tugas manual dapat dengan cepat menghambat rantai pasokan dan memperlambat pergerakan informasi dan pesanan. Mengonversi satuan dan pengukuran, mata uang, zona waktu, dan elemen lainnya membutuhkan waktu bahkan untuk para profesional berpengalaman. Kesalahan dapat terjadi dengan mudah dan sering, terutama pada saat stres tinggi. Mengotomatiskan entri data dan mendorong / menarik informasi antar sistem dapat membantu mengurangi kesalahan dan tenaga kerja intensif untuk operasi Anda.
Alat verifikasi dapat diotomatiskan untuk menandai ketidakkonsistenan dan memeriksa status, dari pesanan produksi dan produksi hingga pengiriman individu dan transfer dokumen. Otomatisasi gudang adalah pesaing utama karena tugas yang dapat didukungnya dan analitik yang disediakan seputar pesanan, inventaris, perubahan kebiasaan konsumen, opsi pengiriman, dan peningkatan margin.
Pandemi telah mendorong banyak konsumen untuk mengadopsi teknologi digital lebih cepat dari yang diharapkan, seperti mobile banking dan belanja e-commerce. Itu adalah pelajaran yang juga harus diperhatikan oleh para profesional rantai pasokan global.

BERSIAPLAH UNTUK PERUBAHAN OPERATOR BARU
Ketika sebagian besar rantai pasokan merencanakan perubahan pengangkut, mereka memikirkan kenaikan tarif dan biaya tambahan. Ini adalah beberapa perubahan yang paling berdampak untuk prakiraan anggaran dan pemahaman margin relatif terhadap perencanaan permintaan. Namun, gangguan global telah menyebabkan berbagai perpindahan dan perubahan operator di luar sebagian besar penilaian dan perencanaan risiko.
Masalah kapasitas, berkurangnya jalur, infeksi lokal, dan osilasi antara permintaan tinggi dan rendah telah membuat hubungan operator sulit untuk dipertahankan dan layanan mereka sulit untuk diprediksi. Selama COVID, beberapa perusahaan mengalami masalah saat memindahkan barang ke pelanggan dan fasilitas distribusi yang ada, sementara rantai pasokan lainnya sebagian besar dibiarkan begitu saja.
Semakin global rantai pasokan Anda, semakin besar kemungkinan Anda terkena dampaknya. McKinsey mencatat bahwa ini telah membawa harga dan permintaan baru yang tidak stabil di mana operator akan pindah ke lebih banyak sektor, seperti penawaran khusus e-commerce dan layanan last-mile.
Semua keputusan yang dipertimbangkan oleh operator akan memengaruhi bisnis Anda, apa pun sektornya. Operator yang mengubah target dan layanan inti mereka, mereka yang bekerja di area yang diprediksi akan kembali perlahan (pikirkan otomotif), dan perubahan dalam permintaan ekonomi skala besar akan mencapai pintu Anda. Perubahan harga, jenis layanan, ketersediaan, dan kapasitas semuanya akan terjadi. Rantai pasokan global perlu mendapatkan mitra yang andal dan memiliki tim yang secara aktif menganalisis kekuatan pasar ini untuk membantu memahami dan memprediksi dampak pendapatan.
Ketahanan dalam rantai pasokan global bergantung pada kemampuan Anda untuk menciptakan keamanan. Redundansi saat Anda membutuhkannya dan metode alternatif untuk perubahan yang dilokalkan lebih penting daripada dorongan terus-menerus untuk gesit dan ramping.
Keselamatan, baik yang datang dalam bentuk stok atau mitra Anda atau di tempat lain, harus menjadi ciri fundamental dari rantai pasokan global.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan info lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membituhkan pembimbingan dalam manajemen rantai pasok dan distributorship management silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s