TIPS MEMBANGUN WEB RITEL YANG KAYA AKAN PENJUALAN

Kami akan kembali mengatakan paa Anda, jika Anda tahu apa yang ingin Anda beli, maka e-commerce adalah teman Anda. Ini adalah cara yang paling bebas gesekan untuk membeli dan berpotensi lebih cepat.
Pikirkan kembali semua pembelian terakhir Anda, apakah itu semua adalah barang yang benar-benar Anda ingin beli? Apakah ada seorang teman yang memberi tahu Anda? Apakah Anda melihat iklan? Apakah Anda melihat sesuatu di media sosial? Apakah Anda menonton video atau film yang memberi Anda perasaan ‘harus membeli ini’?
Sebenarnya kita tidak selalu tahu apa yang ingin kita beli, dan Anda tidak bisa mencari sesuatu jika Anda tidak tahu barang itu ada. Namun, ritel digital secara inheren disiapkan untuk jenis perjalanan ini dengan filter dan kategori dan bilah pencarian yang jelas.
Toko ritel yang cerdas akan menjadikan media digital untuk memberikan pengalaman belanja online seefisien dan sebebas mungkin gesekan.
Lalu faktanya, ritel offline pun dapat mengalami tantangan yang sama. Dalam kasus grosir, banyak orang berbelanja di toko yang sama setiap hari, minggu atau bulan (tergantung kebiasaan berbelanja). Mereka terbiasa dengan toko itu dan tata letaknya. Mereka tahu dimana semuanya.


Perjalanan ke supermarket bisa menjadi fungsional. Keakraban dengan rak inilah yang menyebabkan pelanggan memperhatikan ketika sesuatu yang baru muncul. Produk baru atau kemasan berbeda menarik perhatian karena bukan itu yang Anda harapkan. Anda mungkin memiliki beranda situs web tempat Anda dapat menandai produk baru, tetapi ritel online tidak seperti toko fisik. Tidak hanya ada satu pintu masuk.
Pelanggan mungkin datang ke situs Anda dari media sosial. Mungkin dari Google atau mesin telusur lainnya. Mereka mungkin telah mengklik iklan di situs web. Mereka mungkin telah mengklik link di buletin atau email Anda. Dalam semua kasus ini, mereka cenderung mendarat di halaman atau kategori produk tertentu daripada beranda. Jadi, bagaimana ritel digital dapat menginspirasi pelanggan di mana pun mereka mendarat?

  1. Gunakan data untuk memahami perjalanan pelanggan
    Mengapa barang lokasi produk baru itu bekerja dengan baik di toko grosir? Karena pengecer memahami perjalanan pelanggan. Mereka tahu bagaimana pelanggan bergerak di sekitar toko dan bagian mana yang paling banyak dikunjungi.
    Anda dapat melakukan hal yang sama dalam ritel digital dengan menggunakan analitik untuk mengukur lalu lintas di seluruh situs, di mana pelanggan mengklik, seberapa jauh mereka menggulir, berapa lama mereka menghabiskan waktu di suatu halaman, dan sebagainya.
    Dengan demikian, Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda untuk menawarkan inspirasi di tempat yang tepat.
    Selain itu, Anda dapat menunjukkan titik lalu lintas yang dapat digunakan untuk mempromosikan item lain yang sama dengan toko fisik. Ini kemungkinan akan mencakup beberapa elemen yang sama seperti halaman keranjang dan halaman pembayaran, tetapi Anda mungkin terkejut dengan beberapa halaman yang mendapatkan banyak kunjungan.
  2. Pikirkan relevansi
    Salah satu trik ritel digital klasik adalah menyarankan hal-hal lain yang dapat dibeli pelanggan.
    Agar ini benar-benar kuat, meskipun itu harus relevan. Saran produk sering kali dapat didasarkan pada algoritme yang berarti saran tersebut tidak selalu masuk akal secara individual atau kontekstual.
    Satu keuntungan yang dimiliki ritel digital dibandingkan toko fisik adalah kemampuan untuk menggunakan kebiasaan pembelian pelanggan di masa lalu dan data pribadi lainnya untuk memberikan saran. Secara teori, setiap pelanggan dapat melihat versi berbeda dari situs web yang menempatkan produk yang paling relevan bagi mereka.
  3. Pikirkan tentang bagaimana penemuan terjadi
    Ada dua cara utama untuk menemukan sesuatu, Anda dapat menemukannya selama melakukan penelusuran atau Anda dapat menemukannya secara tidak terduga.
    Dalam kasus yang pertama, mungkin Anda memiliki gambaran kasar tentang sesuatu yang Anda cari dan selama pencarian itu Anda menemukan pasangan tertentu yang menandai semua kotak Anda. Jenis penemuan ini dapat terjadi di mesin pencari, pasar, atau situs web pengecer sendiri.
    Demikian pula, terkadang Anda tidak mencari sesuatu, tetapi Anda kebetulan menemukannya selama aktivitas normal Anda.
    Dapatkah Anda memberikan editorial yang terkait dengan produk yang Anda jual tetapi juga menginspirasi, mendidik, atau menginformasikan pelanggan? Ini memberikan cara lain bagi pelanggan untuk menemukan Anda dan produk Anda dalam kemasan konten yang bermanfaat.
  4. Jual paket
    Kemenangan cepat lainnya adalah memastikan bahwa Anda menyertakan tautan ke semua produk lain yang ditampilkan dalam gambar dan video.
    Misalnya, jika pada halaman produk untuk gaun Anda telah menunjukkan cara untuk menatanya, pastikan Anda menautkan ke semua item lain yang digunakan dalam tampilan seperti tas, aksesori, dan sepatu.
    Jangan membuat pelanggan Anda melakukan pekerjaan untuk mencari semua yang mereka butuhkan untuk menciptakan kembali tampilan tersebut. Beri mereka alat di halaman Anda. Lebih baik lagi jika Anda dapat membuat tombol ‘beli’ yang memberi mereka segalanya di satu tempat.
    Pada catatan itu, cobalah untuk memastikan bahwa Anda hanya menggunakan produk yang benar-benar Anda jual dalam citra Anda.

Berpikir tentang bagaimana pelanggan menemukan produk, memahami perjalanan pelanggan, menawarkan relevansi, menyediakan konteks, dan membuat paket dapat membantu pengecer digital untuk memasukkan lebih banyak penemuan dan inspirasi ke dalam penawaran mereka.
Bagaimanapun, Anda bisa menjadi seefisien yang Anda suka tetapi Anda tidak bisa menjual apa yang tidak diketahui pelanggan Anda.
Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas atau pendampingan dalam pendirian minimarket dan supermarket, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s