HAL DASAR DALAM MEMBANGUN SISTEM MANAJEMEN PERUSAHAAN

Sistem manajemen perusahaan adalah proses di mana anda terus mengelola fungsi perusahaan secara efektif, termasuk karyawan, layanan pelanggan, reputasi, dan aktivitas bisnis secara keseluruhan. Tanggung jawab untuk membangun sistem manajemen ini berada di pundak Anda, sebagai pemilik dan manajer. Mulailah dengan dasar-dasar membangun sistem yang kuat, dan kemudian tingkatkan sistem itu seiring dengan pertumbuhan bisnis anda. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu International (Lembaga Konsultan Manajemen usaha yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membagikan kiat dasar manajemen perusahaan yang penting bagi pertumbuhan bisnis anda.

Kembangkan dan Tulis Prosedur
Salah satu dasar pengembangan sistem manajemen adalah kebutuhan untuk menetapkan seperangkat prosedur bisnis untuk perusahaan anda, termasuk perilaku karyawan, keselamatan dan prosedur layanan pelanggan. Anda harus menuliskan prosedur ini dalam format yang dapat diakses oleh karyawan anda dan mitra bisnis tertentu. Menetapkan pedoman yang jelas untuk anda dan para pemangku kepentingan anda untuk baca dan ikuti adalah langkah kunci dalam manajemen bisnis yang tepat.

Manajemen Informasi
Elemen kunci lain dalam membangun sistem manajemen adalah penanganan dan pengeluaran informasi yang tepat di perusahaan kecil anda. Anda harus membuat sistem yang memungkinkan informasi mengalir bebas ke pelanggan, karyawan, dan pemasok anda. Misalnya, beberapa perusahaan membuat buletin online agar baik itu pelanggan, karyawan, atau pemasok dapat menerima pembaruan tentang prosedur dan berita perusahaan.

Latihan
Melatih atau mendidik diri sendiri dan karyawan anda adalah dasar lain untuk membangun sistem manajemen yang efektif. Pelatihan yang sedang berlangsung adalah kunci untuk mengelola tempat kerja secara efektif karena akan membuat anda memperbarui semua keterampilan dan pengetahuan yang anda butuhkan agar tetap kompetitif. Konsultan pelatihan bisnis Derek Stockley mengatakan bahwa pelatihan dan pengembangan menciptakan karyawan yang termotivasi dan berkinerja tinggi, yang pada gilirannya mendorong perusahaan yang dikelola dengan baik dan berkinerja tinggi.

Tinjau Ulang Sistem
Elemen kunci lain dari membangun sistem manajemen adalah proses peninjauan. Anda harus melakukan audit sistem secara teratur untuk memastikannya berjalan dengan lancar. Misalnya, penilaian kinerja karyawan secara teratur dan tepat waktu memungkinkan anda untuk memantau kemajuan pekerja anda, mengidentifikasi kelemahan dan mendorong peningkatan produktivitas. Barrie Gross, pendiri perusahaan pelatihan sumber daya manusia, mencatat bahwa menguasai proses peninjauan adalah salah satu indikator kompetensi manajer.

Demikian artikel ini, terimakasih dan semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, konsultasi bisnis, atau pendampingan bisnis startup anda. Atau melakukan desain sistem manajemen. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s