5 TIPS SUKSES UNTUK SCALE UP BISNIS

Perlu anda ingat bahwa setiap perusahaan yang besar, tentu dimulai dengan sebuah startup. Yang kemudian terus berkembang sehingga menjadi perusahaan besar. Satu per satu ide terus diterapkan dengan giat dan konsisten. Selain waktu dan pengalaman, terdapat banyak faktor lain yang mempengaruhi suksesnya sebuah perusahaan seperti pengaturan waktu, memiliki orang yang tepat, fokus, dan kerja keras yang intens. Dalam mengembangkan perusahaan anda perlu menetapkan tahapan efektif agar mendukung proses perkembangan bisnis anda dengan lancar dan tidak terhambat. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Manajemen Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas bagaimana tips atau langkah yang perlu anda siapkan untuk memulai scale up perusahaan atau bisnis anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Mengevaluasi Dan Merencanakan
Jika anda memutuskan untuk melakukan scale up binis, maka langkah pertama yang anda lakukan adalah mengamati dengan baik kondisi bisnis anda saat ini. Anda tidak akan bisa tahu apa yang harus dilakukan kecuali anda mengetahui bagaimana posisi bisnis anda saat ini. Perencanaan terbaik dimulai dari perkiraan pertumbuhan penjualan terperinci, yang dikelompokkan berdasarkan jumlah pelanggan baru, pesanan, dan pendapatan yang ingin anda peroleh. Sertakan spreadsheet yang memecah angka berdasarkan bulan. Semakin spesifik, maka semakin realistis rencana anda. Kemudian lakukan perkiraan pengeluaran yang serupa, berdasarkan penambahan teknologi, orang, infrastruktur dan sistem untuk menangani semua keperluan scale up anda. Dalam perencanaa ini akan memerlukan pemikiran dan riset yang kuat sehingga menghasilkan perkiraan biaya yang tepat.

Berinvestasi dalam Teknologi
Teknologi piranti penting dalam proses scale bisnis. Dimana saat bisnis kita berjalan dengan otomatis, jelas akan sangat mempermudah kinerja atau proses anda. Otomasi dapat membantu anda menjalankan bisnis anda dengan biaya lebih rendah dan lebih efisien dengan meminimalkan pekerjaan manual. Integrasi sistem adalah area utama untuk peningkatan di sebagian besar bisnis. Perusahaan saat yang baik tentu tidak hanya memiliki satu sistem saja, ada banyak sistem. Jika sistem itu tidak bekerja bersama-sama, maka ancanan yang terlihat adalah memperbanyak masalah komunikasi dan manajemen pertumbuhan perusahaan anda.

Miliki Staf Yang Potensial
Selanjutnya adalah sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mendukung scale up bisnis anda. Meski anda sudah memiliki rancangan dan teknologi, tetapi anda tidak memiliki SDM yang potensial untuk mengerjakannya, pada akhirnya rancangan anda akan tetap menjadi rancangan tanpa realita. Memiliki staf yang potensial akan jauh lebih efisien dalam menangani suatu fungsi daripada anda harus bekerja sendiri.

Tingkatkan Pemasaran Anda
Mungkin anda akan berpikir, bagaimana cara scale bisnis tapi tidak ada yang tahu tentang bisnis anda? Ya. Jawabnya adalah sia-sia. Bisnis anda tidak akan berkembang, dan tetap dalam level yang sama seperti saat ini. Fokuslah pada pemasaran, dan skalabilitas akan mengikuti. Gunakan berbagai jenis pemasaran yang dapat anda gunakan. Misal pemasaran konten. Pemasaran konten adalah salah satu metode pertumbuhan yang paling baik dan dapat diukur. Pemasaran konten memiliki nilai yang baik dengan adanya potensi viral dengan cepat. Ini akan menjadikannya metode retas pertumbuhan bagi sebagian besar pemula. Selain itu anda juga bisa mensinergikan pemasaran konten anda dengan seluruh media sosial yang anda miliki, seperti Instagram, facebook, twitter, Youtube dan banyak lagi lainnya.

Layanan Terbaik Untuk Pelanggan Anda
Meskipun mendapat pelanggan baru adalah hal penting dalam bisnis anda, namun anda juga tetap harus fokus pada pelanggan yang anda miliki saat ini. Perlu anda yakini bahwa persepsi pelanggan dapat meningkatkan atau menghancurkan sebuah bisnis. Jika anda memberikan pengalaman, produk, dan layanan berkualitas, dan anda melakukan segala upaya untuk menyenangkan pelanggan anda, maka mereka akan menyanyikan pujian anda dan bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan bisnis anda pada rekan mereka. Menyenangkan pelanggan anda tidak harus menjadi operasi seluruh intensif waktu anda. Anda hanya perlu beroperasi dengan cara untuk mengantisipasi kebutuhan mereka dan tetap bersama mereka di luar titik di mana mereka melakukan pembelian pertama itu.

Demikian artikel dari kami, terimakasih dan semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel di atas, strategi pemasran bisnis ritel, bimbingan membangun bisnis startup, atau panduan pembuatan SOP perusahaan, atau scale up bisnis. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s