BEBERAPA RINCIAN TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB (JOBDESK) DARI SEORANG MANAJER OPERASIONAL RESTORAN BESAR YANG MEMILIKI CABANG

Pada jenis usaha restoran yang sudah semakin berkembang dan sudah memiliki banyak cabang pada beberapa kota lain, tentunya akan selalu membutuhkan adanya sebuah pengawasan atau berupa kontrol yang lebih baik. Karena tanpa adanya pengawasan yang lebih ketat, maka supervisor yang sudah bekerja di suatu cabang restoran bisa saja melakukan segala tugas-tugasnya dengan tidak konsisten, sehingga kinerjanya akan menjadi semakin menurun. Yang mana apabila hal itu sampai terjadi dan terus-menerus berkelanjutan maka akan dapat semakin mempengaruhi tingkat stabilitas dari pekerjaannya terhadap perusahaan.

Dan itulah sebabnya mengapa kemudian terdapat adanya posisi jabatan sebagai seorang manager operasional pada kebanyakan restoran-restoran besar, yang mana juga berperan sebagai seorang pengawas terhadap bagaimana kinerja-kinerja dari para masing-masing supervisor pada setiap cabang-cabang restoran tersebut. Namun bukan hanya itu saja, seorang manajer operasional restoran juga harus mampu dalam menghandle atau menangani berbagai macam tugas-tugas lain untuk menjaga keberlangsungan hidup dari bisnis restoran tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa rincian-rincian secara garis besar tentang apa saja tugas-tugas dan tanggungjawab dari seorang manager operasional dari sebuah restoran besar:

1. Sebagai pusat utama koordinasi antara Supervisor dengan induk restoran (restoran pusat dan cabang).

Manager operasional sebagai perantara utama jalur koordinasi yang berada pada titik pusat untuk menghubungkan antara management pusat, masing-masing supervisor cabang, dan karyawan. Bukan hanya harus mengetahui tentang segala hal yang sudah terjadi pada setiap masing-masing area dari lingkungan restoran saja, namun juga berupa informasi dari pihak management restoran pusat yang kemudian akan langsng diteruskan kembali kepada setiap masing-masing surpervisor di seluruh cabang dan karyawan-karyawan dari restoran lainnya.

2. Bertugas untuk mengawasi dan melakukan pengendalian terhadap Supervisor dari setiap masing-masing cabang restoran.

Mengawasi bagaimana kinerja dari setiap masing-masing supervisor merupakan tugas utama dari seorang manager operasional restoran besar. Hal ini harus dilakukan agar mereka masih tetap konsisten dalam menjalankan segala tugas-tugas dan tanggungjawab yang sudah dibebankan oleh restoran pusat terhadap mereka. Dan manager operasional juga memiliki otoritas penuh untuk selalu melakukan pengawasan secara berkala pada setiap masing-masing supervisor restoran cabang.

3. Menyatukan setiap persepsi para Supervisor dari masing-masing cabang agar tetap selalu kompak.

Manager operasional akan terus dituntut untuk memiliki skill komunikasi yang lebih baik yang sangat berguna untuk menyatukan cara pandang dari setiap masing-masing supervisor cabang-nya. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwasanya seorang supervisor pada setiap masing-masing cabang memiliki persepsi dan statement yang berbeda-beda, baik tentang hal-hal lain yang lebih bersifat teknis maupun untuk yang bersifat non teknis. Dalam situasi seperti ini, maka seorang manager operasional harus mampu untuk menengahi setiap masing-masing supervisor cabangnya agar bisa tetap selalu kompak dan tidak sampai terjadi perpecahan dalam lingkungan internal restoran tersebut.

4.Bertanggungjawab penuh pada semua aspek yang berhubungan dengan Customer Service.

Manager operasional restoran juga memiliki tanggungjawab untuk menangani seluruh aspek yang berhubungan dengan customer service, dalam hal ini untuk restoran adalah berbagai keluhan dari pelayanan terhadap para pelanggan restoran. Terutamanya adalah tentang bagaimana seorang staff yang berada pada posisi tersebut akan menjalankan segala tugas-tugasnya dengan baik dalam melayani para pelanggannya, khususnya ketika mereka sedang menangani berbagai macam komplain yang sudah diajukan oleh para pelanggan restoran terhadap bagaimana pelayanan yang menjadikan pelanggan mereka merasa kecewa.

Seorang manager restoran harus benar-benar memastikan bahwa customer service sudah dapat menjalankan berbagai tugas-tugasnya dengan baik. Manager operasional yang tidak bertanggungjawab, dikhawatirkan akan membawa manajemen sebuah restoran berada diambang kehancuran sedikit demi sedikit.

5. Memastikan terlaksananya sebuah program.

Seorang manager operasional sangat dituntut untuk memiliki kemampuan pengawasan, ketelitian, memiliki sifat ketegasan yang baik. Dan salah satunya adalah untuk memastikan bahwa berbagai program yang sudah diberlakukan dari pusat dapat terimplementasi dengan baik dan benar pada semua cabang-cabangnya. Bukan hanya itu saja, seorang manager operasional juga sekaligus bertugas untuk melakukan kontrol dalam mengetahui sejauh mana program dari pusat tersebut sudah terealisasikan.

5. Mampu membangkitkan kembali motivasi kerja dari setiap masing-masing supervisornya.

Meskipun tidak diharuskan, namun bagi seorang manager operasional restoran yang baik juga berkewajiban untuk bisa memberikan support dan motivasi dukungannya terhadap seluruh supervisornya agar mereka bisa meraih target yang sudah ditetapkan oleh pihak manajemen pusat. Dari sini, manager operasional akan berperan aktif sebagai seorang pendukung yang harus bisa merangkul semua supervisor dari background dan personality yang berbeda-beda.

Karena itulah, seorang manager operasional akan sangat dituntut untuk berjiwa leadership atau memiliki kemampuan kepemimpinan yang lebih tinggi, sehingga akan dapat dijadikan sebagai sebuah teladan yang terbaik oleh para supervisor dan karyawannya. Salah satu dari bentuk support yang bisa ditujukkan juga bisa dalam bentuk pujian maupun reward ketika sebuah tujuan sudah berhasil dicapai. Meskipun seperti kedengarannya sangat sepele, namun tanpa disadari, bahwa hal-hal seperti ini juga dapat memicu bangkitnya kembali semangat dari para supervisornya.

Sekarang, Anda sekalian sudah mengerti bukan, secara garis besar tentang apa saja rincian dari tugas-tugas dan tanggungjawab (jobdesk) dari seorang manajer operasional sebuah restoran besar yang memiliki banyak cabang ditempat lain. Anda membutuhkan SDM terkait pabrik, Distributor, Ritel modern dan perdagangan lainnya yang membutuhkan operasional manajer, silahkan hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu! Terima kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s