KESALAHAN-KESALAHAN FATAL YANG BISA MENYEBABKAN TERJADINYA KEGAGALAN DALAM MENJALANKAN JENIS USAHA DISTRIBUTOR

Jenis usaha distributor sudah sejak lama dijalankan oleh berbagai pihak. Apalagi jika dipandang dari sisi keuntungan, jenis usaha distributor ini memang sangat menjanjikan. Dan lagi untuk jenis usaha seperti ini terbilang sangat bermacam-macam jenisnya. Mulai dari jenis usaha distributor minuman kaleng, distributor produk-produk sembako, makanan ringan, distributor gas LPG dan masih banyak lagi jenis-jenis usaha dalam bidang distributor lainnya. Tinggal pilihannya masih berada di tangan Anda sendiri lebih cocok untuk memilih mendirikan jenis usaha distributor seperti apa dan produk jenis apa yang ingin Anda distribusikan.

Meskipun demikian, Anda juga tidak boleh begitu saja untuk menutup mata bahwa diantara para pengusaha dari jenis usaha distributor ini banyak yang sudah menjalankannya namun kemudian gagal ditengah jalan dan mengalami kebangkrutan yang sangat parah. Biasanya untuk hal seperti ini bisa terjadi karena terlalu banyaknya kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan oleh pemiliknya. Mereka tidak segera mencari solusi yang tepat untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tentang apa saja kesalahan-kesalahan yang biasanya paling banyak dilakukan oleh para pemilik usaha distributor ini agar tidak sampai terjadi kembali pada usaha distributor milik Anda.

Dan berikut ini adalah beberapa kesalahan-kesalahan yang menjadi penyebab utama mengapa sebuah usaha distributor banyak yang mngalami kegagalan (kebangkrutan total).

1. Kurang bahkan sama sekali tidak menghargai pelanggan.

Kesalahan pertama ini adalah yang biasanya paling banyak dilakukan oleh beberapa distributor, yaitu kurang bahkan sama sekali tidak menghargai para pelanggan-pelanggannya. Biasanya hal bisa ini terjadi karena distributor mendapatkan pesanan barang dalam jumlah yang terlalu sedikit dari para pelanggannya, karena untuk jenis karakter pelanggan yang senang untuk mencoba-coba dengan melakukan pembelian pertamakali dalam jumlah yang lebih sedikit dahulu, jika bagi mereka barang tersebut cukup memuaskan, maka mereka tidak akan merasa segan-segan lagi untuk membeli dalam jumlah yang jauh lebih besar lagi. Namun apabila seorang pelanggan ketika pertamakali sudah membeli dalam jumlah yang sedikit namun malah mendapatkan kesan yang buruk karena alasan pesanan yang terlalu sedikit.

Maka mereka akan merasa kapok untuk kembali membeli, apalagi jika untuk membeli dalam jumlah yang lebih besar lagi, jika kesan awalnya saja sudah sangat buruk bagi mereka. maka akan menjadi semakin berdampak buruk bagi para distributor yang sekedar melayani dengan asal-asalahan dan tentunya tidak mungkin bisa memuaskan para pelanggannya.

Hal inilah yang kemudian menjadi kepercayaan tertinggi dari para pelanggan, ketika sudah menghilang maka mereka akan merasa enggan untuk kembali menggunakan produk dari Anda lagi. Meskipun seperti terdengar sangat sepele namun akan berdampak sangat besar bagi kelangsungan usaha distributor milik Anda. Karena, jika satu pelanggan sudah merasa kecewa, maka juga bisa berdampak lebih buruk lagi bagi pelanggan-pelanggan yang lainnya. Mereka juga akan menjadi semakin menjauh dari Anda dan berusaha untuk mencari distributor-distributor lain yang lebih bisa untuk menghargai mereka. Hal ini tentu saja akan semakin menurunkan pendapatan dan bisa menyebabkan terjadinya kebangkrutan pada usaha distributor Anda.

2. Kurang, bahkan sama sekali tidak peka dengan kebutuhan pelanggan.

Menekuni jenis usaha seperti distributor ini tentunya sangat penting untuk selalu mengutamakan kepentingan dan kebutuhan dari para pelanggannya. Karena dari pelanggan inilah sebagai nyawa utama dari roda perputaran usaha distributor milik Anda. namun sayangnya, masih banyak diantara para pengusaha distributor yang sering meremehkan tahap kedua ini.

Kesalahan yang paling fatal lain adalah mereka kurang, bahkan sama sekali tidak peka terhadap apa saja kebutuhan pelanggan. Hal seperti inilah yang kemudian menjadikan pelanggan seperti merasa tidak lagi diperhatikan oleh Anda. jika hal seperti ini sudah terjadi, maka jangan lagi mempertanyakan mengapa usaha distributor yang selama ini sudah Anda jalankan malah semakin merugi karena menurunnya omset penjualan. Karena, jika seorang pengusaha distributor sudah tidak lagi peka terhadap apa saja yang menjadi kebutuhan pelanggan, maka segala upaya untuk adanya peningkatan dan inovasi juga sudah tidak mungkin lagi untuk dilakukan dan para pelanggan pastinya akan semakin menjauh dan lebih memilih untuk berpindah kepada distributor lain yang lebih bisa memahami apa saja kebutuhan mereka.

3. Terlalu lemahnya sistem kontrol terhadap manajemen distributor tersebut.

Bagi sebagian orang sudah menjalankan usaha distributor ini sambil tetap memiliki pekerjaan sampingan lain dan tidak dapat membagi waktunya untuk mengurus dua hal sekaligus dan semakin kehilangan kemampuan fokusnya tentunya hal semacam akan menjadi masalah besar dikemudian hari bagi usaha distributor Anda.

Karena tidak semua orang mampu membagi waktu mereka pada dua hal sekaligus. Hal itulah yang kemudian menjadikan mereka tidak memiliki control yang lebih kuat terhadap manajemennya. Dengan terlalu lemahnya sistem kontrol dari usaha distributor ini, maka tidak akan bisa berjalankan dengan sebagaimana mestinya dan ujung-ujungnya yang akan terjadi adalah kegagalan dalam menjalankan usaha distributor tersebut.

Semoga dari beberapa point-point penting tentang apa saja kesalahan-kesalahan fatal yang bisa menyebabkan terjadinya kegagalan dalam menjalankan jenis usaha distributor yang sudah dijelaskan seperti di atas bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian agar Anda yang sudah memiliki usaha distributor ini tidak sampai mengulangi lagi kesalahan yang sama seperti diatas. Apabila Anda merasa bahwa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang yang mengetahuinya, maka jangan pernah ragu lagi untuk men-sharenya kepada teman-teman, rekan-rekan atau keluarga Anda. Karena berbagi ilmu itu tentunya tidak menjadikan Anda semakin rugi. Anda membutuhkan informasi mengenai artikel di atas lebih lanjut, dan membutuhkan manajemen Distributor yang tersistematis, mulai dari SOP finance dan accounting, SOP penjualan, SOP logitistik dan Gudang, sampai pelatihan distributorship manajemen dan Software pendukung distribusi. Silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252982900. Kami siap membantu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s