STRATEGI UNTUK MEMPERMUDAH MANAJEMEN (PENGELOLAAN) AGAR BISA SUKSES DALAM MENJALANKAN BISNIS RITEL MODERN

Untuk saat ini sudah sangat banyak sekali berbagai macam jenis dari bisnis ritel modern yang sudah semakin menggurita hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Hal itu ternyata bukannya tanpa alasan, karena bisa dibilang untuk jenis bisnis ritel modern seperti ini memang sangat menjanjikan keuntungan yang berlipat-lipat ganda.

Apalagi jika dapat dikelola dengan baik, maka bisnis tersebut bisa menjadi semakin lebih besar dan akan bisa berkesempatan untuk membuka cabang baru dikota-kota lainnya. Meskipun demikian, untuk bisa mengelola sebuah bisnis ritel modern sampai bisa sukses memang bukanlah perkara yang mudah, tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Apalagi bagi mereka yang terhitung masih berstatus sebagai peritel modern mandiri pemula dalam bidang seperti ini. Harus bekerja dengan lebih keras lagi dan tidak pernah berhenti untuk belajar tentang hal-hal baru seputar bagaimana dalam menjalankan sebuah bisnis ritel modern ini.

Namun Anda juga tidak boleh terlalu khawatir, karena berikut ini merupakan beberapa strategi tentang bagaimana agar bisa lebih mempermudah dan bisa sukses dalam pengelolaan bisnis ritel modern.

1. Memperhatikan pencatatan setiap transaksi penjualannya.

Jika bisnis ritel modern Anda ingin tetap terus berkembang, maka pencatatan transaksi penjualan harus lebih Anda perhatikan, berikan perhatian khusus tentang hal ini. Karena dengan selalu melakukan pencatatan transaksi penjualan, maka Anda akan bisa lebih mudah dalam mengecek antara pendapatan yang sudah masuk dengan stok barang yang masih ada digudang. Dengan cara melakukan hal ini juga, Maka Anda akan bisa mengetahui bagaimana progres selanjutnya dari bisnis ritel yang sedang Anda jalankan saat ini. Apakah progres tersebut semakin positif atau malah sebaliknya malah semakin menurun? Setelah mengetahui bagaimana progress yang dimiliki, maka Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengambil keputusan penting berikutnya.

2. Memberikan kode-kode khusus pada setiap barang-barang penjualan.

Strategi selanjutnya yang paling sederhana dan bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan setiap masing-masing barang penjualan kode-kode khusus berdasarkan jenis dan macam-macamnya. Karena selama ini pada beberapa kasus diantara sekian banyak orang yang membuka bisnis seperti ini merasa malas untuk melakukan hal-hal semacam ini, karena dianggap sangat merepotkan.

Padahal sebenarnya apabila cara seperti ini sudah dijalankan, maka akan sangat banyak sekali manfaatnya yang bisa Anda dapatkan. Satu manfaat utamanya adalah akan semakin mempermudah Anda dalam melayani para pelanggan dan juga semakin lebih cepat. Hal ini pastinya juga akan bisa memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi para pelanggan Anda, karena pelayanan dari Anda yang lebih cepat.

Karena dengan cara memberikan kode-kode khusus pada setiap masing-masing barang penjualan, maka akan menjadikan Anda semakin lebih tahu letak dari suatu barang dengan lebih cepat tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk mencarinya. Apalagi jika bisnis ritel modern tersebut memang memiliki kapasitas barang-barang penjualan yang sangat banyak dan juga begitu beragam. Pastinya kode khusus pada setiap masing-masing barang tersebut juga akan semakin memudahkan Anda dalam mengelola bisnis yang satu ini.

3. Meletakkan barang-barang yang dijual pada gudang khusus (tersendiri).

Manfaatkan gudang-gudang yang ada untuk membantu Anda dalam mengelola bisnis ritel modern ini. Karena gudang seperti ini akan menjadi sangat bermanfaat sebagai tempat penyimpanan dari barang-barang yang dijual. Dengan cara meletakan barang-barang dalam gudang, maka akan semakin lebih memudahkan bagi Anda untuk menyetok setiap barang-barang penjualan kembali dan juga menjadi lebih detail dalam mengetahui setiap masing-masing stok barang yang masih tersedia dan yang sudah mulai menipis serta harus segera melakukan pemesanan ulang.

4. Lebih rajin dalam melakukan proses Stok Opname barang-barang digudang Anda.

Langkah terakhir dan salah satu yang paling rawan adalah Anda harus lebih rajin dalam melakukan stok opname (setidaknya 1 bulan sekali) pada bisnis ritel modern yang Anda jalankan saat ini. Bagi yang masih belum mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan stok opname adalah berupa cara untuk menghitung jumlah barang yang masih tersedia digudang penyimpanan secara berkala (bulanan/mingguan) kemudian dibandingkan dengan persediaan yang berasal dari catatan barang persediaan. Hal itu harus rutin dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui nilai real dari setiap masing-masing barang fisik yang masih tersedia di gudang Anda dan juga untuk menjaga agar barang-barang tersebut masih tetap aman untuk beberapa waktu ke depan.

Semoga beberapa point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang bagaimana strategi untuk bisa lebih mempermudah Anda dalam pengelolaan (manajemen) dan agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis ritel modern ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan Anda sekalian.

Jika Anda memang memiliki tekad yang kuat untuk membangun bisnis ritel modern ini dan ingin mengembangkan bisnis tersebut ke arah yang jauh lebih baik lagi, serta ingn bisa terus berkembang sampai bisa membuka cabang sendiri dikota-kota lain. Apabila Anda merasa bahwa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin lebih banyak lagi orang-orang yang mengetahuinya, jangan pernah ragu untuk men-sharenya kepada rekan-rekan kerja, teman-teman dan lain sebagai. Karena berbagi ilmu itu tidak ada salahnya bukan. Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai manajemen ritel modern, atau sedang akan mendirikan toko ritel modern. Silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu. Terima kasih!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s