PENTINGNYA PENERAPAN DAN TUJUAN UTAMA DARI MANAJEMEN OPERASIONAL (MO) BAGI ORGANISASI PERUSAHAAN

Manajemen Operasional (MO) merupakan salah satu ilmu yang dapat diterapkan pada setiap jenis dari bidang usaha seperti rumah sakit, perguruan tinggi, pabrik, dan lain sebagainya, hal ini dikarenakan jenis usaha seperti yang telah disebutkan diatas akan menghasilkan produk yang bisa berupa barang maupun jasa, dan untuk kegiatan proses produksinya yang efektif serta efisien memerlukan adanya konsep, peralatan serta bagaimana cara dalam mengelola setiap operasinya. Terdapat berbagai macam hal yang bisa menjadikan alasan mengapa pentingnya mempelajari Manajemen Operasionla perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Manajemen Operasi merupakan salah satu fungsi utama yang harus ada pada semua jenis organisasi.
2. Dengan cara mempelajari Manajemen Operasional, kita akan dapat mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan bagaimana caranya memproduksi barang maupun jasa.
3. Dengan mempelajari Manajemen Operasional, maka kita akan dapat mengerti dengan benar tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh manajer operasional.
4. Karena Manajemen Operasional merupakan bagian yang termahal dalam organisasi. Hal seperti ini bisa diartikan sebagai efektifitas dan efisiensi Manajemen Operasional yang akan berdampak sangat besar bagi perusahaan. Dalam manajemen operasional yang berhubungan dengan perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa.

Pentingnya Manajemen Operasional Bagi Perusahaan

Manajemen operasional sangat penting dalam pencapaian tujuan perusahaan yaitu profit dan keberlangsungan hidup dari usaha. Hal seperti ini berhubungan dengan 3 macam unsur penting yaitu input, proses, output. Serta berpengaruh besar terhadap keefektifan dan keefesienan dari sebuah usaha. Ini semua karena manajemen operasional adalah bentuk aktivitas yang berhubungan langsung dengan produksi, yaitu kegiatan dengan masukan/input yang harus diproses sehingga akan menghasilakan output yang disebut dengan produk, baik itu adalah berupa barang maupun jasa. Manajemen operasional sangat penting dalam hal pencapaian tujuan perusahaan yaitu adanya profit dan keberlangsungan dari usaha.

Maksudnya adalah dari kegiatan pemrosesan berupa input menjadi output, tentunya peran dari manajemen operasional sangat diperlukan agar dapat mewujudkan keuntungan bagi perusahaan, salah satunya adalah dengan cara peningkatan aktivitas operasional yang lebih efisien. Apabila perusahaan melalui kegiatan operasional yang lebih efisien, maka akan dapat semakin meningkatkan keuntungan, tentunya hal seperti ini akan berpengaruh besar bagi perkembangan usahanya.

Lalu sekarang apa manfaat dan tujuan manajemen operasi dalam sebuah usaha?

Tujuan utama dari manajemen operasional adalah untuk mengatur penggunaan resources dan faktor-faktor produksi yang masih ada, baik yang berupa bahan, tenaga kerja, mesin-mesin dan perlengkapan, dengan tepat sehingga proses produksi dapat berjalan semakin efektif dan efisien.
Pengertian efektif disini berarti bahwa resources yang ada dapat diperoleh hasil yang sebesar-besar-nya, dalam artian jumlah output yang akan dihasilkan semakin bertambah besar. Hal seperti ini dapat pula berarti bahwa produktivitas semakin bertambah, selain dalam hal tersebut efektif juga berarti pula bahwa output yang nanti akan dihasilkan memiliki mutu atau kualitas yang lebih baik. Sedangkan pengertian dari sisi efisien berarti bahwa proses produksi akan dapat berjalan dengan ongkos atau biaya yang sangat rendah dan dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Tujuan dari manajemen operasional dalam perusahaan secara umum adalah untuk menghasilkan barang dan jasa yang semakin berkualitas, dengan jumlah (kuantitas) yang tepat, dalam waktu yang tepat, dan dengan biaya yang tepat (tidak terlalu mahal).

Sedangkan tujuan dari manajemen operasional tersebut tidak akan dapat dicapai apabila tidak dilakukan segala upaya untuk mencapainya, dan upaya tersebut juga akan bisa berjalan dengan lancar apabila telah diatur secara tersistematis, terencana dan harus diikuti dengan adanya pengawasan yang tepat.

Tujuan utama dari manajemen operasional dan produksi adalah sebagai berikut:

• Efficiency (Meningkatkan Efisiensi).
• Productivity (Meningkatkan Efektivitas).
• Economy (Mengurangi Biaya).
• Quality (Meningkatkan Kualitas).
• Reduced processing time (Mengurangi waktu proses produksi).

Sedangkan tujuan dari manajemen operasional secara garis besar adalah:

• Memproduksi barang dan jasa yang tepat dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan (tujuan efektivitas).
• Memaksimalkan output barang dan jasa dengan input sumber daya yang minimum (tujuan efisiensi).
• Memastikan bahwa barang dan jasa yang telah dihasilkan sudah sesuai dengan spesifikasi & standar kualitas yang telah ditentukan sebelumnya (tujuan kualitas).
• Meminimalkan pengeluaran atau biaya produksi barang dan jasa yang nanti akan dibuat (tujuan secara ekonomi).
• Meminimalkan waktu-waktu yang terbuang dalam proses produksi dengan cara mengurangi waktu keterlambatan dan idle time (tujuan processing time).
• Memaksimalkan pemanfaatan tenaga kerja, mesin produksi, dan lain sebagainya untuk mempercepat proses produksi (output).

Itulah pentingnya manajemen operasional dalam perusahaan dan beberapa tujuan yang dari penerapan manajemen operasional. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian dan terima kasih.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s