APA SAJA YANG PENTING DIPERHATIKAN KETIKA MEMBUKA JASA PENGIRIMAN BARANG/PAKET?

Saat ini jenis usaha jasa pengiriman barang sudah menjadi salah satu bisnis yang sedang mulai menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, sejak perkembangan toko online sudah mulai menggurita di internet. Ketergantungan dari para pebisnis toko online dengan adanya jasa pengiriman barang memang tidak bisa terlepaskan satu sama lain. Mereka sangat membutuhkan adanya pelayanan dari jasa pengiriman barang untuk mengantarkan barang pesanan dari para pembeli mereka.

Usaha dari jasa pengiriman barang juga akan semakin meningkat pada saat hari-hari besar keagamaan datang. Jika Anda telah sukses menjalankan usaha jasa seperti ini, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Akan tetapi, masih terdapat langkah-langkah yang harus Anda perhatikan agar bisnis dari jasa pengiriman Anda dapat semakin berkembang dan sukses dimasa mendatang.

1. Mengurus izin usaha secepatnya.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara mengurus izin usaha perdagangan dan tanda daftar dari perusahaan. Apabila sudah mengurus segala jenis izin yang terkait dengan usaha jasa pengiriman barang Anda, maka selanjutnya Anda akan merasa tenang dalam mengelola usaha. Anda juga bisa tetap menjaga kepercayaan dari para konsumen terhadap usaha Anda.

2. Fasilitas transportasi yang memadai.

Alat transportasi merupakan sarana terpenting dalam usaha jasa pengiriman barang, Anda harus melengkapi faslilitas jika jasa pengiriman barang Anda ingin semakin berkembang dan dapat dikenal oleh banyak orang. Anda membutuhkan sejumlah inventaris yaitu berupa: beberapa motor dan alat angkut berskala besar seperti mobil. Pengiriman barang tidak boleh hanya menargetkan pengiriman dalam kota saja, namun juga harus antar daerah, atau antarkota, bahkan mungkin juga Antar propinsi. Bisa juga malah antar negara. Anda setidaknya harus bekerjasama dengan beberapa perusahaan transportasi yang sudah memiliki brand untuk dapat mengatasi permasalahan transportasi seperti ini. Tentukan mana saja wilayah dari operasional khusus untuk bisnis Anda. Mobil boks juga harus disediakan, apabila Anda ingin bisa mengirimkan barang untuk ke luar kota.

3. Lokasi/Tempat usaha.

Bangunlah jasa pengiriman barang Anda di tempat yang benar-benar strategis, yang tentunya sangat mudah untuk bisa diakses oleh para pelanggan. Bangunlah di pusat-pusat kota yang semakin ramai dalam beraktivitas, dan memiliki banyak kantor cabang. Anda juga bisa membangun jasa pengiriman barang yang berlokasi di desa-desa, dengan harapan masih ada masyarakat desa yang ingin mengirimkan paket untuk ke kota-kota besar. Sebenarnya, asal mudah diakses oleh para pelanggan, maka peluang usaha seperti ini bisa saja semakin berkembang pesat.

4. Jenis paket pengiriman.

Jenis paket sebenanya bisa dibedakan dengan cara dari kecepatan pengiriman barang kepada alamat tujuan. Biasanya, tiga paket yang ditawarkan bisnis jasa pengiriman barang, adalah:

1. Paket biasa.

Estimasi waktu pengirimannya bisa sangat lama, yaitu antara tujuh hari sampai 14 hari kerja.

2. Paket cepat.

Paket cepat biasanya minimal adalah tiga sampai 4 hari kerja (tidak sampai satu minggu).

3. Paket super cepat.

Paket super cepat biasanya hanya membutuhkan waktu samapi satu hari saja kerja saja.

Anda juga bisa menambahkan paket khusus yang berupa pengemasan barang yang menjamin keamanan barang agar tidak sampai rusak.

5. Tarif paket pengiriman.

Gunakan dasar patokan harga yang sewajarnya saja, jika memang perlu harga murah namun dengan pelayanan yang terbaik dan efektif. Setiap orang pasti akan menginginkan tarif yang murah namun dengan kualitas yang baik. Apabila Anda akan memberikan pelayanan secara maksimal, dengan tarif yang sangat miring, pastinya para pelanggan akan semakin percaya kepada usaha jasa pengiriman barang milik Anda. Memainkan tariff harga merupakan strategi yang lebih baik dalam menarik para pelanggan dan akan bertarung melawan para saingan Anda.

6. Jenis barang yang akan dikirimkan.

Tentukan dari jenis barang apa yang ada pada bisnis jasa pengiriman barang Anda. Karena, semua ini akan sangat mempengaruhi perkembangan dari bisnis anda untuk ke depannya. Jika semua jenis barang bisa Anda tampung dalam jasa pengiriman sedang yang Anda jalankan, hal itu sebenarnya sangat baik bagi perkembangan bisnis Anda. Bisnis Anda akan semakin bertambah baik dan semakin sukses. Jenis barang yang terima untuk dikirimkan akan sangat berpengaruh pula pada jenis metode dan alat transportasi pengirimannya. Apabila jasa pengiriman hanya berupa dokumen dan paket-paket kecil, maka alat penyimpanannya yang baik seperti tas anti air juga sangat perlu untuk disiapkan. Pengiriman makanan dan paket yang lebih besar, setidaknya Anda membutuhkan adanya transportasi mobil boks yang dilengkapi dengan sistem pendingin.

7. Situs informasi internet.

Anda hanya perlu membuat situs resmi yang khusus untuk bisnis jasa pengiriman barang yang sedang Anda bangun saat ini. Buatlah informasi yang selengkap mungkin tentang bisnis jasa Anda, tentang berbagai macam jenis paket pengiriman, informasi tentang tarif pengiriman, dan pelayanan dari jasa Anda. Situs ini juga bisa menjadi media promosi dari jasa pengiriman barang Anda. Situs internet yang semakin lengkap akan sangat memudahkan para konsumen untuk mengetahui segala macam jenis informasi dari jasa Anda. Buatlah situs yang semakin mudah navigasinya dan cukup menarik untuk dilihat oleh para pengunjung situs Anda.

Kecepatan dan keakuratan dari usaha jasa pengiriman barang menjadi sebuah nilai yang sangat penting. Untuk itu perhatikan hal ini dengan serius. Semoga artikel ini membantu para pemilik modal yang ingin mengembangkan bisnis baru, membuka usaha baru dan lainnya. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai cara membuka bisnis baru, silahkan kontak ke groedu@gmail.com atau kontak kami di 0818521172,  atau 081-252-982900. Kami siap membantu. (Frans M. Royan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s