Cara efektif membangun bisnis dengan manajemen Autopilot


Tujuan dibangunnya sebuah bisnis adalah agar menjadi lembaga komersial yang menghasilkan profit tanpa perlu kehadiran pemiliknya. Bahkan bisnis yang sudah berkembang dapat dijual kepada pemilik lainnya tanpa kekhawatiran terjadi kekacauan dalam menjalankannya. Untuk menjadikan bisnis menjadi suatu organisasi yang menguntungkan dalam jangka panjang perlu dibuat langkah-langkah berikut ini:

  1. VISI, visi adalah tujuan jangka panjang Anda. Yang dimaksud dengan jangka panjang adalah bisa lebih dari 10 tahun bahkan ada yang sampai 100 tahun. Visi perusahaan adalah do’a pemilik agar perusahaan bisa menjadi berkembang dan menjadi gambaran bisnis dimasa yang akan datang.
  1. Misi, pernyataan misi adalah bagaimana Anda mencapai Visi perusahaan Anda. Dalam misi biasanya menyebutkan siapa Anda, bisnis yang Anda lakukan, siapa pelanggan Anda dan bagaimana anda bisa memuaskan pelanggan anda.
  1. Budaya, adalah nilai-nilai penting anda sebagai pemimpin perusahaan yang akan dilakukan oleh organisasi dalam menjalankan misi perusahaan Anda.
  1. Goal, Jika Visi itu tujuan jangka panjang maka Goal adalah tujuan antara. Bisa 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun. Cara menetapkan goal haruslah spesifik, bisa dicapai, dapat diukur, berorientasi hasil dan memiliki batas waktu.
  1. Struktur Organsasi, adalah posisi yang tepat untuk orang yang tepat. Struktur organisasi menjelaskan siapa bertanggung jawab ke siapa sehingga masing-masing orang dalam organisasi mengetahui posisi dan tanggung jawab dengan jelas.
  1. Job Description, adalah uraian tugas dan pekerjaan dari masing-masing posisi yang ada di struktur organisasi.
  1. KPI atau Key Performance Indikator adalah alat ukur dari seseorang, apakah tim atau seseorang yang bekerja sudah menunjukkan hasil yang baik atau perlu diperbaiki.
  1. SOP atau Sistem Operating Procedure adalah penggambaran dari proses bisnis yang terjadi di perusahaan kita, sehingga masing-masing bagian bisa melihat alur kerja dari awal proses sampai terjadi pengiriman ke konsumen.
  1. Monitoring, ini adalah bagian terpenting yang memastikan poin 1 sampai poin 8 terlaksana sesuai rencana. Untuk melaksanan hal ini perlu ada audit secara reguler maupun teknologi untuk memastikan semua sistem berjalan.

Demikianlah 9 langkah membangun sistem bisnis, semoga bisa menjadi autopilot dan semakin berkembang.
(Sumber : http://yumasgiananda.blogspot.com/)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s