PENTINGNYA STRATEGI KETERLIBATAN LINTAS SALURAN

Harvard Business Review melaporkan bahwa 73% pelanggan menggunakan banyak saluran selama perjalanan belanja mereka. Di seluruh saluran tersebut, pelanggan Anda mengharapkan pengalaman pribadi dengan merek Anda.

Sayangnya, sebagian besar organisasi tidak memiliki strategi pemasaran lintas saluran yang efektif karena proses internal yang tidak teratur dan kurangnya dukungan dari platform teknologi mereka. Terlepas dari seberapa banyak upaya yang mereka lakukan untuk kampanye mereka, inefisiensi ini menciptakan pengalaman yang buruk bagi pelanggan.

Apa itu Strategi Lintas Saluran?

Pemasar menggunakan beberapa saluran untuk menjangkau pelanggan mereka, termasuk:

  • Surel
  • Media sosial
  • Web (situs web, iklan berbayar)
  • Seluler (SMS, pemberitahuan push, aplikasi)

Sebagian besar tim pemasaran menggunakan strategi multi-saluran, memanfaatkan dua atau lebih saluran ini, tetapi tidak berfokus pada pembuatan pesan yang konsisten dari satu saluran ke saluran berikutnya.

Baca juga : Cara efektif membangun saluran pemasaran produk pertanian

Sementara strategi multi-saluran memanfaatkan lebih dari satu platform, strategi lintas-saluran atau omnichannel menggunakannya secara kohesif, menggunakan data untuk menemukan bagaimana mereka berhubungan dan berdampak satu sama lain. Ini juga berarti menerapkan keterlibatan pelanggan sebagai titik fokus dari pendekatan saluran-ke-saluran yang lain. Organisasi yang menggunakan strategi lintas saluran yang menyeluruh mencapai peningkatan retensi pelanggan 91% lebih tinggi dari tahun ke tahun, menurut Aberdeen Omni-Channel Customer Care Research.

Menghubungkan Titik untuk Terlibat Lintas Saluran

Dalam banyak kasus, departemen-departemen organisasi saling menyendiri, bekerja secara independen, memanfaatkan platform yang berbeda dan tidak berbagi informasi satu sama lain. Beberapa penelitian menunjukkan 80 persen perusahaan memiliki koordinasi lintas fungsi yang tidak memadai. Hasilnya adalah pengalaman yang saling bertentangan dan terputus-putus bagi pelanggan. Ketika mereka berinteraksi dengan merek Anda tanpa mengetahui interaksi sebelumnya, itu mengirimkan pesan bahwa Anda tidak peduli untuk memahami mereka atau memberi mereka pengalaman yang menyenangkan. Semakin lancar Anda dapat membuat pengalaman dari satu saluran ke saluran berikutnya, semakin memuaskan pemirsa Anda..

Teknologi menawarkan data pelanggan holistik, memungkinkan Anda untuk menawarkan interaksi yang mempertimbangkan pengalaman individu pelanggan dengan merek Anda, mulai dari pembelian sebelumnya, hingga keterlibatan konten, hingga percakapan layanan pelanggan. Semua saluran pemasaran terintegrasi dalam satu solusi, dengan data yang dikumpulkan di tempat yang sama, sehingga pemasar dapat membuat perjalanan berdasarkan keterlibatan pelanggan di seluruh titik kontak. Kemampuan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan (AI) juga diterapkan untuk proses pemasaran, karena mereka menggunakan titik kontak untuk mengidentifikasi cara paling berdampak untuk melibatkan pelanggan Anda, mengotomatiskan percakapan dan perjalanan satu-satu yang responsif berdasarkan perilaku dan demografi.

Baca juga : bagaimana sistem manajemen distributor berkontribusi dalam kesuksesan bisnis anda

Singkatnya, menyusun kampanye yang dipersonalisasi untuk pelanggan memberikan konten yang lebih relevan dan menarik yang akan memacu lebih banyak loyalitas di seluruh basis pelanggan Anda.

Keterlibatan lintas saluran yang efektif dimungkinkan; memahami pelanggan Anda dan menggunakan pemahaman itu untuk menciptakan perjalanan yang bermakna adalah langkah pertama, diikuti dengan menyiapkan alat yang tepat.

Informasi lebih lengkap : klik di SINI

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan membutuhkan pembangunan tim Digital marketing, atau strategi omnni channel dan pembangunan tim penjualan offline dan online, silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s