PERAN PENTING HUMAN RESOURCE MANAGEMENT BAGI PERUSAHAAN

Karyawan adalah dasar dari setiap bisnis yang sukses. Oleh karena itu human resource (HR) menjadi sangat penting.

Departemen HR melakukan berbagai tugas dan bertanggung jawab untuk membantu karyawan merasa aman, dihargai, dan didukung dengan baik. Human resource management yang luar biasa memastikan bahwa departemen HR berjalan dengan lancar dan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Jika ini terdengar menarik bagi Anda dan Anda ingin tahu tentang karir human resource management, baca terus untuk mengetahui mengapa itu sangat berharga di dunia profesional.

Baca juga : pentingnya sumber daya manusia di perusahaan apakah sudah diperhatikan

Deskripsi human resource yang paling sederhana adalah dengan mengatakan bahwa departemen perusahaan atau organisasi yang menangani hubungan antara karyawan dan kepemimpinan.

Human resource management (HRM) adalah sektor human resource yang mengawasi departemen-departemen ini.

HR mencakup sejumlah posisi, tanggung jawab, dan aspek efisiensi perusahaan dan kesejahteraan staf dan setiap bidang HR membutuhkan kepemimpinan yang kuat dari manajer yang berpengalaman. Beberapa tanggung jawab terpenting dalam departemen HRM meliputi:

Mempekerjakan dan Melatih Karyawan Baru

Seorang HR profesional yang memegang posisi manajemen sering bertanggung jawab merekrut, mempekerjakan, dan melatih karyawan baru. Ini berarti tim HR bertanggung jawab untuk menemukan kandidat yang memenuhi kualifikasi yang diperlukan untuk posisi tertentu dan sepenuhnya memeriksa karyawan perusahaan.

Manajer HR juga diharapkan untuk merangkul dan mempromosikan keragaman di antara staf, mengarahkan anggota tim ke lingkungan kerja baru mereka, dan memastikan interaksi yang sehat antara karyawan dan kepemimpinan organisasi.

Tetapi apa yang dilakukan oleh manajer HR dalam hal perekrutan dan pelatihan? Beberapa tugas paling umum untuk jenis manajer HR ini mungkin termasuk:

  • Melakukan wawancara dan membaca resume
  • Melakukan pemeriksaan latar belakang pelamar
  • Mengawasi atau memimpin prosedur pelatihan
  • Menerapkan teknik pelatihan baru
  • Menulis deskripsi pekerjaan, memposting daftar pekerjaan, dan merekrut kandidat potensial
  • Membuat kesan yang baik atas nama perusahaan

Intinya – Seorang HR profesional sering kali menjadi wajah perusahaan bagi calon karyawan baru. Kebijakan rekrutmen, perekrutan, dan pelatihan diawasi dan ditingkatkan dengan bantuan manajer HR.

Menjaga Karyawan Aman dan Bahagia

Departemen HR juga bertugas menjaga karyawan tetap aman, sehat, dan puas. Dengan manajemen HR yang tepat, kebijakan tempat kerja mengikuti langkah-langkah perlindungan yang diperlukan dan implementasi dan memberikan solusi untuk masalah antara anggota tim, menghindari risiko bagi perusahaan dan karyawannya.

Tugas harian untuk manajer HR yang berspesialisasi dalam hubungan karyawan dapat mencakup:

  • Membuat kebijakan keselamatan kerja
  • Memastikan organisasi mengikuti undang-undang pekerjaan federal dan negara bagian
  • Mengatasi masalah dan keluhan karyawan
  • Mencegah dan membongkar pelecehan atau diskriminasi di tempat kerja
  • Mengelola hubungan karyawan
  • Memfasilitasi komunikasi antara pimpinan dan karyawan

Intinya – Manajer HR bertanggung jawab atas banyak tugas, tetapi kesejahteraan karyawan harus selalu menjadi prioritas utama. Sebagai manajer HR, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk berbicara dengan karyawan, mendengarkan kekhawatiran, dan mengelola hubungan di tempat kerja. Tujuan utama dari HRM strategis yang sukses adalah untuk memastikan staf merasa aman, dihormati, dan didengar setiap saat.

Mengelola Risiko Perusahaan

Departemen HR bekerja dengan pimpinan organisasi untuk membantu mengelola risiko dan kepatuhan. Manajer HR harus berpengalaman dalam hukum bisnis, etika, statistik, dan pemecahan masalah untuk membantu mengelola risiko perusahaan mereka.

Baca juga : beberapa bidang yang harus diperhatikan dalam membangun manajemen usaha yang kuat

Sebagai manajer HR, Anda mungkin bertanggung jawab atas tanggung jawab manajemen risiko berikut:

  • Menganalisis risiko statistik menggunakan data perusahaan
  • Mengatasi dan mencegah potensi tuntutan hukum
  • Mengawasi praktik menembak
  • Melatih manajer lain dengan benar
  • Menerapkan keragaman dan pelatihan Judul IX
  • Melindungi data organisasi dan menjunjung tinggi privasi untuk informasi sensitif
  • Menyeleksi karyawan baru dan meningkatkan prosedur perekrutan

Intinya – Human resource management dimaksudkan untuk melindungi perusahaan dan karyawannya. Sebagai spesialis manajemen risiko, Anda akan membantu mengelola risiko perusahaan Anda dengan cara yang melibatkan analisis statistik, pengetahuan tentang hukum bisnis, dan peningkatan keseluruhan kebijakan dan praktik perusahaan.

Membayar Karyawan dan Menegosiasikan Manfaat

Bahkan karyawan yang mencintai pekerjaan mereka tidak akan melakukannya jika mereka tidak dibayar. Salah satu peran utama HR adalah mengelola pembayaran dan tunjangan untuk staf organisasi. Manajemen kompensasi, waktu istirahat, dan asuransi yang tepat adalah yang membuat kepuasan karyawan tetap tinggi.

Sebagai manajer HR, Anda akan bertanggung jawab untuk mendistribusikan, mengomunikasikan, dan meningkatkan paket kompensasi dan tunjangan. Tanggung jawab dalam departemen ini dapat mencakup:

  • Negosiasi paket asuransi dengan vendor
  • Mengkomunikasikan manfaat kepada karyawan baru
  • Melacak penggajian
  • Mengorganisir dokumen karyawan (untuk pembayaran dan pajak)
  • Membuat rencana pensiun
  • Mengatur waktu liburan, cuti berbayar, dan hari sakit
  • Memilah kenaikan gaji dan bonus untuk staf

Ini mungkin salah satu bagian terpenting dari manajemen HR, karena banyak kandidat memilih tempat kerja berdasarkan gaji dan tunjangan. Sebagai seorang manajer, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan paket-paket ini dan meningkatkan tunjangan karyawan seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

Info lanjutan silahkan klik di SINI : info lanjutan

Intinya – Manajer HR sering kali bertanggung jawab atas kompensasi dan tunjangan karyawan. Kepemimpinan yang tepat dalam departemen HR akan melibatkan negosiasi rencana asuransi, memastikan pembayaran tepat waktu, dan meningkatkan dan mengembangkan paket tunjangan karyawan.

Saat dunia profesional berubah, sangat penting bagi manajer HR untuk tetap terkini dan mengikuti perkembangan. Kemajuan teknologi dan praktik kepegawaian yang efisien akan memainkan peran penting di bidang HR seiring berjalannya waktu.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut, serta membutuhkan training KPI, SOP perusahaan, Rekrutment Tim HRD silahkan klik di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s