PENTINGNYA KOLABORASI UNTUK MEMBENTUK TIM PEMASARAN YANG TIDAK TERTANDINGI

Pemasaran memainkan peran integral dalam kesuksesan merek secara keseluruhan, tetapi tidak ada tim yang harus bekerja sendiri-sendiri. Anda akan mengumpulkan banyak wawasan dengan berkolaborasi dengan tim lain, yang pada gilirannya akan membantu Anda meningkatkan strategi pemasaran. Beberapa wawasan tersebut antara lain:

1. Peningkatan Pengetahuan Pelanggan

Karena sebagian besar tim pemasaran tidak berhubungan langsung dengan pelanggan, pengetahuan mereka tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen agak terbatas. Namun, pengetahuan ini dapat ditingkatkan dengan bekerja sama secara erat dengan tim customer service

Baca juga artikel :kiat optimasi tingkat konversi penjualan melalui pemasaran inbound

Dengan berbicara secara teratur dan berbagi informasi dengan perwakilan layanan pelanggan, anggota tim pemasaran akan belajar tentang area penting, seperti persepsi merek dan asosiasi merek.

Sementara tim pemasaran mungkin memiliki beberapa pengalaman dengan layanan pelanggan, mereka tidak terlibat dalam banyak interaksi pelanggan satu lawan satu. Dengan demikian, kolaborasi semacam ini akan membantu mengarahkan konten, komunikasi, dan pesan — karena umpan balik dari pelanggan harus memainkan peran integral dalam strategi masa depan.

2. Peningkatan Pengetahuan Produk

Sebagai otak di balik produk dan layanan yang ditawarkan merek Anda, tidak ada yang tahu pro dan kontra se detail tim Produk.

Dengan berkolaborasi dengan tim Produk, tim Pemasaran dapat mengumpulkan pengetahuan produk ahli — yang akan membantu mereka mengembangkan konten yang lebih menarik, menjawab pertanyaan konsumen dengan lebih efektif, dan menghasilkan ide untuk menarik audiens baru.

3. Peningkatan Pengetahuan Penjualan

Tim penting lainnya untuk berkolaborasi adalah Sales. Sejauh menyangkut pelanggan, Pemasaran dan Penjualan adalah dua hal yang saling bergandengan.

Sementara tim pemasaran mengarahkan prospek, tim penjualan mengubahnya menjadi pelanggan. Tetapi jika kedua tim ini tidak selaras dalam hal proses dan komunikasi mereka, hal itu dapat menyebabkan tidak adanya penjualan.

Baca juga artikel : tips bagaimana selalu memenangkan penjualan

Oleh karena itu, dengan berkolaborasi secara teratur dengan Penjualan, mereka akan dapat memaksimalkan penjualan — mengubah lebih banyak prospek menjadi pelanggan dan memberikan pengalaman terbaik.

Akhir Kata

Dan di zaman sekarang ini, semakin banyak perusahaan yang bekerja dengan pengaturan jarak jauh sepenuhnya atau hibrida — yang berarti kolaborasi harus lebih disengaja atau ditekankan daripada sebelumnya. Merencanakan obrolan video untuk menyelaraskan dan berbagi informasi akan menjadi faktor utama dalam kesuksesan tim jarak jauh.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan pendampingan dalam menyusun Tim penjualan. Silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s