5 CARA PRAKTIS MENJADI PEMIMPIN TIM YANG EFEKTIF

Memimpin dan mengelola orang adalah pekerjaan yang sulit dalam dunia bisnis saat ini. Namun, bagi mereka yang memiliki kemauan dan kapasitas untuk memimpin, ada teknik yang telah terbukti untuk mengatasi sebagian besar kesulitan yang ada, berikut beberapa diantaranya.

Baca Juga artikel : Bisnis yang Bisa Anda Lakukan Pada Tahun 2022

Kenali dan hargai tim
Pengakuan adalah kebutuhan manusia yang sederhana. Namun, begitu banyak manajer dan pemimpin bisnis mungkin masih melupakan faktor penting ini.
Uang saja tidak cukup untuk membuat karyawan bahagia, membuat mereka tetap terlibat atau mempertahankan mereka.
Tentu saja, apresiasi perlu diseimbangkan dengan akuntabilitas, kontrol, dan berorientasi pada hasil secara pragmatis. Sebagai pemimpin bisnis, penting bagi Anda untuk mengenali keinginan karyawan agar bisa memberikan penghargaan yang sangat memotivasi mereka.

Sederhanakan
Menghapus birokrasi yang kompleks dan memiliki struktur datar dapat meningkatkan tingkat kepuasan karyawan secara signifikan.
Berikan lebih banyak otonomi dan ciptakan lingkungan yang mendukung kepercayaan dan dukungan. Hal ini terbukti (misalnya oleh University of Rotterdam dalam studi produktivitas kerja mereka) menurunkan tingkat penyakit kardiovaskular dan penyakit lainnya.
Jika sebuah organisasi tidak mengizinkan sejumlah pemberdayaan dan kontrol lokal, kompleksitas dapat menyebabkan tingkat kesalahan dan stres yang tinggi.

Tetapkan tujuan yang baik
Penetapan tujuan dapat menjadi tantangan jika Anda secara konsisten menetapkan tujuan tetapi tidak meninjau kembali atau menyelaraskannya dengan tujuan bisnis yang lebih luas dan jangka panjang.
Jika Anda melihat sasaran yang telah Anda tetapkan untuk tim Anda menunjukkan kinerja dan tingkat retensi yang terus meningkat. Ini adalah cara yang efektif untuk membuat karyawan tetap fokus dan terlibat.

Jadilah pelatih yang bijak
Peran paling berharga dari seorang pemimpin adalah untuk mendorong pembelajaran dan pertumbuhan bagi semua orang dalam tim. Pembelajaran berkelanjutan sangat penting agar tim mampu berkembang dan beradaptasi dengan kondisi pasar yang dinamis.
Sebagai seorang pemimpin, Anda pasti ingin mendorong karyawan untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Mintalah staf Anda menghadiri sesi pelatihan atau memperluas pengetahuan pasar mereka karena dapat memberikan nilai jangka panjang yang besar bagi perusahaan.

Baca juga Artikel : Manfaat leadership dalam bisnis

Ukur keterlibatan
Bagaimana Anda tahu jika Anda seorang pemimpin yang baik? Memiliki rencana strategis tentang bagaimana Anda mengukur keterlibatan sangat penting. Ketahui pertanyaan apa yang penting bagi bisnis Anda dan apa yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar.
Berikut 3 pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri sebagai seorang pemimpin:
• Apa arti “keterlibatan karyawan” bagi bisnis Anda?
• Bagaimana Anda mengukur dan menangkap umpan balik dan sentimen karyawan setiap hari? Ini penting agar Anda dapat mengubah praktik manajemen dan lingkungan kerja. Ini juga akan membantu Anda dengan cepat mengidentifikasi dan memprediksi apa pun yang menimbulkan masalah dalam keterlibatan dan retensi.
• Apakah keterlibatan merupakan bagian inti dari strategi bisnis Anda? Jika tidak, buatlah seperti itu. Ini bukan hanya “masalah SDM”, ini adalah sesuatu yang akan berdampak pada keseluruhan bisnis dalam jangka panjang.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan pendampingan dalam meningkatkan leadership dengan mengikuti training Managerail sill atau supervisori management, silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s