APA YANG DIMAKSUD DENGAN OMNICHANNEL MARKETING?

Menurut survei yang dilakukan oleh Aspect Software, bisnis yang mengadopsi strategi omnichannel mencapai tingkat retensi pelanggan tahun-ke-tahun 91% lebih besar daripada bisnis yang tidak. Lima belas tahun yang lalu, rata-rata konsumen biasanya menggunakan dua titik kontak saat membeli barang, dan hanya 7% yang secara teratur menggunakan lebih dari empat. Saat ini konsumen rata-rata menggunakan hampir enam titik kontak, dengan hampir 50% secara teratur menggunakan lebih dari empat.

Baca juga artikel : paket omni channel, menggunakan sofware : back end, sfa & yuk kulak

Survei lain menemukan bahwa perusahaan dengan keterlibatan pelanggan omnichannel yang sangat kuat mempertahankan rata-rata 89% pelanggan mereka, dibandingkan dengan 33% untuk perusahaan dengan keterlibatan pelanggan omnichannel yang lemah. Selain itu, 77% perusahaan omnichannel yang kuat menyimpan data pelanggan di seluruh saluran, dibandingkan dengan 48% untuk perusahaan omnichannel yang lemah.
Jelas bahwa pemasaran omnichannel bisa sangat efektif. Tapi apa itu pemasaran omnichannel, dan bagaimana bisnis Anda bisa menerapkannya jika Anda belum melakukannya?
Pemasaran omnichannel berpusat di sekitar kebutuhan pelanggan, menyampaikan pesan yang dipersonalisasi kepada mereka. Anda menggunakan semua saluran untuk menciptakan pengalaman terpadu bagi setiap pelanggan. Ini termasuk media tradisional dan saluran digital yang lebih baru.
Dengan pemasaran omnichannel, setiap saluran berinteraksi untuk menciptakan suara dan pesan terpadu untuk sebuah merek. Seringkali, merek akan menjangkau pelanggan dengan saluran yang berbeda saat mereka melewati tahapan siklus pembelian mereka.
Konsumen modern adalah omnichannel. Mereka dengan mulus berpindah antar saluran sepanjang hari. Mereka mungkin memulai hari mereka dengan melihat Facebook, lalu membuka aplikasi Instagram mereka. Mereka kemudian dapat memeriksa email mereka. Mereka kemudian berangkat kerja, sambil memutar radio. Dalam perjalanan pulang kerja, mereka mungkin berhenti di supermarket, melihat screed iklan point-of-sale sebelum pulang. Untuk perjalanan malam, mereka dapat memilih untuk memutar musik di Spotify atau mendengarkan podcast. Malam itu mereka mungkin menyalakan televisi dan mungkin membaca koran, meskipun kemungkinan besar di aplikasi di ponsel atau tablet mereka.

Baca juga artikel : kiat mempertahankan keefektifan strategi omnichannel

Jadi itulah penjelasan tentang omnichannel yang perlu anda ketahui untuk membangun bisnis anda. Dengan pemasaran cerdas saat ini, mereka mungkin mengalami titik kontak dengan merek eCommerce di salah satu, atau bahkan semua, saluran ini. Dalam banyak hal, semua saluran ini bergabung untuk menciptakan suara merek yang terpadu.
Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai Omni Channel dan pendampingan dalam instalasi software terkait hal ini, silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan komentar