6 CARA MENGHADAPI KESENJANGAN GENDER DI TEMPAT KERJA

Meskipun secara umum kesenjangan gender di Indonesia menurun akhir akhir ini, namun laporan Global Gender Gap Index di 2020 menyebutkan bahwa masih ditemukan adanya kesenjangan gender dalam perusahaan di negara ini. Penerapan kesetaraan gender di tempat kerja pun perlu diperhatikan oleh semua pihak termasuk perusahaan. Pasalnya, kesetaraan gender ini tidak hanya berpengaruh bagi perusahaan namun juga pertumbuhan ekonomi negara.

MENGAPA KESETARAAN GENDER DI DUNIA KERJA PENTING?
Accenture melakukan riset berjudul Equality Drives Innovation yang melibatkan 18.000 responden dari 27 negara. Penelitian ini memiliki fokus untuk melihat dampak budaya terhadap lingkungan kerja, yang mendorong kemaampuan pertumbuhan dari suatu perusahaan. Kesetaraan gender menjadi kunci penting dalam menggerakkan innovation mindset perusahaan.
Hasil menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah memiliki kesadaran pentingnya inovasi dalam kemajuan perusahaan mereka. Indonesia sudah mampu meningkatkan innovation mindset hingga tiga kali lipat. Ada 76% pengusaha yang sudah mendorong dan memungkinkan karyawan menjadi inovatif dalam bekerja.
Riset juga menemukan bahwa secara global, innovation mindset naik menjadi 6x lipat lebih besar ketika keberagaman disatukan dengan kesetaraan, dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak menerapkan kedua faktor tersebut. Accenture juga mengemukakan bahwa jika setiap negara meningkatkan innovation mindset hingga 10%, produk domestik bruto global dapat meningkat hingga mencapai $8 triliun pada tahun 2028.

Baca juga artikel : pentingnya perilaku profesional dalam dunia kerja

Budaya kesetaraan untuk memajukan innovative mindset dikategorikan sebagai berikut:
Kepemimpinan yang tegas dan terbuka, tim kepemimpinan yang beragam mampu menetapkan, membagi dan mengukur target kesetaraan secara terbuka. Lingkungan yang memberdayakan pekerja, seperti memberi kepercayaan pada karyawan, menghormati setiap individu, menawarkan fleksibilitas untuk berkreasi, berlatih dan bekerja.
Tindakan komprehensif, penerapan kebijakan mengenai keramahan keluarga, mendukung hak setiap gender dan tidak bisa dalam mempekerjakan dan melatih karyawan untuk bekerja secara fleksibel. Dari ketiga kategori tersebut, kunci utamanya adalah lingkungan yang memberdayakan pekerja untuk meningkatkan innovation mindset.
Contoh kategori ini seperti kemudahan akses pelatihan, lingkungan kerja yang dapat diandalkan, dan pemimpin yang dapat membantu mengembangkan skill pekerja.
Contoh lainnya seperti membudidayakan remote working atau work from home, akses pelatihan perusahaan dengan waktu dan format yang fleksibel, serta kesempatan untuk bekerja berdasarkan passion dan kompetensi. Hasil dari penelitian ini juga melaporkan bahwa faktor-faktor yang mendukung budaya kesetaraan memiliki dampak yang lebih besar dalam meningkatkan innovation mindset dibandingkan tingkat pendidikan tiap individu.
Selain itu, budaya kesopanan dan keramahan dalam pekerjaan yang ada di Indonesia menjadi keunikan tersendiri dalam kesetaraan, sehingga semakin tahun berganti, kesetaraan di Indonesia juga semakin diterima dibanding negara lain. Hal tersebut diungkapkan dalam Focus Group Discussion (FGD) bersama Femina dan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE).

GENDER GAP DALAM DUNIA KERJA
Sebuah studi dari McKinsey menunjukkan bahwa ada perbedaan cukup besar antara laki-laki dan perempuan di tempat kerja. Dikatakan bahwa perempuan punya kesempatan lebih kecil untuk dipekerjakan pada pekerjaan tingkat pemula daripada laki-laki, walaupun mereka memperoleh lebih banyak gelar sarjana dan tingkat peralihan yang sama.
Begitu juga untuk kenaikan pangkat, hanya 79 perempuan yang dipromosikan menjadi manajer, dibandingkan laki laki . Hal ini terjadi karena kemungkinan perempuan yang dipekerjakan padapekerjaan ringan, sehingga lebih sedikit perempuan yang memenuhi syarat untuk dipromosikan. Menurut McKinsey, fenomena ini adalah permasalahan yang akan terus berlanjut jika perusahaan tidak menanggulanginya dengan cepat.

Baca juga artikel : strategi dalam upaya pengembangan talent management system (sistem manajemen talenta)

6 CARA MEMBANGUN KESETARAAN GENDER DALAM DUNIA KERJA
Pemaparan mengenai gender gap sebelumnya harus kita akui bersama masih kerap terjadi di banyak perusahaan. Untuk menjadikannya lebih baik, tentu dibutuhkan banyak usaha dari seluruh stakeholder atau semua pihak. Berikut beberapa cara untuk membangun kesetaraan gender dalam dunia kerja.

  1. Memberikan kesetaraan gaji
    Data Laporan Perekonomian Indonesia tahun 2019 menyebutkan bahwa masih ada kesenjangan upah antar gender di Indonesia. Pekerja laki-laki Indonesia mendapatkan pertumbuhan upah 6,04 persen per tahun, sementara pekerja perempuan hanya sebesar 4,96 persen per tahun.
    Ini menyebabkan kesenjangan upah semakin membesar. Masih dalam laporan yang sama disebutkan bahwa kesenjangan upah ini dikarenakan beberapa faktor seperti anggapan perempuan kurang berkontribusi dan kecenderungan perempuan ditempatkan pada posisi yang lebih rendah.
    Itu sebabnya salah satu cara membangun kesetaraan gender dalam pekerjaan adalah dengan memberikan gaji yang adil berdasarkan tugas dan performa pekerja.
  2. Mengubah strategi perekrutan untuk meningkatkan keragaman gender
    Cara membangun kesetaraan gender dalam pekerjaan dapat dimulai sejak tahap rekrutmen. Pikirkan strategi perekrutan dimana banyak calon yang beragam bisa bekerja. Hindari penggunaan bahasa yang berat sebelah dalam deskripsi maupun dalam pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada calon pekerja. Penelitian menyebutkan bahwa perusahaan yang memiliki keragaman gender yang lebih tinggi pada karyawannya cenderung lebih sukses, lho.
  3. Mendukung fleksibilitas kerja dan work-life balance
    Salah satu alasan yang membuat perempuan mendapatkan gaji lebih sedikit dari pria adalah karena mereka kerap kali harus mengorbankan gaji demi pekerjaan yang menawarkan fleksibilitas kerja. Pasalnya tuntutan yang mereka hadapi tidak hanya soal pekerjaan tapi juga tanggung jawab mengasuh anak sebagai seorang ibu.
    Itu sebabnya salah satu cara membangun kesetaraan gender dalam pekerjaan yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan mendukung kesetaraan dalam dukungan kehidupan. Fleksibilitas kerja dalam hal ini tidak hanya untuk karyawan wanita. Sebab, karyawan pria terkadang juga membutuhkannya karena terkadang mereka juga harus berbagi peran dan tanggung jawab dalam mengasuh anak.
  4. Terapkan kebijakan yang tegas terhadap pelecehan di tempat kerja
    Rata-rata satu dari empat perempuan mendapatkan pelecehan secara fisik atau mental di tempat kerja. Hal ini harus diperhatikan oleh perusahaan. Terapkan kebijakan tegas untuk mencegah terjadinya pelecehan di tempat kerja terhadap setiap karyawan di masa depan. Kurangnya perhatian terhadap pelecehan oleh perusahaan salah satu tanda kurangnya kesetaraan dalam perusahaan.
  5. Berikan pelatihan pada level pimpinan
    Salah satu cara membangun kesetaraan gender dalam pekerjaan adalah dengan memberikan pelatihan pada tim manajemen tentang kesetaraan gender. Ajarkan mereka cara mengetahui dan cara menyelesaikan diskriminasi. Hal ini penting tidak hanya untuk membantu mencegah terjadinya tindakan diskriminasi gender di tempat kerja, namun juga mendorong tumbuhnya pandangan akan pentingnya kesetaraan gender di tempat kerja
  6. Beri kesempatan untuk pemimpin wanita
    Diskriminasi gender di tempat kerja dapat dilihat dari masih banyaknya stereotip yang memandang bahwa pemimpin lebih baik dipegang oleh pria. Hindari hal tersebut dan bangun kesetaraan gender di tempat kerja dengan membuka kesempatan yang sama bagi setiap karyawan untuk menjadi pemimpin berdasarkan kelayakan kandidat, bukan dari gender mereka. Itulah beberapa cara membangun kesetaraan gender dalam pekerjaan yang perlu anda perhatikan.

Dengan meningkatkan kesetaraan gender dalam perusahaan dan pekerjaan pihak perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dalam ekonomi serta meningkatnya taraf kehidupan para pekerja karena setelah peningkatan kesetaraan para pekerja mendapatkan hak yang sama tidak bergantung oleh gender dan hal lainnya. Jadi itulah 6 cara meningkatkan kesetaraan gender dan manfaatnya dalam dunia pekerjaan yang bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Semoga bermanfaat. Jika membutuhkan infomasi dan bantuan lanjutan silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s