MANUAL PELATIHAN KARYAWAN YANG EFEKTIF DAN MENARIK DI TAHUN 2022

Cheerful mood. Group of people at business conference in modern classroom at daytime.

Manual pelatihan karyawan telah menjadi andalan dalam pembelajaran dan pengembangan sejak konsepsi pelatihan organisasi. Meskipun menonjol di dunia L&D, manual pelatihan karyawan sering diabaikan—biasanya merupakan item terakhir yang diperbarui, disegarkan, dan dipromosikan. Saat tim Anda memasuki tahun 2022, kami sarankan untuk melihat manual pelatihan karyawan Anda untuk memastikan bahwa itu adalah solusi paling efektif untuk pelajar Anda. Dengan menciptakan pengalaman manual pelatihan yang lebih bermakna bagi karyawan Anda, organisasi Anda dapat secara bersamaan meningkatkan budaya tempat kerja dan menjadikan pembelajaran sebagai bagian dari pekerjaan.

Baca juga Artikel : 5 cara pelatihan paling efektif untuk orang gudang

Apa Sebenarnya Manual Pelatihan Karyawan Itu?
Manual pelatihan adalah dokumen teknis yang memberikan informasi terperinci dan relevan kepada karyawan tentang cara menyelesaikan tugas tertentu, menggunakan layanan atau produk, atau menjalankan proses. Manual pelatihan bersifat luas dan dapat mencakup berbagai konten di seluruh organisasi Anda, tetapi sangat berguna untuk karyawan baru atau saat proses dan teknologi baru sedang diterapkan. Sementara sebagian besar manual pelatihan menargetkan keterampilan dan pengetahuan tertentu, mereka juga dapat memberikan praktik terbaik dan pengingat yang bermanfaat kepada karyawan tentang proses dan kepatuhan. Selain itu, beberapa organisasi juga memilih untuk membuat manual pelatihan yang bersifat eksternal—yaitu, manual yang dirancang untuk menginformasikan klien dan pelanggan mereka tentang produk, layanan, dll.

Panduan Pelatihan Kasus Penggunaan Terbaik

  1. Orientasi karyawan. Semua karyawan baru dapat memperoleh manfaat dari manual pelatihan yang informatif dan dapat diakses.
  2. Dukungan kinerja. Setiap organisasi dapat memanfaatkan sumber daya yang membantu karyawan menemukan jawaban dengan cepat dan pada saat dibutuhkan.
  3. Sumber daya orientasi/waktu yang dibutuhkan pelanggan. Banyak organisasi memilih untuk menyediakan materi pendidikan bagi pelanggan mereka, seringkali dalam bentuk manual pelatihan.
  4. Proses baru atau peluncuran produk. Memanfaatkan manual pelatihan untuk meluncurkan perangkat lunak dan proses baru di organisasi Anda dapat menyederhanakan pembelajaran karyawan.

Mengapa Organisasi Harus Memanfaatkan Manual Pelatihan?
Manual pelatihan sangat efektif karena merupakan format pembelajaran yang akrab dan nyaman bagi hampir semua pelajar. Manual pelatihan mampu mendidik karyawan dengan cepat dan efektif, serta dapat digunakan sebagai sumber daya untuk kebutuhan pasca pelatihan. Karyawan yang kurang siap dan kurang didukung akan kurang efektif di tempat kerja, dan manual pelatihan adalah beberapa cara paling efektif untuk mentransfer konten dan materi pendidikan dalam jumlah besar kepada pelajar. Selain itu, kesederhanaan manual pelatihan sering berarti bahwa mereka memiliki biaya rendah untuk pemeliharaan dan dukungan, yang berarti Anda dapat memasukkan lebih banyak uang ke bidang bisnis lain yang membutuhkan perhatian. Dalam lanskap bisnis di mana uang dan waktu sangat mahal, biaya rendah adalah salah satu faktor paling menarik dalam membuat manual pelatihan karyawan.

Membuat Manual Pelatihan Karyawan Yang Efektif Dan Menarik
Dengan ribuan organisasi memilih untuk mengalihkan pekerjaan ke lingkungan jarak jauh dan virtual, banyak manual pelatihan karyawan yang dicetak telah menjadi usang. Ribuan bisnis pindah ke pekerjaan virtual tanpa rencana untuk mengubah program pendidikan karyawan ke format yang dapat diakses, yang berarti banyak yang memulai dari awal pada tahun 2022. Jika organisasi Anda berada dalam situasi ini, ada beberapa langkah nyata yang dapat Anda ambil untuk memastikan karyawan diberikan informasi yang mereka butuhkan untuk berhasil, apakah mereka karyawan baru atau veteran.
• Melakukan penilaian kebutuhan pelatihan. Kami merekomendasikan melakukan penilaian kebutuhan pelatihan untuk semua proyek L&D, dan mengembangkan manual pelatihan karyawan baru tidak berbeda. Karyawan memiliki kebutuhan yang jauh berbeda sekarang daripada sebelum transisi ke pekerjaan jarak jauh, dan sangat penting bagi Anda untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang kebutuhan mereka sebelum Anda mulai mengembangkan konten dan materi untuk manual pelatihan baru. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana dan mengapa Anda harus melakukan penilaian kebutuhan pelatihan, lihat artikel yang kami tulis tentang topik ini.
• Manfaatkan strategi dan alat L&D modern. Saat membuat manual pelatihan baru, organisasi Anda memiliki kesempatan untuk memanfaatkan banyak strategi dan alat L&D baru yang baru saja tersedia. Manual tidak lagi harus berupa kelompok teks yang besar dan tidak terputus—mereka sekarang dapat menggunakan pembelajaran campuran dan AI untuk memaksimalkan pengalaman belajar. Selain itu, menerapkan manual pelatihan di lingkungan virtual dapat membantu Anda menskalakan dengan cepat, memungkinkan Anda menciptakan pengalaman belajar dengan lebih efisien dan efektif.

Baca juga artikel : pelatihan mandiri bidang penjualan untuk prakerja dan profesional

Manual Pelatihan Dan Keterlibatan Karyawan
Kami telah mengatakannya berkali-kali, tetapi keberhasilan program pelatihan sering kali ditentukan oleh seberapa efektif Anda dapat melibatkan karyawan Anda. Jika peserta didik terganggu, bosan, atau tidak memiliki akses yang mudah ke manual pelatihan, tidak hanya pembelajaran menjadi kurang efektif, tetapi juga akan menciptakan lingkungan di mana karyawan tidak puas. Dalam hal keterlibatan, bagian terpenting dari manual pelatihan Anda adalah konten dan konteksnya. Mari kita bahas secara singkat apa artinya masing-masing dan bagaimana mereka dapat ditingkatkan.
• Konten pelatihan. Fokus pada pembuatan konten pelatihan yang mudah dicerna dan ringkas. Waktu dari potongan teks yang besar dan tidak terputus sudah berakhir, dan pelajar membutuhkan konten yang berkaitan dengan tugas dan keterampilan yang sangat spesifik. Selanjutnya, pelajar modern akan mendapatkan manfaat dari manual pelatihan yang menggunakan berbagai media yang berbeda untuk konten, dari teks hingga gambar dan video.
• Konteks pelatihan. Konteks pelatihan terutama berkaitan dengan kapan dan di mana karyawan belajar. Dalam pembelajaran dan pengembangan, kami berusaha untuk menciptakan pengalaman belajar yang tidak mengganggu pekerjaan karyawan dan memungkinkan pelajar untuk belajar saat mereka paling mampu. Membuat manual karyawan yang memiliki daftar isi yang mudah digunakan dengan hyperlink ke area teks tertentu akan memungkinkan pelajar menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan kembali bekerja. Selanjutnya, membuat manual yang tersedia online atau di lokasi virtual yang dapat diakses (namun aman) akan memungkinkan pelajar menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat, mengurangi stres, kebingungan, dan waktu yang dihabiskan untuk menemukan sumber daya.

Saat membuat manual pelatihan Anda berikutnya, pertimbangkan untuk memecahkan cetakan usang dari konten datar yang membosankan di halaman tanpa akhir. Mengembangkan solusi yang menarik dan efektif tidak hanya akan memberikan hasil yang lebih baik bagi organisasi Anda, tetapi juga akan menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa waktu dan pengembangan mereka sama-sama berharga bagi organisasi Anda. Ingat, program pelatihan Anda hanya seefektif keterlibatannya, jadi prioritaskan menciptakan pengalaman yang bermakna bagi pelajar, dan maksimalkan hasil pembelajaran dengan melakukan penilaian kebutuhan pelatihan sebelum mengembangkan manual pelatihan karyawan.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila membutuhkan pendampingan mengenai silabus training dan pembelajaran dalam bentuk video, e-books dan lainnya silahkan klik DI SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s