4 FAKTOR PENTING YANG MEMPENGARUHI STRATEGI PEMASARAN DISTRIBUTOR

Groedu Inspirasi bisnis – Youtube

Distributor menyediakan layanan penjualan dan pemasaran yang memungkinkan perusahaan lain untuk menjual kepada pelanggan yang tidak dapat mereka jangkau dengan sumber daya mereka sendiri. Distributor dapat bertindak atas nama sejumlah perusahaan atau beroperasi sebagai gerai waralaba untuk satu perusahaan. Tergantung pada hubungan mereka dengan masing-masing perusahaan, distributor dapat mengembangkan strategi pemasaran mereka sendiri atau menjalankan strategi kerjasama dengan mitra saluran mereka. Lalu apa saja factor yang mempegaruhi strategi pemasaran distributor?

Baca juga artikel : cara efektif meningkatkan profit Distributor

Prioritas

Strategi pemasaran distributor beroperasi pada dua tingkat. Mereka bertujuan untuk meningkatkan basis pelanggan mereka sendiri sehingga mereka dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan peluang untuk memenangkan perjanjian distribusi tambahan. Mereka juga bertujuan untuk menjual lebih banyak produk setiap mitra saluran sehingga mereka dapat menarik lebih banyak dana pemasaran kooperatif atau meningkatkan tingkat dukungan pemasaran. Ketika mengembangkan strategi mereka, distributor dapat memberikan preferensi kepada mitra penyalur yang menawarkan tingkat dukungan yang lebih baik atau produk dengan margin yang lebih tinggi.

Basis pelanggan

Distributor mengembangkan strategi untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan prospek untuk berbagai produk yang mereka distribusikan. Dalam beberapa kasus, mereka menargetkan prospek yang lebih kecil sementara mitra saluran berhubungan langsung dengan pelanggan yang lebih besar. Jika mitra menggunakan distributor untuk meningkatkan jangkauan geografis, distributor dapat menargetkan prospek kecil dan besar. Distributor menemukan prospek baru dalam beberapa cara. Mereka dapat mendaftarkan rincian mereka pada database mitra distributor lokal, mengandalkan mitra untuk mendorong bisnis dengan merekomendasikan distributor resmi. Atau, mereka dapat menghasilkan prospek penjualan dan pertanyaan dengan menjalankan iklan atau kampanye pemasaran langsung menggunakan anggaran mereka sendiri atau dana pemasaran kooperatif.

Penjualan

Distributor berurusan dengan pelanggan melalui tim penjualan langsung. Sebagai bagian dari strategi mereka untuk meningkatkan penjualan, distributor memanfaatkan program penjualan dan pelatihan produk mitra mereka untuk meningkatkan kinerja tim penjualan. Distributor menyusun tim penjualan mereka untuk mencakup wilayah geografis atau fokus pada sektor pasar atau kategori produk tertentu. Mereka menetapkan target penjualan yang memungkinkan mereka memaksimalkan potongan harga dan dukungan dari mitra saluran.

Merek

Branding merupakan elemen penting dari strategi pemasaran distributor. Dengan mengadopsi merek mitra saluran, distributor dapat memperoleh manfaat dari pengakuan dan kesadaran merek yang telah dibuat mitra melalui program pemasarannya sendiri. Hal ini dapat memudahkan distributor untuk mendapatkan penerimaan di pasar ketika mendekati prospek baru. Distributor yang memasarkan berbagai produk dari mitra saluran yang berbeda mungkin lebih suka mengembangkan merek mereka sendiri daripada mengadopsi merek yang hanya mewakili sebagian dari penawaran pelanggan mereka.

Baca juga artikel : konflik distributor VS principal

Kata Akhir

Distributor biasanya menjual produk atas nama banyak perusahaan, beberapa di antaranya adalah pesaing bisnis Anda. Kembangkan strategi pemasaran yang memotivasi distributor dan mendorong mereka untuk memprioritaskan produk Anda dengan membantu mereka membangun bisnis mereka sendiri.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih banyak mengenai Distributorship management, training mengenai penjualan dan pembangunan salesman silahkan hubungi kami di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s