KONFLIK DISTRIBUTOR VS PRINCIPAL

Konflik antara distributor dengan principal ini merupakan hal biasa. Pencetus utama adalah distributor orientasi profit, sedangkan supplier lebih mementingkan marketing seperti keunggulan merek, distribusi produk dan penyaluran produk ke konsumen bisa merata. Sedangkan distributor ingin hemat di biaya sehingga konflik terjadi karena kepentingan yang berseberangan. Hal ini semakin membuat supplier pada akhirnya mengalami kesulitan untuk mendapatkan kinerja distributor yang maksimal. Selain itu akibat yang terjadi saat ini :

  1. Distributor mulai tidak sembarangan memilih produk dari supplier, hingga akhirnya hanya produk-produk yang menguntungkan bagi distributor yang menjadi perioritas utama selain margin yang didapat oleh distributor.
  2. Supplier baru pada akhirnya menjadi pilihan kedua, jika mau kerja sama supplier baru mesti mampu memberikan beberapa subsidi seperti subsidi pembiayaan tenaga penjualan, subsidi pembiayaan gaji dan lainnya. Posisi supplier pada akhirnya menjadi sangat sulit.

Bagaimana dengan supplier yang produknya jadi. Konflik tentunya akan terus berlangsung sehingga supplier dengan posisi produk kuat di pasar akan melakukan hal-hal seperti di bawah ini:

  1. Memilih distributor yang mau kerja sama dan memenuhi ketentuan yang diminta. Jika tidak memenuhi ketentuan yang diminta supplier akan mencari distributor yang mau mengikuti aturan main supplier.
  2. Supplier mengubah strategi distribusi produknya dengan mendirikan kantor cabang dimana-mana meskipun biaya untuk hal ini tidaklah sedikit, tetapi hal ini mesti dilakukan agar supplier bisa tetap eksis dengan produknya sendiri.

Konflik antara principal dan distributor tidak akan berhenti selama keduanya memiliki princip yang teguh. Nah, lebih baiknya antara supplier dan distributor menjalin kerja sama seperti suami istri.

Semoga artikel di atas bermanfaat. Jika anda ingin start up bisnis distributor dan merapikan manajemen distributor, dan anda supplier yang sedang mencari banyak distributor maka silahkan hubungi kmai di https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s