4 CARA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MANAJERIAL ANDA

Mengembangkan keterampilan manajerial penting bagi semua profesional. Menurut World Economic Forum, manajemen sumber daya manusia adalah salah satu dari 10 keterampilan teratas yang dibutuhkan untuk berkembang di dunia kerja saat ini. Selain itu, penelitian oleh Gallup menunjukkan perusahaan dengan manajer berbakat mengalami profitabilitas yang lebih besar, peningkatan tingkat produktivitas, dan skor keterlibatan karyawan yang lebih tinggi.

Baik Anda calon manajer atau manajer berpengalaman, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan cara Anda mengawasi dan membimbing orang, produk, dan proyek. Berikut adalah empat cara Anda bisa menjadi manajer yang lebih baik dan memajukan karir Anda.

Baca juga : Tips sukses menjadi manajer

1. Perkuat Pengambilan Keputusan Anda

Pengambilan keputusan yang baik adalah keterampilan penting bagi manajer. Dari mengawasi tim hingga memimpin rapat penting, menjadi manajer yang efektif memerlukan pengetahuan tentang cara menganalisis masalah bisnis yang kompleks dan menerapkan rencana untuk bergerak maju.

2. Kembangkan Kesadaran Diri

Tingkat kesadaran diri yang tinggi sangat penting bagi para manajer, dan itulah yang membedakan mereka yang berkinerja tinggi dari rekan-rekan mereka di tempat kerja.

Prinsip inti kecerdasan emosional ini membutuhkan introspeksi dan evaluasi yang jujur tentang kekuatan dan kelemahan Anda. Dengan terlibat dalam penilaian diri dan beralih ke kolega tepercaya untuk mendapatkan wawasan tentang kecenderungan manajerial Anda, Anda dapat memetakan jalur untuk pengembangan profesional Anda yang mengasah pada area di mana Anda perlu meningkatkan, memungkinkan Anda untuk mengeluarkan yang terbaik dalam diri Anda dan orang lain .

3. Bangun Kepercayaan

Kepercayaan dapat menuai banyak manfaat di tempat kerja. Berdasarkan penelitian yang dituangkan dalam Harvard Business Review, karyawan di perusahaan dengan kepercayaan tinggi melaporkan:

  • Kurang stres
  • Lebih banyak energi di tempat kerja
  • Produktivitas yang lebih tinggi
  • Keterlibatan yang lebih besar

Berusahalah untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan kolega Anda dengan terlibat dalam obrolan ringan sebelum rapat dan belajar lebih banyak tentang kehidupan mereka di luar lingkup pekerjaan mereka. Selain itu, doronglah dialog inklusif tentang perbedaan pribadi dan profesional, dan terbukalah untuk berbagai sudut pandang dalam diskusi.

Baca juga : 5 Faktor penting dalam manajemen kebutuhan karyawan demi produktivitas bisnis

Melakukan hal itu dapat menumbuhkan empati di antara tim Anda, yang mengarah pada rasa persahabatan, rasa memiliki, dan motivasi yang lebih besar.

4. Jadilah Komunikator yang Lebih Baik

Keterampilan komunikasi yang kuat adalah ciri khas manajer yang sukses. Berada dalam peran manajerial melibatkan penanganan situasi bisnis yang kompleks dan memastikan tim Anda memiliki informasi dan alat yang diperlukan untuk berhasil.

Saat menghadapi tantangan seperti menavigasi perubahan organisasi, bersikaplah transparan tentang tugas yang ada dan tanamkan visi bersama kepada tim Anda tentang bagaimana perusahaan Anda dapat memperoleh manfaat dari transisi yang akan datang. Terus berikan pembaruan dan ulangi rencana untuk bergerak maju untuk memastikan karyawan Anda selaras dan memahami bagaimana faktor pekerjaan mereka menjadi tujuan perusahaan yang lebih besar.

Kemampuan untuk mengelola orang dan mengimplementasikan proyek tepat waktu dan sesuai anggaran adalah keterampilan bisnis yang harus dikuasai oleh semua profesional. Melalui mengasah soft-skill Anda, membangun kesadaran diri, melanjutkan pendidikan Anda, dan strategi lainnya, Anda dapat memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk unggul sebagai manajer dan memimpin tim dan organisasi Anda menuju kesuksesan.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut  terkait keterampilan managerial dan training mengenai managerial skill dan supervisori management, silahkan klik di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s