7 CARA MEMBANGKITKAN SEMANGAT SAAT BISNIS SEDANG BANGKRUT

Setiap orang sukses pasti pernah menghadapi yang namanya kegagalan, bahkan tidak sekali saja itu bisa berkali-kali hingga akhirnya mereka berhasil mencapai tujuannya. Itu sama halnya dengan seorang pebisnis.
Seorang pebisnis pastinya harus siap dengan kegagalan, Misalnya bisnis Anda sedang sepi, atau perusahaan sedang di masa yang paling terpuruk bahakan berada di ambang kebangkrutan.
Sebagai seorang pelaku bisnis, tentunya semangat dalam menjalankan bisnis tidak boleh luntur atau patah semangat. Kita ketahui bahwa saat menjalani sesuatu baik itu menjalani bisnis, karier dan pekerjaan kadang menemui keraguan dengan kemampuan yang kita miliki.
Oleh sebab itu, supaya kita tetap semangat dan percaya diri dibutuhkan yang Namanya motivasi untuk terus maju.
Sebenarnya salah satu kunci paling penting untuk mencapai sebuah kesuksesan adalah dengan tidak pernah menyerah dan selalu mempunyai jiwa semangat dalam segala kondisi apapun. Maka dari itu, untuk membantu kesuksesan seluruh calon pebisnis serta pengusaha yang telah berkecimpung dalam dunia bisnis. Berikut ini 7 cara membangkitkan semangat saat bisnis sedang bangkrut.

Baca juga artikel : 6 langkah melakukan studi kelayakan bisnis

  1. Ikut Ke Dalam Komunitas Pengusaha
    Sebagai seorang pengusaha, saat mengalami sebuah kegagalan, kita tentunya memerlukan yang Namanya motivasi. Nah, dengan bergabung kedalam sebuah komunitas bisnis yang wajib hukumnya untuk diikuti. Kita dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki perasaan senasib yang tentunya akan menambah semangat kita dalam menjalankan bisnis.
    Karena seorang pengusaha pasti membutuhkan teman atau sebuah kelompok yang memiliki visi dan misi yang sama untuk mengembangkan usahanya.
    Sebuah komunitas atau grup, nantinya akan saling memberikan informasi bagaimana cara membuat sebuah usaha kita semakin berkembang dan mencapai kesuksesan, dan Anda akan mengetahui bagaimana teknik-teknik dalam menjalankan dunia usaha juga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam sebuah bisnis.
    Selain itu, saat masuk kedalam sebuah komunitas bisnis, tentunya akan menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran yang berkaitan dengan dunia bisnis atau kewirausahaan.
  2. Selalu Melihat Kesuksesan Seorang Pengusaha Sebagai Sebuah Motivasi
    Tidak bisa dipungkiri, saat melihat seorang pengusaha sukses yang terkenal pasti mempunyai kisah-kisah menariknya sendiri.
    Hal itulah yang menjadi tujuan serta penyemangat bagi setiap calon pengusaha atau entrepreneur muda yang ingin bisnisnya sukses kedepannya. Dengan melihat kisah sukses seorang pengusaha maka dari dalam diri akan terbentuk motivasi yang otomatis juga akan menumbuhkan semangat kita untuk menjadi lebih baik kedepan nya.
    Jika dilihat, kisah sukses seorang pengusaha terdapat ratusan bahkan hingga jutaan cerita. Oleh karena itu bagi Anda yang sebagai seorang entrepreneur muda tidak boleh patah semangat dalam menggapai mimpi-mimpinya.

Baca juga artikel : 8 cara jitu agar bisnis anda bisa berkembang

  1. Kembali Ingat Mengapa Anda Memulai Bisnis
    Ketika memulai suatu pekerjaan dan bisnis biasanya sudah memiliki tujuan. Ketika Anda merasa sedang tidak percaya diri dan tak yakin, coba untuk mengambil waktu sejenak untuk mengingat kembali mengapa Anda memulai bisnis dan pekerjaan yang sedang dijalani sekarang.
    Memiliki visi ke depan dengan bisnis dan pekerjaan yang dijalani, serta melihat apa yang akan terjadi dalam lima tahun ke depan juga menjadi “lilin” untuk tetap berjalan agar meraih cita-cita dan tujuan Anda. Jadi ketika ragu, coba kembali untuk mengingat mengapa Anda memulainya.
  2. Berani Mengambil Resiko
    Jika Anda melihat sebuah kegagalan dan salah langkah sebagai tanda untuk berhenti, Anda tidak akan pernah bisa berkembang dan tetap berada di tempat yang sama. Jika Anda menganggapnya sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik, itu adalah langkah maju otomatis ke arah yang benar.
    Jadi sudah siap untuk mengambil risiko meski ada kemungkinan gagal iyu juga dapat menjadi kesempatan terbaik untuk belajar. Orang-orang dengan keuletan dan mengubah sesuatu menjadi hal yang tak mungkin menjadi mungkin, itu cara terbaik untuk terus tetap berkembang.
  3. Memberi Apresiasi Terhadap Diri Sendiri
    Salah satu kiat motivasi usaha yang selanjutnya adalah dengan memberikan apresiasi atau perhargaan kepada diri sendiri. Dengan begitu akan muncul jiwa untuk terus semangat dan rasa menggebu dalam meraih sebuah target tertentu. Disamping itu, dengan memberi apresiasi kepada diri sendiri adalah sebagai bentuk dalam menghargai jerih payah selama ini.
    Sebuah hadiah untuk diri sendiri tentunya akan membangkitkan semangat dalam meraih tujuan untuk kedepannya. Kemudian target jangka panjang pun juga harus diberikan sebuah reward, karena dengan begitu semangat dalam diri juga akan terus tumbuh.
  4. Berpikir Positif
    Kadang hasil dari sebuah bisnis merupakan hasil dari pemikiran, perasaan dan tindakan Anda. Jika Anda terus memikirkan tentang kegagalan maka dapat mempengaruhi kepercayaan diri Anda dan cenderung akan gagal lagi. Begitu Anda terjebak dalam siklus ini akan sulit bagi Anda untuk keluar.
    Selain itu, sama sekali tidak ada gunanya dengan menyalahkan diri sendiri dengan pembicaraan yang negatif. Oleh karena itu, Anda hanya harus fokus dengan apa yang Anda lakukan dan lakukan dengan cara yang berbeda dengan sebelumnya. Dan perbaiki apa yang seharus dan bisa Anda lakukan.
    Begitu Anda kembali dalam pola pikir positif, kelilingilah diri Anda dengan orang berpikir sama postifnya. Hal positif akan melahirkan hal yang positif juga. Jadi bergabunglah dengan orang-orang yang penuh semangat dan energik termotivasi untuk mencapai tujuan bersama-sama.
  5. Selalu Memasang ‘Alarm’ Pribadi
    Walaupun Anda telah membuat list agenda yang harus dilakukan setiap harinya, bisa saja hal tersebut tidak berjalan sesuai rencana. Karena sebuah motivasi usaha akan hadir jika sang entrepreneur nya selalu fokus.
    Sedangkan dalam dunia usaha, kehilangan fokus akan lebih sering dialami, maka tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan alarm pribadi sebagai pengingat untuk acuan dalam menghadapi agenda tiap hari.
    Bukan keluarga atau bahkan orang lain yang harus menjadi alarm, melainkan kita sendiri lah yang harus menjadi sebuah alarm diri. Untuk itu harus selalu aktif setiap saat.
    Beragam cara yang dapat dilakukan untuk membuat alarm pribadi, bisa dengan aplikasi di ponsel, bisa dengan menggunakan sticky notes yang dipasang di tempat yang mudah terlihat oleh mata. Dengan begitu motivasi usaha dalam membangun bisnis yang sukses dan kuat akan bisa tetap diraih dalam kondisi apapun.

Itulah 7 Cara Membangkitkan Semangat Saat Bisnis Sedang Bangkrut.
Semoga bermanfaat. Dan jika Anda ingin berkonsultasi gratis perihal manajemen dan pemasaran bisnis, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s