4 TIPS MEREKRUT MANAJER HEBAT

Manajer bisa dibilang salah satu fungsi yang paling integral dalam sebuah organisasi. Mereka tidak hanya memastikan kegiatan sehari-hari berjalan dengan lancar, tetapi mereka juga mengatur nada untuk orang lain.

Meluangkan waktu untuk mempekerjakan manajer yang baik mengarah pada menjalankan departemen secara efektif dan moral perusahaan yang tinggi, sementara manajer yang buruk dapat merusak produktivitas membuat orang lain tidak termotivasi dalam peran mereka.

Jika Anda terlibat dalam akuisisi bakat dalam perusahaan Anda dan sedang mencari pemimpin berikutnya, memanfaatkan strategi perekrutan utama akan membantu memastikan Anda memilih kandidat yang ideal. Kemampuan untuk mengidentifikasi kualitas yang tepat untuk peran manajerial memastikan mereka berintegrasi dengan tim dan organisasi secara keseluruhan. Berikut adalah empat tips perekrutan untuk membantu Anda menemukan dan merekrut pemimpin yang Anda butuhkan untuk mengembangkan perusahaan Anda:

1. Tunjukkan tantangan peran, bukan hanya manfaat yang didapat.

Saat menyusun deskripsi pekerjaan untuk peran kepemimpinan terbuka, Anda mungkin tergoda untuk menyoroti nilai jual positif dari sebuah peran untuk menciptakan kesan pertama terbaik bagi kandidat potensial. Namun, ada banyak nilai dalam mendefinisikan tantangan yang dikandung oleh peran juga, lebih sering daripada tidak — ini akan menarik kandidat yang bersedia bekerja dan bersemangat dengan tantangan. Penempatan posisi perusahaan itu penting, tetapi menemukan kandidat terbaik akan membutuhkan transparansi terhadap tantangan yang akan mereka warisi begitu mereka mulai. Saat Anda memulai proses rekrutmen, Anda ingin menarik kandidat berkualitas yang siap menghadapi tantangan, besar atau kecil. Kandidat ideal Anda tidak akan mencari untuk masuk ke peran di mana mereka akan berpuas diri dalam kegiatan sehari-hari mereka. Kandidat yang berkualitas akan mencari peluang untuk meningkatkan keterampilan lengkap mereka, ditantang dalam pekerjaan mereka, dan diberdayakan untuk membuat keputusan yang akan berdampak pada bisnis.

E- Book Bisa pesan di-klik DISINI

2. Pertimbangkan untuk mempromosikan pemimpin internal.

Jika Anda mencari seorang pemimpin untuk mengepalai sebuah tim, pertimbangkan untuk mempromosikan karyawan saat ini yang sudah tahu bagaimana fungsi bisnis Anda. Perhatikan baik-baik mereka yang sudah berkembang pesat di dalam organisasi Anda; mereka telah menunjukkan inisiatif dengan mengambil lebih banyak tanggung jawab dan bekerja dengan baik dengan orang lain. Mobilitas internal tidak hanya mengurangi waktu untuk mendapatkan peran baru (dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk merekrut karyawan baru), tetapi juga memberikan preseden positif untuk peluang pertumbuhan dalam organisasi Anda yang mungkin dipertimbangkan orang lain saat mereka merencanakan karir mereka. Ingatlah, peluang yang lebih baik adalah alasan nomor satu orang meninggalkan pekerjaan mereka. Dengan mempromosikan dari dalam, itu menciptakan peluang untuk pertumbuhan karier yang pada akhirnya berkontribusi pada moral karyawan dan membantu mempertahankan bakat yang telah Anda upayakan dengan susah payah.

3. Jangan terpaku pada pengalaman manajemen (atau kekurangannya).

Saat Anda mulai mencari dan memutuskan apakah seseorang adalah kandidat yang memenuhi syarat, perhatikan baik-baik seseorang yang menunjukkan dedikasi pada pekerjaan mereka dan memiliki pengalaman memberikan dukungan lintas fungsi. Pernah menjadi manajer sebelumnya akan berkontribusi pada kualifikasi mereka tetapi tidak selalu merupakan indikator terkuat dari kesuksesan jangka panjang mereka. Tanda-tanda kuat seorang pemimpin termasuk tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, keterampilan komunikasi yang efektif, hasrat untuk memecahkan masalah yang mungkin dihindari orang lain, dan kemampuan untuk memotivasi & menginspirasi tim mereka menuju hasil. Manajer hebat memiliki bakat untuk membangun hubungan yang menciptakan kepercayaan, dialog terbuka, dan transparansi penuh. Dengan demikian, selama proses wawancara, luangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan yang menggugah pikiran yang mengungkapkan pendekatan mereka dan membantu Anda mengevaluasi apakah penilaian mereka sejalan dengan nilai-nilai perusahaan Anda. Jika merekrut untuk peran manajerial, kemampuan mereka untuk memberdayakan tim mungkin lebih besar daripada pengalaman manajemen sebelumnya.

4. Perluas pencarian Anda di luar bakat lokal.

Jangan batasi pencarian Anda untuk manajer baru di area lokal Anda. Alih-alih, manfaatkan berbagai saluran termasuk papan pekerjaan online yang menjangkau audiens nasional, jaringan media sosial (Facebook, Linkedin, Twitter), dan media lain yang dapat menarik calon potensial. Saat Anda menerima pelamar untuk posisi yang tersedia, pastikan untuk melakukan dialog terbuka mengenai minat mereka untuk pindah. Luangkan waktu untuk mengomunikasikan paket relokasi yang ingin Anda tawarkan dan manfaat lain yang mungkin terkait dengan kemungkinan perpindahan. Kandidat yang memprioritaskan pengambilan kesempatan yang tepat akan merasa termotivasi untuk berinvestasi dalam relokasi untuk menghadapi tantangan.

Intinya

Seiring pertumbuhan bisnis, tim manajer yang kuat sangat penting untuk memenuhi tenggat waktu dan menumbuhkan basis klien. Pemimpin yang baik dapat menginspirasi karyawan untuk belajar dan tumbuh dalam posisi mereka. Manajer yang buruk dapat berkontribusi pada retensi karyawan yang buruk dan merusak reputasi bisnis. Merekrut manajer berbakat bisa sangat menantang, dan dengan 4 cara yang sudah kami sampaikan tadi semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi mengenai training managerial skill dan supervisory managemen terkait manager. Silahkan klik DI SINI. Tim kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s