7 TIPS MENYIAPKAN GUDANG E-COMMERCE

Pergudangan dan pengiriman adalah bagian penting dari bisnis Anda sebagai pedagang eCommerce. Ketepatan waktu dan keakuratan pesanan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan mengatur tingkat pengembalian. Efisiensi dalam penyimpanan memengaruhi jumlah rekaman yang Anda perlukan untuk disewa, diasuransikan, dan dipelihara. Tetapi semua ini tidak dapat terjadi jika gudang e-commerce Anda belum diatur dengan benar, sejak awal.

1. Tentukan ruang gudang yang dibutuhkan

Perencanaan gudang yang baik dimulai dengan pertanyaan sederhana: “Berapa banyak ruang gudang yang saya butuhkan?” Titik awal yang baik adalah menghitung berapa banyak palet dan karton yang Anda rencanakan untuk dibawa pada satu titik dan kemudian mengalikannya dengan jejak palet atau karton rata-rata Anda.

Tidak apa-apa jika jumlah ini jauh melebihi total tapak gudang Anda. Ingat, ruang penyimpanan Anda harus dihitung dalam satuan kaki kubik ruang karena kemungkinan besar Anda akan menggunakan sistem penyimpanan dan rak untuk mendapatkan hasil maksimal dari total ruang Anda.

Meskipun demikian, kami menemukan bahwa terlalu banyak gudang yang hanya menghitung ruang penyimpanan yang mereka butuhkan, tanpa memperhitungkan operasi gudang lainnya secara memadai. Jadi, setelah Anda menghitung ruang penyimpanan yang Anda butuhkan, Anda perlu menambahkan ruang untuk aktivitas lain ini (tentu saja dengan cukup ruang untuk orang yang akan melakukannya).

Pertimbangkan bahwa Anda perlu memiliki ruang yang cukup untuk setiap tahap ini:

  • Menerima (termasuk pembongkaran, pemeriksaan kontrol kualitas, dan pelabelan)
  • Penyimpanan (rencanakan ruang penyimpanan ekstra untuk mengantisipasi pertumbuhan)
  • Pementasan ke depan (menggabungkan ruang untuk setidaknya satu hari pesanan)
  • Pengiriman (termasuk tidak hanya pengemasan dan pengiriman, tetapi juga kontrol kualitas, pelabelan, dan pembongkaran palet yang lebih besar)
  • Area ekstra untuk pengembalian dan stok “mati”
  • Bergantung pada ukuran, area tambahan untuk keseluruhan pementasan, proses bernilai tambah, dan sebagainya

2. Buat daftar peralatan penting yang dibutuhkan

Peralatan gudang sangat penting—atau tidak—bergantung pada produk, volume, dan model bisnis Anda. Meskipun demikian, sebagian besar gudang eCommerce dan pusat pemenuhan memiliki tujuan dasar yang sama: Memaksimalkan ruang, meningkatkan efisiensi arus barang, meningkatkan visibilitas, dan melakukan semuanya dengan cara yang aman bagi orang dan barang Anda.

Ini membawa kita ke empat jenis dasar peralatan gudang, berdasarkan fungsi gudang:

  • Peralatan penyimpanan: Peralatan penyimpanan mencakup semuanya, mulai dari rak dan rak gudang besar hingga tempat sampah dan laci kecil.
  • Peralatan Penanganan Material: Peralatan penanganan material adalah kategori luas yang mencakup peralatan transportasi, peralatan unit load, peralatan penyimpanan, dan peralatan pemosisian.
  • Peralatan Pengepakan dan Pengiriman: Ini termasuk apa pun yang diperlukan untuk merakit, mengemas, dan memberi label pesanan untuk mempersiapkannya untuk pengiriman.

Peralatan Barcoding/Perangkat Lunak Manajemen Inventaris: Di gudang modern saat ini, peralatan ini layak mendapatkan kategori tersendiri. Peralatan barcode termasuk pembaca barcode, tentu saja, serta printer, label, dan perangkat lunak eCommerce yang menyertainya.

Buat daftar peralatan yang Anda antisipasi perlukan di setiap kategori. Kemudian, tambahkan ke tata letak Anda di mana peralatan ini akan ditempatkan, digunakan, dan/atau disimpan.

3. Temukan cara untuk mengotomatiskan proses berulang

Otomatisasi adalah cara yang pasti untuk meningkatkan efisiensi. eCommerce telah membuat proses penelusuran dan pembelian jauh lebih efisien melalui otomatisasi. Berita yang lebih baik lagi, otomatisasi tidak harus menjadi perubahan total pada gudang Anda. Faktanya, otomatisasi terbaik berpusat pada investasi kecil pada mesin tugas tunggal.

4. Optimalkan jalur pemilihan

Setelah Anda menetapkan tata letak, sistem pelabelan, dan peralatan, inilah saatnya untuk memikirkan jalur pengambilan yang sebenarnya di seluruh gudang.

Kena kau! Kalimat di atas secara teknis salah karena dalam melakukan hal di atas, Anda sudah berpikir tentang memilih jalur, sepanjang waktu. Jika belum, inilah saatnya untuk mempertimbangkan kembali asumsi Anda.

Kami telah menemukan bahwa perangkat lunak manajemen gudang yang baik adalah yang terbaik dalam memilih jalur pengambilan yang dioptimalkan untuk gudang (karena matematika). Namun, ada beberapa aturan praktis yang baik untuk diingat, tidak peduli apakah Anda membuat jalur pengambilan dengan tangan atau komputer membantu Anda:

  • Ada metode pengambilan pesanan yang berbeda (pemilihan gelombang, pengambilan batch, atau pengambilan zona); Anda harus mengetahui perbedaannya sehingga Anda dapat memutuskan mana yang paling sesuai untuk fasilitas Anda.
  • Urutan pengambilan harus linier, dengan karyawan gudang menyelesaikan pengambilan mereka di lokasi yang dekat dengan area pengiriman akhir.
  • Pesanan harus dipenuhi sedemikian rupa sehingga masing-masing item di satu area diambil sebelum pindah ke area berikutnya.
  • Barang-barang yang sering dibeli bersama harus disimpan berdekatan.

Ingat, jika karyawan gudang harus mundur atau sering berpapasan, Anda telah melakukan kesalahan.

5. Latih staf Anda

Pelatihan bukan hanya tentang memberikan pengetahuan. Ini terutama tentang memberi karyawan Anda keterampilan utama yang mereka perlukan untuk bekerja dengan cepat dan efisien. Sumber daya yang dihabiskan untuk pelatihan akan membayar sendiri seiring waktu dalam kecepatan, efisiensi, lebih sedikit kesalahan, dan lingkungan kerja yang lebih aman.

6. Integrasikan sistem Anda

Integrasi memungkinkan sistem bisnis yang beragam untuk berbagi data dengan mulus, membuka sejumlah peluang untuk memangkas biaya, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi kesalahan.

Sistem seperti apa yang perlu diintegrasikan? Pertimbangkan untuk mengintegrasikan WMS Anda dengan

  • Perangkat lunak saluran/perangkat lunak keranjang belanja/POS
  • Perangkat lunak penjadwalan pengiriman
  • Sistem akuntansi
  • Sistem pemesanan
  • Solusi ERP yang ada

7. Tentukan KPI dan atur pengumpulan data

Menyiapkan gudang adalah satu hal; mengetahui bahwa Anda telah mengaturnya dengan cara yang paling optimal adalah hal lain. Di sinilah memiliki metrik gudang yang tepat dan KPI (Indikator Kinerja Utama) masuk. KPI membantu mengidentifikasi kemacetan, merencanakan operasi gudang, dan mengukur kepuasan pelanggan secara keseluruhan (yang sangat berkorelasi dengan pembelian berulang).

Setidaknya ada 20 KPI yang harus Anda pertimbangkan untuk dilacak untuk manajemen gudang yang optimal, dan solusi manajemen gudang yang baik harus dapat mengumpulkan semua ini dengan mudah. Hanya untuk memberi Anda rasa, berikut adalah empat yang harus Anda mulai:

  • Perputaran inventaris. Frekuensi Anda menjual seluruh inventaris Anda (atau volume inventaris tertentu).
  • Waktu tunggu pesanan. Total waktu yang diperlukan untuk memenuhi pesanan, termasuk pengambilan, pengepakan, dan pengiriman.
  • Tingkat pengembalian. Frekuensi pengembalian barang. Layanan pelanggan juga harus mencatat alasan pengembalian, karena ini akan menunjukkan di mana masalah mungkin terjadi: penerimaan, pengambilan, kontrol kualitas, dll.
  • Biaya transportasi per paket. Total biaya untuk memindahkan SKU atau pesanan, termasuk biaya tenaga kerja, peralatan penanganan, dan peralatan keselamatan, dll. Biasanya diberikan dalam dolar (sen) per 10 kaki pergerakan. Metrik ini memperjelas betapa pentingnya tata letak gudang yang efisien dengan jalur pengambilan yang baik!

Semoga artikel di atas bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas atau membutuhkan terkait sistem manajemen, silahkan hubungi kami di SINI. Tim kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s