5 FAKTOR YANG MENYEBABKAN PENDAPATAN DAN KERUGIAN LABA PADA DISTRIBUTOR

Para pemimpin bisnis B2B saat ini terus-menerus ditantang untuk menemukan jalur terbaik dan paling andal menuju pertumbuhan laba dan pendapatan. Khusus untuk distributor grosir, margin adalah nama permainan, karena penurunan harga hanya 1% mengharuskan perusahaan untuk meningkatkan penjualannya hampir 6% untuk mencapai hasil keuntungan yang sama.
Jadi, jika strategi penetapan harga distributor merupakan pengungkit keuntungan yang sangat penting, mengapa topik tersebut sering tidak dibahas? Perkembangan industri distribusi grosir merupakan indikator utama, karena distributor terus-menerus ditantang oleh kompleksitas yang disebabkan oleh:
• Meningkatkan persaingan
• Pengganggu pasar baru
• Dinamika global memengaruhi rantai pasokan
• Proliferasi produk
• Biaya volatil

Dengan masing-masing ini berperan, mudah untuk membiarkan praktik penetapan harga dan penjualan yang tidak memadai tanpa diketahui atau tidak ditangani. Dan ini mengarah pada pendapatan dan kerugian margin yang tidak perlu. Berikut ini 5 faktor yang menguras pendapatan dan keuntungan distributor

  1. Pengunduran diri pelanggan. Tenaga penjualan biasanya mahir dalam membawa pelanggan baru ke bisnis, tetapi dengan fokus seperti laser pada prospek, mereka sering melupakan pelanggan yang sudah ada. Keuntungan pendapatan yang diberikan pelanggan baru dikurangi oleh hilangnya pelanggan saat ini. Distributor dapat kehilangan hingga 15% dari pendapatan tahunan karena pelanggan yang tidak kembali membeli.
  2. Kurangnya cross-selling. Sebagian besar tenaga penjualan mengetahui lima hingga sepuluh akun teratas mereka dengan sangat baik. 200 akun lainnya tidak begitu banyak; mereka tidak punya waktu untuk mempelajarinya dan memahami kebutuhan mereka. Hal ini menyebabkan hilangnya peluang dan pendapatan.
  3. Penetapan harga yang tidak konsisten. Ketika transaksi mewakili rentang harga yang terlalu luas, distributor berisiko kehilangan margin. Dalam kasus ini, harga tidak sesuai dengan kondisi pasar atau situasi pelanggan. Terlalu banyak transaksi berakhir menjadi terlalu mahal atau terlalu rendah.
  4. Penetapan harga pasar yang tidak selaras. Tanpa keselarasan dengan kondisi pasar, distributor grosir bisa kehilangan margin. Penyebab umum adalah harga yang dimodifikasi ke margin standar atau diskon, dan harga yang tidak mencerminkan perubahan biaya.
  5. Praktik penetapan harga yang tidak efisien. Terlalu sering, distributor mengandalkan alat seperti spreadsheet Excel untuk mengelola harga. Proses yang lambat dan rawan kesalahan memiliki efek domino yang mengakibatkan hilangnya margin. Daftar harga menjadi basi dan waktu untuk mendapatkan penawaran kepada pelanggan terlalu lama.

Harga Distributor Dan Pelanggan B2B Yang Diberdayakan
Dengan adanya Pandemi covid-19 ini semakin mempercepat kebutuhan akan transformasi digital. Periode ini telah menyoroti kekurangan distributor seputar visibilitas real-time ke harga pasar dan kemampuan pelanggan untuk secara instan membandingkan harga di seluruh pesaing. Jika distributor tidak hati-hati, pembeli akan melakukan transaksi dengan pengetahuan lebih banyak tentang harga daripada yang dimiliki penjual.

Mendapatkan Kembali Pendapatan Dan Meningkatkan Keuntungan
Dalam bisnis di mana sebagian besar memiliki ratusan ribu produk dan ribuan pelanggan dan pemasok di seluruh dunia, distributor harus mengotomatiskan proses penetapan harga secara cerdas agar tetap selaras dengan pasar dan berjalan secara efisien dan efektif.
Anda ingin lebih memahami tentang cara otomatisasi proses penetapan harga ini? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s