16 LANGKAH UNTUK MEMULAI BISNIS SUPERMARKET YANG PROFIT

Bisnis supermarket adalah bisnis yang sangat menguntungkan karena merupakan hal yang normal bagi pembelanja rata-rata untuk mengunjungi toko-toko di mana mereka dapat menemukan semua bahan makanan yang mereka butuhkan di satu lokasi dan juga di mana mereka akan membeli barang-barang dengan harga diskon yang tinggi.
Biaya menjalankan jenis bisnis ini agak tinggi dan jika Anda dapat mengamankan lokasi lalu lintas yang tinggi atau toko yang bagus di pusat perbelanjaan, Anda dapat yakin untuk mendapatkan pengembalian yang baik dari supermarket Anda terutama jika itu penuh. dengan produk dari berbagai produsen.
Sebelum meluncurkan jenis bisnis ini, Anda perlu melakukan uji tuntas yang berkaitan dengan riset pasar, analisis ekonomi dan biaya, dan tentu saja studi kelayakan. Bagi Anda yang belum pernah mendirikan supermarket mungkin masih merasa bingung. Tapi jangan khawatir, dalam artikel kali ini akan kami sampaikan langkah demi langkah yang perlu Anda lakukan untuk mulai mendirikan sebuah supermarket.

  1. Memahami Industri
    Industri Supermarket dan Toko Kelontong merupakan saluran ritel makanan terbesar. Pemain di industri ini menjual produk makanan secara umum, termasuk daging segar dan siap saji, unggas dan makanan laut, makanan kaleng dan beku, buah dan sayuran segar, berbagai produk susu dan barang nonmakanan lainnya, obat-obatan dan produk kesehatan.
    Harap dicatat bahwa toko makanan yang terutama terlibat dalam penjualan eceran makanan juga merupakan bagian dari industri Supermarket dan Toko Kelontong.
    Bisnis supermarket dan toko bahan makanan adalah bisnis yang sangat mudah untuk dimulai dan tidak membutuhkan modal yang besar terutama jika Anda memilih untuk memulai dalam skala kecil di komunitas kecil. Mendapatkan produk yang tepat yang ingin dibeli orang dan catatan penyimpanan stok yang baik adalah rahasia menjalankan bisnis.
    Sebuah platform yang cukup besar untuk perubahan dalam industri telah menjadi basis pelanggan; sementara industri secara historis menargetkan secara eksklusif berpenghasilan rendah, kelompok konsumen ini telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir untuk memasukkan pembeli kelas menengah dan bahkan beberapa berpenghasilan tinggi.
    Beberapa faktor yang mendorong pengusaha untuk memulai bisnis supermarket mereka sendiri adalah bisnis yang berkembang pesat dan mudah diatur dan dikelola dengan modal awal dan tenaga kerja yang minimal.
    Jika Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis supermarket dan toko bahan makanan Anda sendiri, Anda harus berusaha untuk melakukan survei pasar dan studi kelayakan yang menyeluruh. Terlepas dari kenyataan bahwa lini bisnis ini adalah usaha yang berkembang dan menguntungkan, jika Anda mendapatkan beberapa faktor kunci yang salah sebelum memulai, maka Anda kemungkinan akan berjuang untuk tetap bertahan.
  2. Melakukan Riset Pasar dan Studi Kelayakan
    Komposisi demografis dan psikografis dari mereka yang menggurui supermarket dan toko bahan makanan melintasi semua jenis kelamin; laki-laki dan perempuan di atas 18 tahun dengan kemampuan finansial sehingga komposisi demografi untuk supermarket masih sangat luas dan bahkan mencakup semuanya.
    Intinya, target pasar Anda tidak bisa dibatasi hanya untuk sekelompok orang, tetapi semua orang dewasa yang tinggal di lokasi target Anda dan yang memiliki daya beli. Jadi, jika Anda berpikir untuk membuka bisnis supermarket dan toko bahan makanan Anda sendiri, maka Anda harus membuat demografi target Anda mencakup semuanya.
    Ini harus mencakup eksekutif perusahaan, mahasiswa, migran, pengusaha, pebisnis, , pria dan wanita olahraga, turis, dan setiap orang dewasa di lingkungan tempat supermarket Anda akan berada.
  3. Putuskan Niche Yang Akan Dikonsentrasikan
    Penting untuk menyatakan bahwa tidak ada area khusus yang diketahui ketika datang ke bisnis supermarket dan toko bahan makanan.
    Setiap pemain dalam bisnis ini biasanya menjual berbagai macam bahan makanan, lini umum produk makanan, termasuk daging segar dan siap saji, unggas dan makanan laut, makanan kaleng dan beku, buah dan sayuran segar, berbagai produk susu dan barang nonmakanan lainnya, obat-obatan dan produk kesehatan. , mainan anak-anak dan kosmetik kecantikan, sabun, deterjen, perlengkapan pembersih dan produk terkait kertas, pakaian pria dan wanita, dan produk lain dan lain-lain dari merek manufaktur terkemuka.
    Beberapa supermarket masih memutuskan untuk membangun kehadiran online/toko online yang kuat dan melayani komunitas online.
    Persaingan yang ada di industri Supermarket dan Toko Kelontong melampaui persaingan dengan supermarket dan toko sembako di lokasi Anda; Anda diharapkan dapat bersaing dengan outlet lain seperti toko ibu dan pop dan toko farmasi yang juga barang-barang eceran yang ditemukan di supermarket. Jadi, bisa dibilang persaingan di industri Supermarket dan Toko Kelontong itu keras.
    Yang benar adalah bahwa tidak peduli tingkat persaingan dalam suatu industri, jika Anda telah melakukan uji tuntas dan Anda merek dan mempromosikan produk atau bisnis Anda dengan benar, Anda akan selalu membuat kemajuan dalam industri. Pastikan Anda menyediakan toko Anda dengan berbagai macam bahan makanan dan lini produk makanan umum.
  4. Kenali Pesaing Utama Anda di Industri
    Dalam dunia bisnis, selalu ada merek yang berkinerja lebih baik atau dianggap lebih baik oleh pelanggan dan masyarakat umum daripada yang lain. Dalam kebanyakan kasus, merek yang menjadi penentu kecepatan secara otomatis mencapai status sebagai salah satu merek terkemuka di industri, sementara merek lain harus meningkatkannya.
    Ketika memulai bisnis baru, analisis ekonomi adalah salah satu faktor penting yang tidak boleh dianggap remeh. Jika analisis ekonomi Anda salah sebelum menginvestasikan modal Anda ke dalam bisnis apa pun, kemungkinan bisnis tersebut berjuang untuk membuat kemajuan tidak dapat dikesampingkan.
    Jika Anda ingin memulai bisnis supermarket Anda, maka Anda harus berusaha untuk melakukan analisis ekonomi terperinci untuk mengetahui jumlah yang diinvestasikan dalam bisnis, pemasok terbaik yang harus dihadapi, biaya operasional dan biaya overhead untuk memiliki bisnis.
    Harap dicatat bahwa untuk melakukan analisis ekonomi menyeluruh untuk bisnis supermarket Anda, akan menguntungkan Anda untuk menggunakan jasa konsultan bisnis yang dapat menghasilkan analisis ekonomi yang disesuaikan yang akan membantu menyusun bisnis Anda dengan benar.
  5. Putuskan Apakah Akan Membeli Waralaba atau Mulai dari Awal
    Setiap orang yang ingin memulai bisnis apa pun akan selalu ingin mengadopsi rute atau model bisnis paling sederhana yang akan menjamin keuntungan mereka dengan sedikit usaha dan investasi, itulah sebabnya orang biasanya membeli waralaba merek yang sudah ada dan sukses.
    Jika Anda ingin memulai bisnis supermarket dan toko bahan makanan, Anda memiliki pilihan untuk membeli waralaba atau memulai dari awal. Ada beberapa supermarket dan toko bahan makanan yang menjadi waralaba yang dapat Anda beli.
    Yang benar adalah bahwa pengusaha biasanya lebih suka memulai dari awal karena bisnis memiliki hambatan masuk tingkat rendah dan dapat dimulai dengan modal awal yang minimal. Sebenarnya, Anda dapat memulai bisnis dengan hanya mengoperasikan supermarket online.
    Singkatnya, apakah Anda memilih untuk memulai bisnis supermarket dan toko bahan makanan Anda dari awal atau membeli waralaba, pilihan ada di tangan Anda, tetapi pastikan pilihan apa pun yang Anda buat selaras dengan tujuan, visi, dan misi bisnis Anda.
  6. Ketahui Kemungkinan Ancaman dan Tantangan yang Akan Anda Hadapi
    Saat memulai bisnis, Anda tidak akan kebal terhadap ancaman dan tantangan karena itulah rintangan yang biasa Anda hadapi di bidang lain untuk mengembangkan bisnis dan menghasilkan keuntungan. Faktanya adalah ketika Anda memulai bisnis supermarket di bagian mana pun, Anda akan dihadapkan dengan tantangan yang datang dari pemain lain di industri ini, terutama mereka yang memiliki bisnis aktif di lokasi Anda.
    Beberapa tantangan dan ancaman lain yang mungkin akan Anda hadapi adalah penurunan ekonomi dan kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan. Tidak ada yang dapat Anda lakukan sehubungan dengan ancaman dan tantangan ini selain tetap positif bahwa segala sesuatunya akan bekerja dengan baik untuk Anda.
  7. Pilih Nama Bisnis yang Menarik
    Ketika memilih nama untuk bisnis Anda, Anda harus inovatif karena nama apa pun yang Anda pilih untuk bisnis Anda akan sangat membantu dalam menciptakan persepsi tentang apa yang diwakili oleh bisnis tersebut. Jika Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis supermarket dan toko bahan makanan Anda sendiri.
  8. Lindungi Kekayaan Intelektual Anda Dengan Merek Dagang, Hak Cipta, Paten
    Jika Anda mempertimbangkan untuk memulai supermarket Anda sendiri, biasanya Anda mungkin tidak perlu mengajukan perlindungan/merek dagang kekayaan intelektual karena sifat bisnis memungkinkan Anda untuk berhasil menjalankan bisnis tanpa memiliki alasan untuk menantang siapa pun di pengadilan untuk secara ilegal menggunakan kekayaan intelektual perusahaan Anda.
    Tetapi jika Anda hanya ingin melindungi logo perusahaan Anda dan dokumen atau perangkat lunak lain yang unik bagi Anda atau bahkan konsep produksi jingle dan media, maka Anda dapat mengajukan perlindungan kekayaan intelektual. Jika Anda ingin mendaftarkan merek dagang Anda, Anda diharapkan untuk memulai prosesnya dengan segera.
  9. Dapatkan Sertifikasi Profesi yang Diperlukan
    Ketika datang ke supermarket dan bisnis toko bahan makanan, Anda tidak perlu memiliki pelatihan formal atau sertifikasi khusus. Yang Anda butuhkan hanyalah pelatihan informal yang akan memaparkan Anda pada ritel. Di sisi lain, Anda menemukan segala bentuk sertifikasi yang dapat membantu Anda untuk menjalankan bisnis Anda dengan benar, maka tentu saja mencoba dan mengejar sertifikasi tersebut.
  10. Meningkatkan Modal Awal yang Dibutuhkan
    Memulai bisnis supermarket dapat menghemat biaya terutama jika Anda memilih untuk memulai dalam skala kecil dengan membuka toko di sudut jalan. Mengamankan fasilitas toko yang standar dan ditempatkan dengan baik dan menyediakan toko Anda dengan berbagai macam produk dari merek manufaktur yang berbeda adalah bagian dari apa yang akan menghabiskan sebagian besar modal awal Anda, tetapi jika Anda memilih untuk memulai bisnis dalam skala besar, Anda akan perlu sumber dana untuk membiayai bisnis.
    Ketika berbicara tentang pembiayaan bisnis, salah satu hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah menulis rencana bisnis yang baik. Jika Anda memiliki dokumen rencana bisnis yang baik dan dapat diterapkan, Anda mungkin tidak perlu bekerja keras sebelum meyakinkan bank, investor, dan teman Anda untuk berinvestasi dalam bisnis Anda.
    Berikut adalah beberapa opsi yang dapat Anda jelajahi saat mencari modal awal untuk bisnis supermarket Anda;
    • Kumpulkan uang dari tabungan pribadi dan penjualan saham dan properti pribadi
    • Mengumpulkan uang dari investor dan mitra bisnis
    • Jual saham kepada investor yang tertarik
    • Mengajukan pinjaman dari bank/bank Anda
    • Menyampaikan ide bisnis Anda dan mengajukan permohonan hibah bisnis dan pendanaan awal dari organisasi donor dan investor malaikat
    • Sumber pinjaman lunak dari anggota keluarga dan teman Anda.
  11. Pilih Lokasi yang Cocok untuk Bisnis Anda
    Mengenai memilih lokasi untuk supermarket dan toko bahan makanan Anda, aturan praktisnya adalah, Anda harus dipandu oleh permintaan akan produk tersebut dan akses mudah ke barang grosir. Tentu saja, jika Anda dapat mengamankan lokasi sentral untuk supermarket Anda, itu akan memberi orang akses mudah untuk menemukan toko Anda.
    Yang benar adalah bahwa lokasi yang Anda pilih untuk membuka bisnis supermarket dan toko bahan makanan adalah kunci keberhasilan bisnis, itulah sebabnya pengusaha bersedia menyewa atau menyewakan fasilitas di lokasi yang terlihat. Jika Anda melakukan kesalahan dengan menyewa atau menyewakan fasilitas di lokasi yang tidak terlalu terlihat atau tersembunyi hanya karena murah, maka Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk mempromosikan bisnis tersebut.
    Penting untuk dicatat bahwa fasilitas bisnis di lokasi yang baik tidak murah sehingga Anda harus dapat mengalokasikan dana yang cukup untuk sewa/sewa sesuai anggaran Anda. Jika Anda baru dalam dinamika memilih lokasi untuk bisnis Anda, maka Anda harus merasa bebas untuk berbicara dengan konsultan bisnis atau makelar barang tak bergerak.
  12. Pekerjakan Karyawan untuk Kebutuhan Teknis dan Tenaga Kerja Anda
    Tidak ada teknologi atau peralatan khusus yang diperlukan untuk menjalankan jenis bisnis ini kecuali untuk Mesin Point of Sales (POS), rak, dan aplikasi perangkat lunak ritel dan akuntansi yang relevan. Anda pasti akan membutuhkan komputer/laptop, fasilitas internet, telepon, mesin fax dan perabot kantor antara lain.
    Mengenai leasing atau pembelian langsung fasilitas toko, pilihannya tergantung pada posisi keuangan Anda, tetapi kenyataannya adalah untuk amannya, disarankan untuk memulai dengan sewa / sewa jangka pendek saat uji coba berjalan. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, maka Anda melakukan sewa jangka panjang atau pembelian langsung properti tersebut.
    Dalam hal mempekerjakan karyawan untuk supermarket standar, Anda harus membuat rencana untuk mempekerjakan Chief Executive Officer yang kompeten (Anda dapat menduduki peran ini), Manajer Admin dan Sumber Daya Manusia, Manajer Barang Dagangan, Manajer Toko, Petugas Penjualan dan Pemasaran / Sales Girls dan Sales Boys, Accounting Clerk, IT officer dan Cleaners and Security Officer. Rata-rata, Anda akan membutuhkan minimal 7 hingga 10 anggota staf kunci untuk menjalankan supermarket skala kecil tetapi standar.
    Ketika datang untuk menjalankan toko atau membeli dan menjual barang, tidak ada aturan keras dan cepat tentang hal itu. Pada dasarnya, adalah tugas manajer barang dagangan untuk menyimpan barang dari merek manufaktur yang berbeda. Mereka pergi ke sana untuk mencari penawaran pembelian yang baik dan mereka juga memastikan bahwa mereka tidak hanya membeli dengan harga yang tepat yang akan menjamin keuntungan yang baik, tetapi juga memastikan bahwa mereka membeli produk yang diminati di lokasi bisnis mereka.
    Setelah produk dibeli, mereka diatur dengan benar di toko agar pelanggan dapat melihat dan membeli. Saham diambil setelah penutupan bisnis setiap hari dan akun diseimbangkan.
    Penting untuk menyatakan bahwa supermarket dapat memutuskan untuk berimprovisasi atau mengadopsi proses dan struktur bisnis apa pun yang akan menjamin efisiensi dan fleksibilitas mereka; proses bisnis supermarket dan toko kelontong yang disebutkan di atas tidak dilemparkan di atas batu.
  13. Tulis Rencana Pemasaran yang Dikemas dengan Ide & Strategi
    Umumnya, menjalankan bisnis mengharuskan Anda proaktif dalam memasarkan barang atau jasa Anda. Jika Anda memilih untuk meluncurkan supermarket, maka Anda harus menerapkan strategi yang akan membantu Anda menarik pelanggan atau Anda mungkin akan kesulitan dengan bisnis tersebut karena ada merek terkenal yang menentukan arah pasar untuk industri tersebut.
    Orang akan membeli barang dari toko Anda jika mereka tahu bahwa mereka akan mendapatkan produk yang berkualitas dan tentu saja sesuai dengan harga yang mereka keluarkan. Strategi pemasaran Anda harus berpusat pada kualitas, dan harga, dan di atas semua itu, harus ada layanan pelanggan yang sangat baik.
    Anda harus memastikan bahwa setiap kali pelanggan Anda mengunjungi supermarket Anda, mereka akan mendapatkan produk berkualitas dan layanan terbaik. Jika Anda dapat menerapkan hal di atas, Anda tidak akan kesulitan untuk mempertahankan pelanggan lama Anda dan pada saat yang sama memenangkan pelanggan baru.
    Bisnis saat ini menyadari kekuatan internet, itulah sebabnya mereka akan melakukan semua yang mereka bisa untuk memaksimalkan internet (video/YouTube) untuk memasarkan layanan atau produk mereka. Dengan kata lain, persentase yang lebih besar dari upaya pemasaran Anda harus diarahkan ke pengguna internet. Ini adalah beberapa ide dan strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan untuk bisnis supermarket Anda;
    • Perkenalkan supermarket dan toko bahan makanan Anda dengan mengirimkan surat pengantar bersama brosur Anda kepada setiap orang dewasa di lingkungan tempat supermarket Anda akan berada
    • Beriklan di internet di blog dan forum, dan juga di media sosial seperti Twitter, Facebook, LinkedIn untuk menyampaikan pesan Anda
    • Buat situs web dasar untuk bisnis Anda agar bisnis Anda hadir secara online
    • Bergabunglah dengan supermarket lokal dan asosiasi toko bahan makanan untuk tren dan tip industri
    • Berikan hari diskon untuk pelanggan Anda
    • Iklankan bisnis kami di surat kabar berbasis komunitas, TV lokal, dan stasiun radio
    • Cantumkan bisnis Anda di iklan halaman kuning (direktori lokal)
    • Mendorong penggunaan Word of mouth marketing (rujukan)
  14. Tentukan Harga yang Wajar untuk Layanan & Produk Anda
    Salah satu faktor kunci yang akan membantu Anda menjual produk Anda dengan harga terendah adalah membeli barang Anda langsung dari produsen dalam jumlah yang cukup besar. Yang benar adalah semakin tinggi jumlah barang yang Anda beli, semakin murah Anda cenderung mendapatkannya.
    Strategi lain yang akan membantu Anda menjual produk Anda dengan harga yang tepat adalah memastikan bahwa Anda memotong biaya operasional seminimal mungkin dan menyalurkan upaya Anda untuk memasarkan dan mempromosikan nama merek Anda. Selain fakta bahwa strategi ini akan membantu Anda menghemat biaya, ini juga akan membantu Anda mendapatkan harga yang tepat untuk produk Anda.
  15. Brainstorm Cara yang Mungkin untuk Mempertahankan Klien & Pelanggan
    Ketika datang ke bisnis, tidak peduli industri yang Anda pilih untuk mendirikan tenda Anda, salah satu cara termudah untuk meningkatkan retensi pelanggan dan mungkin untuk menarik pelanggan baru adalah untuk menghasilkan hasil dan selalu memuaskan pelanggan Anda. Jika pelanggan Anda puas dengan produk dan pengiriman layanan Anda, mereka hampir tidak dapat mencari penyedia layanan atau produk alternatif.
    Jika Anda dapat terus menyediakan berbagai macam produk dari berbagai perusahaan manufaktur, dan pengiriman layanan pelanggan Anda adalah yang terbaik, maka Anda tidak akan kesulitan untuk mempertahankan pelanggan setia. Pastikan Anda menawarkan insentif kepada pelanggan Anda jika Anda ingin mempertahankan mereka dan tentu saja terus menghasilkan penjualan berulang dari mereka.
    Bagian dari apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai ini adalah untuk melacak kemajuan, hasil atau keluaran dengan tujuan untuk memperbaikinya secepat tuntutan kasus. Ketika datang untuk mengelola pelanggan Anda, dan membangun basis pelanggan setia, Anda harus membeli perangkat lunak CRM yang disesuaikan.
    Dengan sistem CRM yang disesuaikan, Anda dapat dengan mudah tetap berhubungan dengan klien Anda (Anda dapat melakukan survei cepat, Anda dapat memperkenalkan produk dan harga baru kepada mereka tanpa hambatan, Anda dapat mengucapkan selamat kepada mereka pada hari ulang tahun mereka dan hari jadi lainnya, Anda dapat melacak kemajuan mereka, Anda dapat mengirim sms massal dan email khusus dan yang terpenting, Anda dapat dengan mudah menerima kepatuhan dan umpan balik dari mereka).
  16. Kembangkan Strategi untuk Meningkatkan Kesadaran Merek dan Menciptakan Identitas Perusahaan
    Jika Anda berkecimpung dalam bisnis dan Anda tidak sadar untuk meningkatkan kesadaran merek Anda dan mengomunikasikan identitas perusahaan Anda, maka Anda harus siap untuk mengambil apa pun yang digambarkan masyarakat tentang bisnis Anda. Salah satu rahasia perusahaan besar adalah bahwa mereka bersedia menghabiskan banyak uang untuk meningkatkan kesadaran merek mereka dan untuk terus mengomunikasikan identitas perusahaan mereka seperti yang mereka inginkan untuk dilihat orang.
    Jika niat Anda memulai supermarket adalah untuk mengembangkan bisnis di luar kota tempat Anda akan beroperasi untuk menjadi merek nasional dan internasional melalui waralaba, maka Anda harus siap mengeluarkan uang untuk promosi dan iklan merek Anda.
    Berikut adalah platform yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek Anda dan menciptakan identitas perusahaan untuk supermarket Anda;
    • Pasang iklan di media cetak (koran dan majalah retail/belanja) dan media elektronik
    • Mensponsori acara/program berbasis komunitas yang relevan
    • Memanfaatkan internet dan platform media sosial seperti; Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, Google+ dkk untuk mempromosikan produk Anda
    • Pasang Billboard Anda di lokasi strategis di sekitar kota atau negara bagian Anda
    • Terlibat dalam roadshow dari waktu ke waktu di lingkungan yang ditargetkan untuk menciptakan kesadaran supermarket Anda
    • Bagikan selebaran dan selebaran Anda di area target
    • Daftar supermarket Anda di direktori lokal
    • Iklankan supermarket Anda di situs web resmi Anda dan terapkan strategi yang akan membantu Anda menarik lalu lintas ke situs tersebut.
    • Posisikan Flexi Banner kami di posisi yang strategis
    • Pastikan bahwa semua anggota staf Anda mengenakan kemeja bermerek Anda dan semua kendaraan dan truk/van Anda dicap dengan baik dengan logo perusahaan Anda.
    Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan membutuhkan bimbingan dalam mendirikan supermatket maupun minimarket dari awal, mulai manajemen, software yang digunakan, lay out dan lainnya, silahkan hubungi kami di wa 081252982900. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s