11 CARA MEMBANGUN KEPERCAYAAN & LOYALITAS PELANGGAN UNTUK BISNIS ANDA

.

Kepercayaan dan loyalitas pelanggan sangat penting untuk membangun bisnis yang sukses. Dan sementara ini mungkin terdengar jelas, sulit untuk melebih-lebihkan nilai membangun basis pelanggan jangka panjang yang kokoh.
Itu karena retensi pelanggan jauh lebih hemat biaya daripada akuisisi konstan. Faktanya, biaya untuk mendapatkan pelanggan baru lima kali lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Dan di luar retensi, 83% pelanggan mengatakan mereka akan merekomendasikan bisnis yang mereka percayai kepada orang lain. Ini berarti bahwa mendapatkan kepercayaan pelanggan tidak hanya dapat membantu Anda mempertahankan pelanggan yang sudah ada, tetapi juga dapat membantu Anda secara pasif mendapatkan prospek dan penjualan baru dari mulut ke mulut2.
Jelas, kalau begitu, gedung itu kesetiaan pelanggan dan kepercayaan adalah tujuan yang berharga untuk bisnis apa pun. Itulah mengapa dalam posting ini, kami akan membahas enam strategi yang dapat Anda gunakan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan setiap pelanggan Anda.

  1. Menawarkan Layanan Pelanggan yang Sangat Baik
    Tingkat layanan pelanggan yang Anda berikan memiliki dampak besar pada loyalitas dan retensi pelanggan. Ini berarti sangat penting untuk memiliki staf pendukung yang berdedikasi dan menetapkan standar tinggi untuk kecepatan dan kualitas layanan Anda.
    Setelah Anda merekrut dan melatih tim agen pendukung, Anda harus memudahkan pelanggan Anda untuk menghubungi. Tawarkan beberapa saluran dukungan, dan tampilkan saluran tersebut secara mencolok di situs Anda.
    Kemudian, saat pelanggan menjangkau dengan pertanyaan dan masalah, pastikan untuk konsisten dengan tanggapan Anda. Buat seperangkat pedoman untuk agen Anda yang menguraikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan yang lebih umum, dan pastikan bahwa mereka memiliki alat yang mereka butuhkan untuk menemukan solusi untuk pertanyaan yang lebih kompleks.
    Tentu saja, itu tidak berarti bahwa Anda harus mengambil pendekatan satu ukuran untuk semua untuk melayani pelanggan Anda. Dorong agen Anda untuk melihat tanggapan ini sebagai kerangka dasar untuk interaksi mereka, tetapi untuk memperlakukan setiap pelanggan sebagai individu mereka.
    Lagi pula, sulit untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas ketika pelanggan Anda merasa diperlakukan seperti angka. Sebaliknya, tujuan Anda seharusnya adalah menawarkan layanan yang efisien dan konsisten dengan sentuhan pribadi.
    Latih agen Anda untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan setiap pelanggan, kemudian luangkan waktu untuk memastikan bahwa kebutuhan pelanggan telah terpenuhi. Dan jika ada kesempatan di atas dan di luar — ambillah.
    Beberapa detik upaya ekstra dapat menjadi semua yang diperlukan untuk membuat hari pelanggan. Dan itu bisa sangat membantu dalam membangun jenis hubungan yang Anda inginkan untuk merek Anda.
  2. Publikasikan Ulasan dan Testimonial Pelanggan
    Tidak peduli seberapa tepercaya merek Anda, konsumen hampir selalu akan lebih mempercayai konsumen lain daripada perusahaan. Itu karena mereka tahu bahwa tidak peduli seberapa tidak bias Anda mencoba, pada akhirnya Anda akan memposisikan merek Anda secara positif.
    Tetapi Anda dapat menggunakan kepercayaan audiens Anda dari pelanggan lain untuk keuntungan Anda dengan menerbitkan ulasan dan testimonial di situs Anda.
    Jika Anda menjalankan toko e-niaga, misalnya, dorong pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan dan menambahkan ulasan tersebut ke halaman produk.
    Sebaliknya, jika Anda menjalankan bisnis berbasis layanan, tanyakan kepada klien Anda saat ini dan sebelumnya apakah mereka bersedia berbagi pengalaman dengan perusahaan Anda. Kemudian, gunakan tanggapan mereka untuk membuat halaman testimonial.
    Terlepas dari pendekatan tepat yang Anda ambil, mendengar dari konsumen lain akan membuat calon pembeli lebih nyaman memberikan bisnis Anda kesempatan — dan akan membantu mereka memercayai merek Anda sejak awal.
  3. Jadilah Transparan
    Jika Anda ingin pelanggan Anda mempercayai Anda, Anda harus layak mendapatkan kepercayaan mereka. Itu berarti bersikap jujur dan transparan tentang apa yang dapat mereka harapkan dari perusahaan Anda.
    Dan ini harus dimulai sejak interaksi pertama mereka dengan merek Anda. Hindari salinan penjualan yang menyesatkan dan kampanye pemasaran yang menarik perhatian, dan jangan mencoba menarik perhatian audiens Anda dengan klaim berlebihan tentang produk atau layanan Anda.
    Alih-alih, usahakan sejelas mungkin tentang apa yang Anda tawarkan, dan bangun ekspektasi pelanggan yang akurat sejak awal.
    Mencapai tujuan ini juga membutuhkan keterlibatan tim penjualan Anda. Mereka harus terbuka dengan informasi harga, biaya, dan kebijakan apa pun yang dapat memengaruhi calon pembeli di masa mendatang, seperti prosedur pengembalian dan pembatalan.
    Pada dasarnya, setiap pelanggan harus tahu persis apa yang diharapkan sebelum menandatangani kontrak atau melakukan pemesanan. Dan meskipun berbagi informasi tertentu dapat menghalangi satu atau dua petunjuk untuk berkonversi, tidak apa-apa.
    Ketika sampai pada itu, memastikan bahwa semua pelanggan Anda puas dengan pengalaman mereka jauh lebih penting daripada menghasilkan penjualan sebanyak mungkin.
    Lagi pula, pelanggan yang lengah beberapa bulan dalam hubungan mereka dengan merek Anda sangat kecil kemungkinannya untuk bertahan. Tetapi mereka yang diberi semua informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat akan menghargai fakta itu — dan akan tahu bahwa mereka dapat memercayai tim Anda.
  4. Minta Umpan Balik
    Pelanggan ingin tahu bahwa merek yang mereka beli peduli dengan pendapat dan kebutuhan mereka. Dan cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda melakukannya adalah dengan meminta umpan balik dan masukan secara teratur.
    Kirim survei secara teratur dan minta pelanggan Anda untuk membagikan pendapat mereka. Apakah produk Anda memenuhi harapan mereka? Apakah mereka bisa mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan ketika mereka memiliki pertanyaan? Apakah mereka puas dengan keseluruhan pengalaman mereka dengan perusahaan Anda?
    Yang terpenting, survei Anda harus mencakup area di mana pelanggan dapat memberikan saran tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik.
    Kemudian, saat Anda meninjau tanggapan, cari peluang untuk meningkatkan. Saat Anda menggunakan umpan balik untuk membuat perubahan nyata, Anda tidak hanya menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda menghargai masukan mereka, tetapi juga dapat membuat jenis penyesuaian yang berdampak positif pada seluruh basis pelanggan Anda.
  5. Buat Program Loyalitas
    Ini mungkin tampak seperti saran yang jelas, tetapi membuat program loyalitas adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Faktanya, 76% konsumen Amerika Utara mengatakan bahwa mereka lebih cenderung memilih pengecer yang menawarkan program loyalitas3.
    Alasan di balik ini jelas. Saat Anda menawarkan hadiah untuk pembelian berulang, Anda memberi pelanggan insentif yang jelas untuk tetap menggunakan merek Anda daripada beralih ke salah satu pesaing Anda.
    Dan ini adalah strategi yang dapat disesuaikan untuk industri dan model bisnis apa pun. Meskipun diskon adalah bentuk penghargaan yang paling populer, kemungkinannya tidak terbatas.
    Pengecer e-niaga, misalnya, sering menawarkan item bonus gratis kepada pembeli yang sering berbelanja, bersama dengan akses awal ke penjualan dan promosi tertentu.
    Perusahaan B2B, di sisi lain, dapat menawarkan fasilitas seperti konten eksklusif, dan undangan ke webinar dan acara tatap muka.
    Terlepas dari pendekatan tepat yang Anda ambil, tujuannya adalah untuk membuatnya lebih menguntungkan bagi pelanggan Anda untuk terus membeli dari Anda daripada menguji opsi mereka yang lain. Dan semakin Anda memenuhi kebutuhan mereka, semakin efektif Anda membuat mereka bertahan.
  6. Selalu Utamakan Pelanggan Anda
    Ketika sampai pada hal itu, kemampuan Anda untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan bergantung pada kemampuan Anda untuk memberikan apa yang mereka inginkan kepada pelanggan Anda dengan andal. Dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membangun budaya yang berpusat pada pelanggan di seluruh perusahaan.
    Dalam beberapa perusahaan, satu-satunya karyawan yang benar-benar fokus pada kebutuhan pelanggan adalah layanan pelanggan dan staf pendukung. Dan ini jauh dari ideal.
    Sebaliknya, adalah kepentingan terbaik Anda untuk mendorong semua karyawan Anda untuk memikirkan pelanggan Anda, dan bagaimana mereka dapat bekerja untuk membuat dampak positif pada pelanggan tersebut dalam peran mereka sendiri.
    Ketika masing-masing tim Anda didorong untuk mempertimbangkan bagaimana keputusan yang mereka buat berdampak pada pelanggan Anda, kemungkinan besar mereka akan membuat jenis keputusan yang diinginkan pelanggan Anda.
    Fokus ini membuat membangun kepercayaan menjadi lebih mudah — karena ketika produk dan layanan Anda mencerminkan fokus pada kebutuhan pelanggan, tidaklah sulit untuk meyakinkan audiens bahwa Anda peduli.
  7. Jaga Kualitas Produk
    Dengan menghadirkan produk-produk yang kualitasnya tetap (tidak menurun), maka customer akan selalu setia dengan produk Anda, hal ini juga merupakan kunci utama untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.
    Kita bisa melihat contohnya seperti perusahaan Apple yang meski memiliki produk yang cenderung berharga mahal tetapi para customernya setia pada produk-produk dan gadget tersebut, dikarenakan Apple yang selalu menjaga kualitas yang dimilikinya.
  8. Ceritakan kisahmu
    Menceritakan kisah Anda adalah bagian penting dalam membangun merek. Ini membentuk bagaimana audiens Anda memandang Anda dan memungkinkan mereka untuk melihat di luar produk dan memahami dari mana Anda berasal.
    Jika Anda dapat menyampaikan sejarah, keahlian, dan penghargaan merek Anda, Anda sedang dalam perjalanan untuk mengembangkan merek yang dapat dikenali orang. Salah satu yang dicintai karena pendekatan, nilai, dan keasliannya.
    Pernahkah Anda memperhatikan bahwa ketika Anda merasakan semangat yang sama dengan seseorang, Anda secara alami tertarik pada mereka?
    Ini persis sama dalam bisnis.
  9. Ketahui audiens target Anda your
    Riset pasar dilihat sebagai sedikit tipu muslihat belum lama ini. Tapi ini lebih penting daripada sebelumnya di zaman di mana konsumen mendambakan pengalaman yang dipersonalisasi daripada pendekatan satu ukuran untuk semua.
    Melakukan penelitian menyeluruh terhadap kebutuhan pelanggan Anda, masalah umum mereka, dan poin masalah mereka akan membantu Anda mengembangkan solusi dan pesan yang disesuaikan yang beresonansi dengan mereka secara individual.
    Jika Anda dapat menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang tidak hanya memecahkan masalah mereka tetapi juga memberikan nilai tambah, maka pelanggan Anda akan jauh lebih mungkin untuk mempercayai Anda.
  10. Dapat dihubungi
    Halaman kontak bisnis adalah titik kontak interaksi dengan pelanggan mereka. Karena alasan itulah halaman ini dijamin menjadi salah satu halaman yang paling banyak dikunjungi di situs web mana pun.
    Meskipun demikian, banyak orang mengabaikan pentingnya dan akibatnya desain dan pengalaman pengguna dari halaman kontak mereka.
    Meningkatkan tingkat konversi halaman kontak Anda dapat menguntungkan bisnis Anda dan memberikan sentuhan manusiawi pada proses dapat membantu mengubah pembeli yang lamban menjadi pendukung yang rajin.
    Merupakan ide bagus untuk menyediakan sebanyak mungkin jalan untuk koneksi: nomor telepon, alamat email Anda, pegangan media sosial, dan fungsionalitas obrolan langsung.

Kepercayaan dan loyalitas adalah blok bangunan dari basis pelanggan yang kuat. Mereka penting untuk mendapatkan pelanggan jangka panjang dan dapat membuat semua perbedaan dalam kesuksesan perusahaan Anda.
Dan mendapatkan kepercayaan pelanggan tidak memerlukan strategi rumit apa pun. Langkah terbaik yang dapat Anda ambil adalah menawarkan layanan pelanggan yang sangat baik, dan pastikan tim dukungan Anda mengetahui pentingnya peran mereka.
Dari sana, bersikaplah setransparan dan jujur dengan pelanggan Anda di setiap tahap proses pembelian, dan mintalah umpan balik mereka secara teratur.
Anda juga dapat memberi pelanggan pandangan yang tidak memihak pada merek Anda dengan membagikan ulasan dan testimoni pelanggan, dan memberi mereka insentif untuk tetap menggunakan merek Anda dengan membuat program loyalitas yang menarik.

Dan jika Anda membutuhkan berbagai informasi perihal cara mempertahankan kepercayaan konsumen untuk keberlangsungan perusahaan Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s