KIAT JITU UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEREKRUTAN LOGISTIK

Perekrutan logistik menjadi semakin sulit. Anda mungkin belum mengetahuinya, tetapi Anda berada di tengah perang bakat di bidang logistik dan manajemen rantai pasokan.
Industri transportasi bekerja dengan kumpulan bakat langka yang berpendidikan, berkualitas, dan mau bekerja.
Menurut survei yang dilakukan oleh PricewaterhouseCoopers (PWC), perusahaan jasa profesional terbesar di dunia, perusahaan logistik dari semua ukuran sedang mengalami masalah dalam merekrut bakat. Menemukan kandidat dengan keahlian yang memuaskan merupakan masalah utama di seluruh industri.
Tetapi bagaimana para pemimpin dalam industri rantai pasokan dapat meningkatkan peluang mereka untuk merekrut talenta terbaik? Berikut adalah tiga strategi rekrutmen logistik yang dapat membantu.

Agen Perekrut dan Kepegawaian
Jika perusahaan Anda kekurangan waktu, proses, atau keterampilan untuk secara tekun mendefinisikan dan melaksanakan proses perekrutan yang efektif, maka mengontrakkan ke agen perekrutan atau kepegawaian mungkin merupakan cara yang tepat.
Ada banyak agen perekrutan dan kepegawaian yang berfokus pada pencarian, penyaringan, dan perekrutan secara eksklusif untuk industri logistik. Melakukan pencarian cepat untuk “agen perekrutan logistik” dapat menghasilkan ratusan agen yang memenuhi syarat yang dapat memberi Anda kandidat yang tepat untuk posisi apa pun dalam bisnis Anda.
Organisasi-organisasi ini datang dengan database kandidat yang telah diseleksi sebelumnya untuk mempercepat proses perekrutan tanpa mempengaruhi kualitas perekrutan. Beberapa perusahaan bahkan menawarkan kepada Anda kemampuan untuk mempekerjakan karyawan penuh waktu, paruh waktu, jangka waktu tetap, dan kontrak.
Beberapa agen perekrutan logistik menawarkan jaminan atas perekrutan. Jika selama jangka waktu tertentu karyawan tersebut tidak cocok, mereka akan mencari pengganti tanpa biaya tambahan untuk Anda.
Agen kepegawaian bisa menjadi mahal tetapi mereka akan menghemat waktu, sakit kepala, dan uang Anda dengan menghindari kesalahan perekrutan.

Rekrut dari Jaringan Pribadi Karyawan Terbaik Anda
Ini adalah strategi rekrutmen yang sederhana namun kuat yang dapat membayar dividen tinggi.
Mempekerjakan dari jaringan pribadi A-Players Anda adalah salah satu pendekatan terbaik dan lebih efektif untuk menghadirkan orang yang tepat ke perusahaan Anda. Untuk ini, Anda harus mengidentifikasi Pemain-A dalam perusahaan dan membuat program rujukan dengan kompensasi moneter dan fasilitas lainnya untuk memberi insentif kepada karyawan terbaik Anda untuk merujuk orang-orang seperti mereka ke perusahaan Anda.
Efektivitas dari strategi perekrutan yang sederhana – namun kuat – ini terletak pada kenyataan bahwa Anda akan mengubah karyawan terbaik Anda menjadi perekrut, yang akan memungkinkan Anda memanfaatkan sejumlah besar kandidat potensial.
Ingat: orang yang baik, pintar, dan pekerja keras suka mengelilingi diri mereka dengan individu yang berpikiran sama.
Mempekerjakan melalui jaringan A-Players Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk merekrut personel yang lebih baik, mempersingkat proses rekrutmen logistik, dan sebagian besar mengarah pada karyawan yang lebih puas yang, sebagai hasilnya, bertahan lebih lama di perusahaan.

Tentukan Proses Perekrutan Internal
Menentukan proses perekrutan Anda sendiri bisa menyakitkan dan memakan waktu, tetapi merupakan pilihan yang sangat baik untuk memastikan Anda mendapatkan orang yang tepat di kursi yang tepat. Alasannya sederhana: Tidak ada yang tahu bisnis Anda lebih baik daripada Anda dan tim Anda.
Mudah tidak. Menentukan proses perekrutan Anda sendiri akan membutuhkan banyak pendidikan pribadi, waktu, dan cobaan jika Anda ingin melakukannya dengan benar. Ada banyak sumber daya bagus yang tersedia tentang cara melakukannya.
Proses perekrutan internal untuk organisasi logistik skala kecil dan menengah harus komprehensif tetapi tetap cukup sederhana – tanpa kehilangan keefektifannya.
Di tengah-tengah proses Anda perlu ada fondasi terpenting dari perekrutan yang efektif: Pekerjakan orang yang tepat untuk kursi yang tepat. Ingatlah selalu bahwa karyawan yang tepat bukan hanya seseorang dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk berhasil melaksanakan pekerjaan. Itu juga seseorang yang cocok dengan budaya perusahaan Anda – sikap dan kepribadian.
Langkah selanjutnya adalah menguraikan proses perekrutan yang efektif yang sederhana namun disesuaikan agar selaras dengan inti dari perusahaan Anda.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Digitalisasi Gudang dan mengoptimalkan proses gudang, Anda dapat mengikuti kami di LinkedIn, YouTube, Twitter, atau Facebook. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran lain, jangan ragu untuk menghubungi kami di sini. Kami akan senang mendengar kabar dari Anda.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan info lebih lanjut mengenai artikel atau membutuhkan hal terkait logistik seperti warehouse manajemen sistem software, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s