KEUNTUNGAN PENGUSAHA E-COMMERCE SAAT MENGGUNAKAN LAYANAN LOGISTIK 3PL

Bagi banyak pengusaha, bagian menyenangkan dari memiliki bisnis e-commerce adalah menghubungkan semua jenis konsumen dengan berbagai produk. Bagian logistik dari semua ini – manajemen inventaris, pengemasan, pengiriman, pelacakan, dan lainnya – mungkin tidak begitu menyenangkan bagi para pengusaha ini.

Jika ini terdengar seperti Anda, atau jika perusahaan Anda telah berkembang terlalu besar untuk menangani proses logistik e-commerce Anda sendiri, Anda mungkin mendapat manfaat dari menyewa perusahaan 3PL.

Apa itu third-party logistics (3PL)?

Third-party logistics atau logistik pihak ketiga, umumnya dikenal dengan singkatan 3PL, yang merupakan pengalihdayaan proses logistik e-commerce ke perusahaan pihak ketiga. Proses ini mungkin termasuk pergudangan, manajemen inventaris, dan pemenuhan pesanan. Jika Anda memiliki bisnis e-commerce, mengalihkan proses logistik Anda ke penyedia 3PL dapat memungkinkan Anda untuk fokus pada kebutuhan kepemilikan bisnis lainnya sambil mengotomatiskan pemenuhan pesanan Anda. Apa tipe dasar dari perusahaan 3PL?

Perusahaan 3PL dapat dipecah menjadi beberapa kategori:

  • Berbasis distribusi: Perusahaan 3PL ini menyimpan produk Anda sampai Anda mengirimkan pesanan kepada mereka. Setelah penyedia 3PL Anda menerima pesanan ini, ia mengambil barang dari stoknya, mengemas barang dan mengirimkannya ke penerima.
  • Berbasis keuangan: Perusahaan 3PL ini mengkhususkan diri pada sisi keuangan logistik e-commerce, seperti pembayaran pengiriman, audit, dan akuntansi dan manajemen keuangan inventaris.
  • Berbasis forwarder: Penyedia 3PL ini berfokus terutama untuk mengarahkan stok Anda dari gudang Anda ke operator surat yang menangani pengiriman.
  • Berbasis informasi: Perusahaan 3PL ini berbasis online dan berfokus terutama pada operasi B2B. Mereka memanfaatkan pasar elektronik untuk menggerakkan layanan logistik dan transportasi mereka.
  • Berbasis transportasi: Tim 3PL ini fokus pada transportasi dari pabrik ke gudang dan kemudian ke pelanggan.

Berikut adalah beberapa manfaat perusahaan e-commerce yang bekerja sama dengan penyedia 3PL:

  • Operasi e-commerce yang lebih cepat dan terjangkau. Ya, Anda akan membayar untuk menyewa 3PL, tetapi uang yang kemungkinan besar akan Anda hemat untuk perangkat lunak manajemen inventaris, perangkat lunak pengiriman, dan platform e-commerce lainnya hampir pasti akan mengimbangi biaya ini. Jadi, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk melacak inventaris, memesan stok, mencetak label, dan membawa paket ke operator surat terdekat.
  • Penskalaan lebih mudah. Jika perusahaan Anda berkembang ke titik di mana ia menerima lebih banyak pesanan per hari daripada yang dapat dikelola dengan mudah oleh tim kecil, penyedia 3PL dapat membantu Anda meningkatkan skala dengan lebih mudah. Itu karena perusahaan 3PL memiliki gudang, stok, forklift, perangkat lunak manajemen inventaris, dan alat lain sendiri yang mungkin akan memusingkan (belum lagi beban keuangan) untuk Anda dapatkan. Anda juga akan mendapatkan waktu kembali untuk fokus pada tugas-tugas yang mungkin lebih cocok untuk seorang pengusaha, seperti pemasaran.
  • Akses ke keahlian industri. Sementara Anda mungkin lebih akrab dengan kewirausahaan dan manajemen bisnis, perusahaan 3PL hidup dan menghirup logistik e-commerce. Anda dapat yakin bahwa 3PL yang baik mampu meningkatkan operasi pengiriman produk Anda ke potensi maksimalnya.
  • Pengiriman lebih terjangkau. Katakanlah Anda memulai perusahaan e-commerce dari kenyamanan rumah Anda. Ini tidak hanya berarti kurangnya ruang penyimpanan inventaris; ini juga berarti bahwa biaya pengiriman Anda akan sangat bervariasi berdasarkan tempat tinggal pelanggan Anda. Menyewa 3PL dapat menurunkan biaya variabel ini, karena pembayaran pengiriman Anda termasuk dalam pekerjaan 3PL.
  • Lebih banyak lokasi pengiriman. Masalah biaya pengiriman yang sama dapat membuat jangkauan pelanggan tertentu jauh lebih sulit tanpa 3PL. Misalnya, jika Anda berbasis di California, pengiriman ke Maine mungkin jauh lebih mahal daripada pengiriman ke Nevada, sehingga Anda tidak ingin menjual ke pelanggan yang berbasis di Maine. 3PL menghilangkan penghalang ini, karena mereka memiliki gudang di seluruh negeri (dan dunia), sehingga Anda dapat mengirim ke hampir semua pelanggan.
  • Pelanggan lebih puas. Semakin cepat Anda dapat mengirimkan barang ke pelanggan Anda, semakin bahagia mereka. Dengan 3PL, pengiriman cepat ini jauh lebih mungkin dilakukan daripada jika Anda menangani pengiriman sendiri. Itu karena penyedia 3PL memiliki gudang di seluruh negeri, sehingga mereka memiliki kendali ekstensif atas waktu pengiriman.
  • Resiko lebih kecil. Kami semua memiliki paket yang datang terlambat dan merasa tidak sabar saat menunggu mereka. Dengan layanan 3PL, Anda dapat mengatur pengaturan pengiriman alternatif jika terjadi penundaan atau bahkan paket hilang, sehingga pelanggan Anda tetap puas. Anda juga akan dilindungi secara hukum dalam skenario ini; karena perusahaan 3PL menangani pengiriman Anda, 3PL, bukan perusahaan Anda, yang dipertaruhkan untuk masalah pengiriman.

Layanan apa yang ditawarkan penyedia 3PL?

  • Pengaturan pengiriman alternatif. Jika pesanan hilang atau tidak sampai ke pelanggan Anda dengan cukup cepat untuk kebutuhan mereka, Anda dapat mengatur pengaturan pengiriman alternatif dengan 3PL Anda jauh lebih mudah daripada jika Anda menangani logistik sendiri. Penyedia 3PL Anda kemungkinan memiliki beberapa gudang di seluruh negeri, sehingga dapat dengan cepat mengirim ulang barang dengan pengiriman yang dipercepat dengan biaya yang jauh lebih murah daripada yang Anda bisa.
  • Inventaris yang didistribusikan. Ini adalah istilah e-commerce untuk penyimpanan stok di beberapa lokasi daripada satu gudang. Dengan stok yang didistribusikan di beberapa lokasi, penyedia 3PL Anda dapat mengirimkan barang ke pelanggan dari lokasi yang terdekat daripada gudang yang jauh. Dengan kedekatan fisik ini, pengiriman lebih cepat dan lebih murah.
  • Manajemen persediaan. Meskipun menyewa perusahaan 3PL menghilangkan beban penyimpanan inventaris dari bisnis Anda, Anda tetap harus mengetahui item mana yang Anda jual tersedia, hampir terjual atau habis pada saat tertentu. Penyedia 3PL Anda dapat mengelola inventaris untuk Anda dan memberi tahu Anda tentang tingkat stok Anda tanpa perlu kerja ekstra atas nama Anda.
  • Kitting dan perakitan. Proses ini memerlukan penyatuan item inventaris yang terpisah menjadi satu produk untuk dikemas dan dikirim ke pelanggan. Mengalihdayakan tugas ini ke 3PL menghemat tenaga kerja manual perusahaan Anda serta waktu dan uang.
  • Memetik dan mengemas. Proses ini melibatkan menemukan item yang sesuai di gudang dan menambahkannya ke paket dengan cara yang sesuai untuk pengiriman bebas kerusakan. Tidak seperti kitting dan assembly, pengambilan dan pengepakan berarti penambahan beberapa produk berbeda ke dalam satu paket daripada perakitan beberapa bagian menjadi satu item. Dengan kata lain, pengambilan dan pengepakan melibatkan penyesuaian semua barang pelanggan ke dalam pengiriman mereka, bukan menyiapkan satu barang yang lebih besar dari bagian yang lebih kecil.
  • Manajemen pengembalian. Semua perusahaan e-commerce, bahkan yang sangat yakin dengan produk mereka, harus memiliki kebijakan pengembalian yang tegas. Penyedia 3PL Anda dapat membantu Anda menegakkan kebijakan ini. Ini akan mengawasi semua pengembalian produk Anda atas nama Anda, membebaskan Anda dari logistik yang dapat menyertai pengembalian pelanggan awal, menghasilkan label pengiriman dan memasukkan kembali barang yang dikembalikan ke inventaris Anda.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, dan apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut serta membutuhkan pendampingan mengenai Manajemen Gudang (WMS) beserta software WMS dan Rak Gudang, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Atau klik http://klikwa.net/groedu.limardi . Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s