8 METRIK YANG PERLU DIUKUR SAAT MELAKUKAN PEMASARAN DIGITAL

Tergantung di mana Anda berada dalam perjalanan pemasaran Anda, pemasaran digital adalah ilmu yang dapat diajarkan yang dapat dikuasai siapa pun. Tentu untuk itu Anda tidak akan melupakan metric yang perlu Anda ukur dalam pemasaran online atau digital. Yang pasti, ada ratusan angka, statistik, dan kombinasi analitik yang dapat Anda lacak untuk memberi Anda wawasan tentang upaya pemasaran dan perilaku pelanggan Anda, dan tidak setiap metrik relevan dengan rencana pemasaran Anda. Meskipun demikian, ada beberapa metrik utama dalam tiga kategori besar (lalu lintas, konversi, dan pendapatan) yang dapat diterapkan secara universal untuk menilai keberhasilan pemasaran digital Anda. Berikut adalah 18 metrik pemasaran digital penting yang harus diperhatikan.

  1. Total Kunjungan Situs
    Ini adalah gambaran besar angka yang harus Anda pantau dan lacak dari waktu ke waktu untuk memberi Anda gambaran kasar tentang seberapa efektif kampanye Anda dalam mengarahkan lalu lintas. Jumlah ini akan terus bertambah seiring waktu. Jika turun dari bulan ke bulan, inilah saatnya untuk melihat dengan cermat saluran pemasaran Anda untuk mengidentifikasi masalahnya.
  2. Lalu Lintas Situs
    Ini berguna untuk menyegmentasikan sumber lalu lintas Anda untuk menunjukkan mana yang melebihi dan berkinerja buruk dalam kampanye pemasaran Anda secara keseluruhan. Secara umum, Anda harus memecahnya menjadi empat saluran / sumber berikut:
    • Pengunjung Langsung – Ini adalah orang-orang yang datang ke situs web Anda dengan mengetikkan URL Anda ke browser mereka.
    • Organik / Penelusuran – Ini adalah pengunjung yang tiba di situs Anda berdasarkan kueri penelusuran.
    • Referensi – Pengunjung ini tiba di sisi Anda dari tautan di situs web atau blog lain.
    • Media Sosial – Jika Anda memiliki kehadiran media sosial (dan siapa yang tidak?), Anda pasti ingin mengukur pengunjung yang tiba di situs Anda dari platform media sosial Anda. Lalu lintas sosial juga memberi Anda beberapa wawasan umum tentang keefektifan keseluruhan pemasaran konten Anda dan kampanye digital lainnya, karena lalu lintas sosial merupakan indikator keterlibatan dan kesadaran yang baik.
  3. Jumlah Pengunjung
    Pengunjung yang kembali memberikan Anda indikasi tentang kegunaan dan kualitas konten Anda — apakah itu cukup “melekat” untuk menarik banyak kunjungan. Melacak rasio ini dari minggu ke minggu dan bulan ke bulan menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja konten baru Anda. Misalnya, jika Anda memiliki rasio pengunjung baru terhadap pengunjung kembali yang tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ini merupakan indikasi bahwa konten baru melakukan tugasnya dalam mengarahkan lalu lintas, tetapi situs web Anda lainnya tidak memenuhi kebutuhan pengunjung baru ini. .
  4. Interaksi Per Kunjungan
    Ini adalah analisis yang lebih mendetail tentang lalu lintas situs web Anda, tetapi menghasilkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti jika Anda tahu cara menafsirkannya. Anda akan ingin melihat variabel seperti berapa banyak halaman yang dikunjungi pengguna, berapa lama mereka berada di halaman individual, dan apa yang mereka lakukan di setiap halaman (tinggalkan ulasan, misalnya).
    Jangan bingung antara interaksi dengan konversi, meskipun tujuan akhirnya adalah agar interaksi Anda menghasilkan lebih banyak konversi seperti unduhan, langganan, pembelian, dll. Analisis interaksi Anda per kunjungan memberi Anda peluang untuk menemukan aktivitas dan perilaku mana yang mempertahankan pengunjung di situs Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendorong lebih banyak pengunjung.
  5. Rasio Pentalan
    Rasio pentalan atau Bounce Rate adalah jumlah orang yang mengunjungi situs Anda dan langsung keluar tanpa melakukan tindakan yang berarti. Rasio pentalan yang tinggi dapat menunjukkan beberapa kekurangan dalam pemasaran digital Anda seperti penargetan kampanye yang buruk, sumber lalu lintas yang tidak relevan, halaman arahan yang lemah, dll.
  6. Lalu Lintas Seluler
    Dengan meningkatnya dominasi seluler dalam konsumsi konten, hampir menjadi lalai untuk tidak melacak metrik pengunjung seluler Anda sehingga Anda dapat memahami pelanggan seluler dan meningkatkan konversi Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui:
    • Berapa persen lalu lintas Anda adalah seluler?
    • Perangkat dan browser apa yang mereka gunakan?
    • Dari mana mereka berasal (langsung, organik, rujukan, sosial, dll.)
    • Konten apa yang mereka konsumsi?
    Terakhir, Anda harus melihat kecepatan situs Anda karena waktu muat yang lambat sebenarnya memengaruhi hampir semua metrik pemasaran seluler Anda, mulai dari SEO hingga konversi.
  7. Total Konversi
    Salah satu cara untuk menentukan konversi adalah jumlah pengunjung situs anonim yang menjadi catatan digital di CRM atau basis data pemasaran Anda, baik dengan melakukan pembelian, mengunduh aset, atau berlangganan milis. Ini adalah angka yang paling diminati oleh departemen keuangan Anda, ukuran utama kesuksesan seorang pemasar. Tingkat konversi yang rendah adalah indikasi dari sejumlah masalah, dari situs web yang dirancang dengan buruk hingga penawaran yang tidak menarik.
  8. Click Through Rates (CTR)
    Mengukur CTR sangat penting untuk pemasaran email dan kampanye iklan berbayar. Untuk kampanye PPC, RKPT yang lebih tinggi dari rata-rata dapat secara dramatis menurunkan biaya per klik Anda (hingga 50 persen di AdWords, misalnya), sementara skor yang lebih rendah dari rata-rata dapat meningkatkan biaya (hingga 400 persen lebih tinggi di AdWords).

Bergantung di mana Anda berada pada spektrum pemasaran digital, Anda mungkin ingin atau tidak ingin secara formal melacak setiap metrik ini, tetapi melakukannya akan memberi Anda pandangan yang cukup akurat tentang bagaimana Anda melakukannya, saluran apa yang efektif, dan di mana upaya Anda untuk melakukan perbaikan. Idealnya, Anda akan mendapatkan ritme yang memungkinkan Anda mengidentifikasi tren dan varians dengan mudah dan membuat penyesuaian cepat untuk memastikan aliran prospek dan pelanggan yang membayar.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan pendampingan dalam menyusun tim digital marketing, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s